Comscore Tracker

Pesan Luhut di HUT 69 Kopassus: Jangan Pernah Khianati Janji Komando

"Satu janji kita setia terhadap korps baret merah"

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan pesan khusus kepada prajurit Komandan Pasukan Khusus (Kopassus) di HUT ke-69. Ia meminta kepada prajurit Kopassus agar tak mengkhianati janji komando yang pernah diucapkan waktu dilantik menjadi prajurit di Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah. 

"Janji komando itu berupa kesetiaan kita pada korps baret merah," ujar Luhut di dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, Jumat (16/4/2021). 

Ia mengenang kembali masa-masa ia bertugas di korps baret merah pada 1974. Saat ia Luhut berpangkat letnan dua. 

Luhut mengaku beruntung bisa bergabung dengan Kopassus. Selain ditempa dengan berbagai latihan, sebagai prajurit ia juga dididik agar memiliki semangat korps yang tinggi. 

"Nilai-nilai inilah yang harus Anda pegang teguh dan saya titip kepada Anda semua agar jangan mengkhianati NKRI yang kita cintai ini," tutur dia lagi. 

Selain Luhut, Prabowo pun juga memberi pesan khusus bagi pasukan yang pernah ia pimpin pada 1997 lalu. Apa isi pesan yang disampaikan oleh Prabowo?

1. Prabowo ucapkan HUT 69 Kopassus dengan unggah foto saat masih bertugas

Pesan Luhut di HUT 69 Kopassus: Jangan Pernah Khianati Janji KomandoPrabowo Subianto ketika masih menjabat di Kopassus, TNI Angkatan Darat (www.instagram.com/@prabowo)

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut mengucapkan HUT ke-69 bagi Kopassus melalui akun Instagramnya. Ia mengunggah foto lawas ketika masih bertugas sebagai prajurit Kopassus. 

"Dirgahayu Kopassus ke-69 TNI AD," demikian ditulis Prabowo hari ini. 

Sedangkan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melalui unggahan akun video di Puspen TNI, mengingatkan agar para prajurit yang tergabung di Kopassus bisa terus berinovasi dan menjaga sikap profesional mereka.

"Di usia yang sudah matang ini, mari kita terus tingkatkan profesionalisme dengan berlatih, berlatih dan berlatih. Kembangkan inovasi dalam hadapi tantangan yang kompleks demi bangsa dan RI," kata Hadi dalam video itu. 

Baca Juga: Kasus Kerusuhan Mei 2019, Eks Danjen Kopassus Penuhi Panggilan Polri

2. Wapres Ma'ruf berpesan agar prajurit Kopassus profesional dalam bertugas

Pesan Luhut di HUT 69 Kopassus: Jangan Pernah Khianati Janji KomandoWakil Presiden RI Ma’ruf Amin (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Ucapan selamat juga datang dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Ia berharap Kopassus sebagai pasukan khusus, bisa tetap menjunjung tinggi integritas ketika bertugas. 

"Karenanya sebagai pasukan khusus yang berdedikasi tinggi dapat meningkatkan profesionalisme dan integritasnya dalam pengabdian diri kepada bangsa dan negara," kata Ma'ruf dalam video yang diunggah di saluran YouTube Wapres hari ini. 

3. Kopassus peringati HUT ke-69 dengan cara sederhana karena pandemik COVID-19

Pesan Luhut di HUT 69 Kopassus: Jangan Pernah Khianati Janji KomandoWakil Komandan Jenderal Kopassus (Wadanjen) Kopassus, Brigjen Tri Budi Utomo (Dokumentasi Istimewa)

Sementara, peringatan HUT ke-69 Kopassus diperingati dengan sederhana di Makopassus Cijantung, Jakarta Timur. Hal itu tidak terlepas dari pandemik COVID-19 yang hingga kini masih melanda. Salah satu kegiatan yang sudah dilakukan sejak pekan lalu yakni membagikan sembako kepada warga yang terkena dampak pandemik. 

Grup 1/Para Komando (Parako) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Serang, Banten misalnya membagikan 2.000 paket sembako pada 4 April 2021 lalu. Wakil Komandan Jenderal (Wadanjen) Kopassus Brigjen Tri Budi Utomo mengatakan, penyerahan 2.000 paket sembako tersebut merupakan wujud kepedulian TNI, khususnya Kopassus untuk membantu masyarakat di tengah masa pandemik COVID-19.

"Pelaksanaan HUT ke-69 Kopassus tahun ini memang diselenggarakan secara sederhana di masing-masing satuan, dan tetap memperhatikan protokol kesehatan di tengah masa pandemik COVID-19 ini. Namun nilai historis tetap harus ditanamkan pada setiap prajurit Kopassus agar selalu berbuat yang terbaik dan memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Tri di Kota Serang.

Baca Juga: Jadi Target Operasi Kopassus, Aktivis 1998 Ini Dilindungi Marinir

Topic:

  • Santi Dewi
  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya