Kemenhub: Pilot yang Diduga Meninggal karena COVID-19 Tak ke Wuhan

Kemenhub minta Lion Air tunjukan riwayat perjalanan

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan memastikan pilot Lion Air yang diduga meninggal karena COVID-19 tidak ikut dalam penerbangan ke Wuhan, Tiongkok beberapa waktu lalu untuk memulangkan ratusan WNI. Menurut Kemenhub, rating pilot yang meninggal berbeda dengan yang ikut dalam misi kemanusiaan ke Negeri Tirai Bambu pada awal Maret lalu. 

"Bukan (pilot yang ikut memulangkan WNI dari Wuhan). Beda type rating (pilot)," ujar Dirjen Perhubungan Udara, Novie Riyanto seperti dikutip dari kantor berita Antara pada Senin (23/3) di Jakarta. 

Namun, Novie menyebut sudah meminta kepada pihak Lion Air untuk menyerahkan riwayat perjalanan dari pilot berinisial SP itu. Pilot SP diisukan meninggal pada Minggu (22/3) lalu karena diduga terpapar virus corona. Jenazahnya sudah diserahkan kepada keluarga di hari yang sama dan telah dimakamkan. 

"Kami minta ke maskapai untuk menyerahkan histori pilot ini, terbang ke mana saja. Co-pilotnya siapa, krunya siapa, agar melakukan tes swab dan isolasi mandiri," tutur dia lagi. 

Lalu, adakah imbauan khusus kepada mereka yang bertugas di industri penerbangan di tengah wabah COVID-19 ini?

1. Kemenhub meminta Lion Air mematuhi protokol kesehatan yang ada

Kemenhub: Pilot yang Diduga Meninggal karena COVID-19 Tak ke WuhanIDN Times/Candra Irawan

Menurut Novie, Lion Air harus mematuhi protokol sesuai dengan yang disampaikan oleh Kementerian Kesehatan. Salah satunya dengan melakukan pelacakan orang-orang yang kontak dengan pilot SP kemudian dikarantina. 

Ia juga membenarkan SP memang pilot yang bertugas untuk maskapai nasional di Tanah Air. Namun, Novie enggan menyebut nama maskapai tersebut. 

"Kemenhub tidak berwenang untuk menyampaikan nama maskapainya," kata dia lagi. 

Kemenhub di sisi lain juga akan mengecek riwayat kesehatan pilot secara keseluruhan. Apabila ada maskapai yang tidak memenuhi maka akan dikenakan sanksi. 

"Mereka harus comply (mematuhi), kalau tidak ya kami tegur, secara bertahap. Ini sifatnya mandatori," ungkapnya. 

Baca Juga: Pilot Dikabarkan Meninggal Karena COVID-19, Ini Penjelasan Lion Air

2. Lion Air menyebut pilot berinisial "SP" memiliki rekam catatan kesehatan prima

Kemenhub: Pilot yang Diduga Meninggal karena COVID-19 Tak ke WuhanDok.Istimewa/Lion Air

Sementara, menurut Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, pilot berinisial SP yang meninggal, memiliki catatan kesehatan prima. Perilaku dan kinerjanya juga dinilai cukup baik. 

Berdasarkan rekam medis, pengecekan kesehatan (medical check-up) terakhir SP pada (4/3) lalu. Hasil pengecekan menyatakan SP sehat dan laik terbang (fit for flight).

"Lion Air Group dalam memperkerjakan karyawan dan awak pesawat, sudah menjalankan semua protokol kesehatan dan melaksanakan sesuai aturan regulator, salah satunya secara konsisten tetap melakukan pengecekan kesehatan sebelum awak pesawat melakukan tugas terbang," kata Danang. 

3. Lion Air sudah lakukan langkah mitigasi untuk mencegah penyebaran virus corona

Kemenhub: Pilot yang Diduga Meninggal karena COVID-19 Tak ke WuhanIDN Times/Holy Kartika

Sementara, terkait dengan wabah virus corona yang tengah terjadi saat ini, Danang mengatakan Lion Air Group dan seluruh karyawan berperan aktif dalam tindakan preventif guna mencegah penyebaran. Beberapa langkah yang telah dilakukan adalah penyemprotan (disinfektan) pesawat yang dioperasikan dan lingkungan kerja, pengecekan suhu tubuh setiap karyawan yang bekerja dan berbagai kampanye keselamatan.

"Lion Air tetap berupaya dan berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik dengan senantiasa mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan. Lion Air menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan regulator dan standar prosedur operasi perusahaan serta ketentuan internasional," kata Danang menegaskan. 

Baca Juga: Mengapa Virus Dapat Menyebar dengan Cepat? Ini 5 Fakta Ilmiah Virus

Topik:

Berita Terkini Lainnya