Comscore Tracker

Pengamat: Fasilitas Isoman Gratis di Hotel Bagi Anggota DPR Bias Kelas

Setjen DPR siapkan hotel bintang kelas 3 dan 4 untuk isoman

Jakarta, IDN Times - Pengamat isu politik dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Lucius Karus menilai kebijakan fasilitas khusus isolasi mandiri di hotel bagi anggota DPR, dinilai bias kelas dan memicu kecemburuan publik. Sebab, di masa pandemik, warga justru kesulitan untuk mencari tempat isoman untuk bisa pulih dari COVID-19. Fasilitas yang tersedia bagi mereka pun adalah isoman terpusat yang telah disediakan oleh pemerintah. 

Jenis fasilitas isoman terpusat yang disediakan pemerintah mulai dari Wisma Atlet, rumah susun di Pasar Rumput hingga rusun di Nagrak.

"Kalau bagi warga biasa kan, fasilitas dan pelayanan yang diperoleh berbeda dengan yang didapat di hotel. Di mana pelayanan nakesnya juga khusus (di hotel). Kebijakan ini malah membuat kecemburuan publik," kata Lucius ketika dihubungi IDN Times melalui telepon pada Selasa malam, 27 Juli 2021. 

Padahal, bila mau, anggota DPR hingga ASN di gedung parlemen juga bisa memanfaatkan fasilitas isoman terpusat yang sudah disediakan oleh pemerintah. Dengan membuka fasilitas isoman di hotel, kata Lucius, malah jadi mubazir. 

"Padahal, DPR sendiri yang mengeluhkan anggaran semakin menipis saat pandemik. Coba bayangkan berapa banyak uang yang dihabiskan untuk urusan itu (isoman di hotel)," ujarnya. 

Ia pun mendorong anggota DPR untuk lebih kritis bila di internalnya membuat kebijakan yang tidak efisien. Sebab, kata Lucius, DPR adalah lembaga politik yang membutuhkan kepercayaan dari publik. 

Hotel mana yang diajak kerja sama oleh Setjen DPR? Apa persyaratan bila anggota DPR ingin memanfaatkan fasilitas isoman di hotel itu?

1. Sekretariat Jenderal DPR gandeng hotel bintang tiga dan empat sebagai tempat isoman

Pengamat: Fasilitas Isoman Gratis di Hotel Bagi Anggota DPR Bias KelasHotel Oasis di area Senen, Jakarta Pusat yang dijadikan fasilitas isoman anggota DPR (www.instagram.com/@oasisamir_hotel)

Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar mengatakan ada dua hotel yang akan digunakan sebagai tempat isolasi mandiri yakni Hotel Oasis Senen dan Hotel Ibis Grogol. Berdasarkan keterangan di situs resminya, Oasis mengklaim sebagai hotel berbintang empat. Indra menjelaskan, sejauh ini belum ada anggota DPR yang menggunakan fasilitas hotel tersebut untuk isoman. 

"Kami sudah menjalin kerja sama dengan Hotel Ibis dan Oasis. Ini pun ya doa kami, mudah-mudahan gak ada yang masuk (ke hotel untuk isoman). Itu kan cuma untuk prepare," kata Indra ketika dikonfirmasi pada Selasa, 27 Juli 2021.

Ia menambahkan, fasilitas isoman itu diprediksi akan dimanfaatkan oleh anggota DPR yang tidak memiliki rumah pribadi di Jakarta. Anggota DPR yang tinggal di rumah dinas di Kalibata bisa memanfaatkan fasilitas di hotel tersebut untuk mencegah penularan virus corona. 

"Jadi, harus bisa dipahami. Kan rumah (dinas) anggota DPR (di Kalibata) itu berdekatan. Risikonya kan virus itu bisa menyebar lewat udara. Sehingga, harus bisa dipahami juga paranoid dari publik saat ini," tutur dia lagi. 

Merujuk kepada surat yang ditandatangani oleh Indra dengan Nomor SJ/09596/SETJEN DPR RI/DA/07/2021, fasilitas isoman tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh anggota parlemen, tetapi juga staf dan tenaga ahli. Keluarga anggota parlemen tidak disediakan fasilitas isoman gratis ini. 

Di surat tersebut tertulis, bila ada yang ingin memanfaatkan fasilitas isoman di hotel, maka dapat menghubungi bagian layanan kesehatan atau protokol. Mereka diminta untuk melampirkan salinan KTP, hasil pemeriksaan tes swab, nomor telepon anggota DPR dan alamat domisili saat ini. 

Baca Juga: Anggota DPR Kini Dapat Fasilitas Isoman Gratis di Hotel Berbintang

2. Paket isoman yang ditawarkan selama tujuh hari atau hingga anggota DPR sembuh

Pengamat: Fasilitas Isoman Gratis di Hotel Bagi Anggota DPR Bias KelasIDN Times/Marisa Safitri

Indra menjelaskan paket isolasi mandiri yang ditawarkan yakni selama tujuh hari atau hingga anggota DPR dinyatakan sembuh dari COVID-19. "Kalau masih positif dalam 7 hari biasanya nilai CT sudah tinggi dan bisa di rumah karena tidak lagi menularkan," ujar Indra.

Ada sederet fasilitas bila anggota parlemen menjalani isoman di Hotel Oasis, Atrium Senen, Jakarta Pusat. Mereka akan memperoleh makan tiga kali dalam sehari, binatu pakaian tiga potong per hari.

Kemudian, fasilitas wifi gratis dan parkir, konsultasi dokter via telepon setiap hari, kunjungan dokter atau perawat sebanyak dua hingga tiga kali, vitamin, serta satu kali tes swab PCR pada hari ketujuh. Fasilitas serupa juga diberikan bagi mereka yang menjalani isoman di Hotel Ibis Grogol. 

 "Ada perbedaan sedikit tapi teknis, tapi prinsipnya hampir sama," kata dia lagi. 

Formappi pun mendorong agar anggota DPR bersuara dan menolak fasilitas isoman tersebut. Sebab, di mata publik, fasilitas itu khusus bagi anggota parlemen. 

"Seolah-olah anggota DPR lebih istimewa dari rakyat yang diwakilinya," ungkap Lucius. 

3. Fasilitas isoman di hotel adalah alternatif bila wisma di Kopo penuh

Pengamat: Fasilitas Isoman Gratis di Hotel Bagi Anggota DPR Bias KelasWakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad ketika pimpin rapat paripurna Selasa, 23 Maret 2021 (Tangkapan layar YouTube)

Sementara, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan fasilitas isoman di hotel tidak hanya diperuntukan bagi anggota parlemen semata. Fasilitas yang sama juga dapat dimanfaatkan oleh staf, tenaga ahli hingga ASN di lingkungan DPR. 

Selain itu, politikus Partai Gerindra tersebut juga menyebut fasilitas isoman di hotel menjadi alternatif kedua. "Berdasarkan skala prioritas pertama, kami bisa menggunakan Wisma Kopo di DPR. Itu adalah fasilitas milik DPR yang menyediakan banyak kamar," ungkap Dasco pada Rabu (28/7/2021) yang dikutip dari akun Instagramnya. 

Bila, fasilitas isoman di Wisma Kopo penuh, maka anggota parlemen baru menjalani isoman di hotel. Menurut Dasco, yang dilakukan oleh pihak kesetjenan yakni mencegah penularan COVID-19 di lingkungan parlemen. 

https://www.youtube.com/embed/rJOby2ZSfOU

Baca Juga: Dear Warga Isoman COVID-19, Yuk Isolasi di Fasilitas Pemerintah

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya