Comscore Tracker

Pimpinan KPK Jilid V Dilantik oleh Jokowi Pada 20 Desember Pukul 14:00

Jokowi juga akan melantik lima anggota dewan pengawas

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo dipastikan akan melantik pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) jilid V pada Jumat (20/12) di Istana Negara. Upacara pelantikan komisi yang diketuai oleh Komjen (Pol) Firli Bahuri itu akan dimulai pukul 14:00 WIB. 

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua terpilih Lili Pintauli Siregar usai mengikuti induksi di gedung KPK. Induksi merupakan semacam aktivitas tukar pikiran antara pimpinan KPK lama dengan yang baru, sehingga proses transisi kepemimpinan berlangsung lancar. 

"Jadi, hari Jumat pelantikan dilakukan di Istana lalu kami kembali kemari (gedung KPK) untuk acara serah terima jabatan," ujar Lili pada Selasa (17/12). 

Mantan Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) itu mengatakan mereka semua akan berkumpul di KPK pukul 11:00 WIB, lalu bersama-sama menuju ke Istana. Lalu, apa saja yang dibicarakan antara pimpinan lama dengan yang baru?

1. Pimpinan jilid IV memberikan masukan ke komisioner baru KPK

Pimpinan KPK Jilid V Dilantik oleh Jokowi Pada 20 Desember Pukul 14:00(Pimpinan KPK jilid IV periode 2015-2019) IDN Times/Santi Dewi

Kepada media, Lili menjelaskan hari ini merupakan hari pertama mereka menjalankan kegiatan induksi. Empat pimpinan lainnya termasuk sang ketua KPK terpilih, Komjen (Pol) Firli Bahuri ikut dalam kegiatan tersebut. 

"Tadi kami dikenalkan dengan struktur, lalu target capaian ke depan, ada masukan-masukan untuk renstra. Tapi untuk renstra (rencana strategis) agak berbeda dengan undang-undang yang sekarang lalu diturunkan menjadi PP. Masih di tahap itu sih," kata Lili pada sore tadi. 

Proses induksi akan terus berjalan hingga Kamis (19/12). Kemudian, kegiatan itu akan kembali berjalan pada pekan depan usai cuti bersama. 

Pada Rabu esok, dijadwalkan diskusi akan mengambil tema koordinasi dan pencegahan serta penindakan. Sesungguhnya, pimpinan jilid V tidak sepenuhnya diisi oleh wajah-wajah baru. Di sana ada Alexander Marwata yang sudah duduk sebagai pimpinan di jilid IV dan Firli yang pernah menempati posisi sebagai Deputi Penindakan. 

Baca Juga: Sah! 5 Pimpinan Baru KPK Terpilih Diputuskan DPR dalam Rapat Paripurna

2. Pada hari Jumat, Presiden Jokowi juga akan melantik lima anggota dewan pengawas KPK

Pimpinan KPK Jilid V Dilantik oleh Jokowi Pada 20 Desember Pukul 14:00(Presiden Joko Widodo, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono) IDN Times/Helmi Shemi

Selain lima komisioner baru KPK, Presiden Jokowi juga akan melantik lima anggota dewan pengawas di Istana Negara pada Jumat (20/12). Pelantikan anggota dewas sesuai dengan ketentuan di dalam undang-undang baru nomor 19 tahun 2019. 

Beberapa nama sudah disebut-sebut. Namun, Lili mengaku belum mendengar siapa saja yang masuk ke dalam nominasi sebagai dewas. 

"Sampai sekarang saya belum (mendengar nama-namanya), kan gak ada beredar di media juga kan," kata dia. 

Padahal, sejauh ini setidaknya ada sembilan nama yang disebut-sebut antara lain Indriyanto Seno Adji (mantan pimpinan KPK dan eks anggota pansel KPK), Adi Toegarisman (Jaksa Agung Tindak Pidana Khusus), Romli Atmasasmita (Dirjen Hukum Kementerian Hukum dan HAM tahun 2000), Tumpak Hatorangan Panggabean (mantan Ketua KPK periode 2009-2010), Marcus Priyo Gunarto (eks anggota pansel pimpinan KPK tahun 2019), Harkristuti Harkrisnowo (eks anggota pansel pimpinan KPK tahun 2019), Topane Gayus Lumbuun (mantan Hakim Agung di Mahkamah Agung pada 2011), Erry Riana (mantan pimpinan KPK periode 2003-2007) dan Budiman Tanurejo (jurnalis media cetak). 

Sementara, ketika ditanyakan ke staf khusus bidang hukum Presiden, Dini Shanti Purwono, mengenai nama-nama yang beredar, ia menjelaskan semua nama masih disusun. Berdasarkan informasi yang dimiliki oleh Dini, pelantikan anggota dewas masih dijadwalkan tanggal (21/12) dan bukan (20/12). 

"Pengumumannya kan tanggal 20 Desember, karena memang nama-namanya masih dalam proses. Pelantikannya tanggal 21 Desember," ujar Dini melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Senin kemarin. 

3. Lili berharap anggota dewas KPK yang terpilih adalah individu yang mendukung program pemerintah

Pimpinan KPK Jilid V Dilantik oleh Jokowi Pada 20 Desember Pukul 14:00Wakil Ketua KPK terpilih Lili Pintauli Siregar (IDN Times/Santi Dewi)

Lili berharap anggota dewas yang nantinya dipilih oleh Presiden Jokowi adalah individu yang memiliki tujuan menyukseskan program pemerintah dan pimpinan baru yang mengacu ke strategi nasional pencegahan korupsi. Ketika anggota dewas KPK dilantik Presiden Jokowi, maka secara bersamaan akan menghapus keberadaan penasihat komisi antirasuah. 

Dewas KPK memiliki kewenangan yang tidak saja mengawasi, namun juga memberikan izin terkait upaya penindakan dimulai dari penyadapan, penggeledahan dan penyitaan. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

https://www.youtube.com/embed/5UWVlYf4CKQ

Baca Juga: Segera Dilantik, Nama-nama yang Disebut Jadi Dewas KPK Bermunculan

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya