PKS Akhirnya Beri Dukungan, Anies Kantongi Tiket Capres 2024

PKS tak syaratkan kadernya jadi cawapres Anies

Jakarta, IDN Times - Jalan bagi Anies Baswedan untuk maju menjadi capres pada Pemilu 2024 mulai menemukan titik terang. Pada Senin (30/1/2023), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mengumumkan dukungannya pada Anies.

Dengan adanya dukungan dari PKS, Anies telah mengantongi tiket emas untuk maju sebagai capres pada Pilpres 2024. Suara gabungan dari PKS, Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Demokrat telah melewati presidential treshold 20 persen. 

Untuk mendengar kepastian dukungan dari PKS, tim kecil koalisi sampai harus terbang ke Istanbul, Turki, menemui Ketua Majelis Syuro, Salim Segaf Al-Jufri dan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu.

Perwakilan tim kecil, Sudirman Said, menjelaskan mereka terbang ke Istanbul untuk meminta pandangan dari petinggi PKS. Pertemuan dilakukan di Istanbul karena kedua petinggi PKS itu sedang menjalankan tugas yang dilanjutkan dengan ibadah umrah. 

"Pertama, kami semua bersyukur satu per satu dukungan dari partai politik resmi diputuskan. Ini adalah wujud tidak hanya dukungan kepada Pak Anies, tetapi juga wujud kepercayaan besar dan harapan akan hadirnya perubahan yang dinantikan oleh orang banyak," ungkap dia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin malam. 

Ia menyebut semua pihak yang tergabung dalam Koalisi Perubahan berbesar hati karena Anies menjadi bakal capres yang kali pertama mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup.

"Ini artinya, bahtera perjuangan Koalisi Perubahan segera bersiap untuk berlayar dan menempuh berbagai tantangan," tutur Sudirman. 

Sudirman menjelaskan usai resmi tercapai kesepakatan ketiga parpol, maka dalam waktu dekat para pimpinan parpol akan bertemu. Mereka bakal menyusun dan menyepakati piagam koalisi. 

"Insyaallah dalam waktu dekat akan dilakukan deklarasi bersama seluruh parpol pendukung Pak Anies Baswedan," katanya. 

Lalu, apakah PKS juga memberikan isyarat sosok bakal cawapres harus dari parpol mereka?

1. PKS serahkan sosok bakal cawapres kepada Anies Baswedan

PKS Akhirnya Beri Dukungan, Anies Kantongi Tiket Capres 2024Presiden PKS Sohibul Iman (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sementara, Wakil Ketua Majelis Syura PKS, Mohamad Sohibul Iman, tak menampik semua partai berhak mengajukan sosok bakal cawapres. Namun, pada akhirnya itu semua diserahkan kepada sosok capres yang mereka usung bersama, yakni Anies Baswedan. 

"Pada akhirnya pemilihan itu diserahkan kepada capres melalui mekanisme yang objektif, misalnya, elektabilitas dan sebagainya. Tapi yang jelas menentukan cawapres itu adalah capres sendiri," ujar Sohibul, di tempat yang sama. 

Sohibul menambahkan selama sosok bakal cawapres itu mendongkrak kemenangan, maka siapapun bisa diusung. "Tidak harus kader PKS," ujarnya. 

Baca Juga: Heboh Cuitan Anies soal Argo Parahyangan, Sentil Proyek Kereta Cepat?

2. Anies sudah sempat sebut beberapa nama bakal cawapres

PKS Akhirnya Beri Dukungan, Anies Kantongi Tiket Capres 2024Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bertemu dengan Gubernur Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta pada Kamis (6/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Lebih lanjut, Sudirman menyebut, sudah ada sejumlah nama yang disebut Anies untuk bisa mendampinginya pada Pemilu 2024. Namun, mantan Menteri ESDM itu enggan menyebut berapa nama yang sempat disampaikan Anies. 

"Iyalah (ada beberapa nama bakal cawapres). Saya tidak bisa menyebutkan berapa nama. Tapi, pasti sepanjang perjalanan itu kan berinteraksi kepada orang yang berpotensi, berinteraksi dengan pihak yang disodorkan oleh partai politik," kata dia. 

Sudirman menambahkan tahapan penentuan bakal cawapres dilakukan dengan masing-masing parpol menyampaikan sosok yang diajukan. Setelah itu, dibentuk sekretariat bersama lalu deklarasi sosok bakal capres dan cawapres. 

"Kriteria bakal cawapres kan sudah diterangkan. Terkait elektabilitas, chemistry, dan dwi tunggal. Itu sambil jalan dan toh waktunya masih terbuka," tutur dia. 

3. Piagam koalisi segera diteken tiga pimpinan parpol pendukung Anies

PKS Akhirnya Beri Dukungan, Anies Kantongi Tiket Capres 2024ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Lebih lanjut, Sudirman mengatakan, setelah ini akan ada dokumen resmi yang disebut sebagai piagam koalisi. Dokumen itu nantinya bakal diteken tiga pimpinan parpol pendukung Anies. 

"Materi-materi dan poin-poinnya sudah kami bahas. Tapi, mungkin perlu finalisasi. Sesudah para pemimpin partai bertemu secara formal, maka akan kami tanda tangani (piagam koalisi)," ujar Sudirman. 

Baca Juga: NasDem Minta Jangan Kaitkan Politik Identitas dengan Anies Baswedan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya