Prabowo Hadiri Undangan Presiden UEA, Bahas Kerja Sama Pertahanan

Prabowo ikut hadir di International Defense Exhibition 2023

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, pada Kamis (23/2/2023) tiba di Uni Emirat Arab (UEA) atas undangan Presiden Mohamed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Kedatangan Prabowo bersamaan dengan partisipasi Indonesia dalam pameran International Defence Exhibition and Conference (IDEX).

Pameran itu digelar pada periode 21 Februari 2023 hingga 25 Februari 2023. Kementerian Pertahanan diketahui memimpin delegasi Indonesia dan membawa 12 industri pertahanan (inhan) Tanah Air. 

Sejumlah inhan yang ikut berpartisipasi antara lain PT Dirgantara Indonesia (DI), PT Pindad, PT PAL Indonesia, PT LEN Industri, PT Ridho Agung Mitra Abadi, PT Fazza Royal Yantasir Simulasi, PT Persada Aman Sentosa, PT IPCD, PT SSE hingga PT Infoglobal.

"Kerja sama di bidang pertahanan, khususnya industri pertahanan sangat penting bagi kedua negara, terutama untuk pengembangan industri pertahanan di masa depan," kata Prabowo dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis. 

Selain mengenalkan produk-produk industri pertahanan di dalam negeri kepada dunia, keikutsertaan Indonesia di IDEX 2021 juga bertujuan untuk meningkatkan jejaring dan mencari peluang kerja sama dengan inhan di luar negeri.

Lalu, apakah ada nota kesepahaman yang diteken dari pertemuan Prabowo dengan Presiden MBZ?

Baca Juga: GP Mania Pindah Haluan Dukung Prabowo, Projo: Semoga Konsisten

1. Menhan Prabowo dan UEA pernah teken MoU soal pengembangan inhan kedua negara

Prabowo Hadiri Undangan Presiden UEA, Bahas Kerja Sama PertahananMenteri Pertahanan Prabowo Subianto hadiri undangan dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohammed bin Zayed Al Nahyan pada Rabu, 22 Februari 2023. (Dokumentasi tim media Prabowo)

Ini bukan kali pertama Prabowo bertemu dengan MBZ. Relasi pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra itu sudah terjalin sejak MBZ masih berstatus Putra Mahkota. 

Menurut keterangan dari Kemhan, Prabowo dan Menhan UEA pernah meneken MoU pada 24 Februari 2020 lalu di Abu Dhabi. Lalu, pada 30 Juni 2022 juga diteken protokol kerja sama pengembangan industri pertahanan antara Indonesia dengan UEA. 

"Protokol kerja sama pengembangan industri pertahanan ini bertujuan menyediakan jalan ke depan untuk memajukan dan mengembangkan kerja sama bilateral di bidang industri pertahanan di antara kedua belah pihak, perencanaan dan pengembangan kemampuan industri yang saling menguntungkan," demikian kata Kemhan. 

Dalam pertemuan kedua pemimpin itu, Prabowo turut menyampaikan salam dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke MBZ. 

Baca Juga: 5 Potret Jokowi Salat Jumat dengan Presiden UEA di Abu Dhabi

2. Prabowo pernah berikan cenderamata berupa pistol berlapis emas kepada MBZ

Prabowo Hadiri Undangan Presiden UEA, Bahas Kerja Sama PertahananPistol G2 Elite berlapis emas dan grafir nama Pangeran Mohamed bin Zayed (MBZ) sebagai cinderamata untuk Pangeran MBZ. (www.instagram.com/@kemhanri)

Sebelumnya, dalam kunjungan Prabowo ke Abu Dhabi pada Maret 2022 lalu, Prabowo sempat memberikan sejumlah cenderamata spesial kepada MBZ. Ada tiga cenderamata yang diberikan kepada Pangeran MBZ, yakni pistol G2 elite berlapis emas dengan tulisan nama Pangeran MBZ. Selain itu, Prabowo juga memberikan senapan SS2 V5.

"Nama Pangeran MBZ ditulis menggunakan huruf Arab," kata Kemhan. 

Baik pistol dan senapan merupakan produksi PT Pindad Persero. Selain itu, Prabowo juga memberikan sebilah keris tradisional yang berasal dari Bali kepada Pangeran MBZ. 

Baca Juga: PB NW Siap Menangkan Prabowo Jadi Presiden RI

3. Prabowo berdiskusi soal teknologi militer modern dengan Wakil PM UEA

Prabowo Hadiri Undangan Presiden UEA, Bahas Kerja Sama PertahananMenteri Pertahanan Prabowo Subianto ketika menemui Wakil PM dan Menteri Urusan Kepresidenan UEA, Mansour bin Zayed Al Nahyan pada Rabu, 22 Februari 2023. (Dokumentasi Tim Media Prabowo)

Selain bertemu dengan Presiden MBZ, Prabowo sudah lebih dulu bertemu dengan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Urusan Kepresidenan UEA, Mansour bin Zayed Al Nahyan di Abu Dhabi pada Rabu kemarin. Pertemuan Prabowo dengan bos klub bola Manchester City itu membicarakan sejumlah isu pertahanan, inhan, dan teknologi militer modern. 

"Kami membahas berbagai hal mengenai hubungan kerja sama dan koordinasi bersama kedua negara sahabat di bidang pertahanan dan militer serta cara-cara mengembangkannya," kata Prabowo. 

Relasi Indonesia dan UEA, kata Prabowo, diakui semakin erat di bawah kepemimpinan Jokowi. Lingkup kerja sama pertahanan kedua negara selama ini meliputi beberapa hal di antaranya saling kunjung delegasi pertahanan, angkatan bersenjata di berbagai tingkatan, pertukaran informasi dan pandangan di bidang kerja sama pertahanan dan berbagai permasalahan lain yang menjadi kepentingan bersama. 

"Contohnya di bidang keamanan nasional, regional dan internasional, kerja sama ilmu pengetahuan, dan teknologi di bidang industri pertahanan, peningkatan kapasitas termasuk pengembangan SDM," ujarnya.

Baca Juga: Temui Putra Mahkota UEA, Prabowo Serahkan Surat Jokowi dan Pistol Emas

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya