Comscore Tracker

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jaksel dan Jaktim akan Diguyur Hujan Lokal

Siapkan payungmu, guys!

Jakarta, IDN Times - Banjir yang sempat melanda sebagian besar daerah di DKI Jakarta pada awal pekan ini memang sudah surut. Tetapi, bukan berarti puncak musim hujan sudah terlewati. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Indonesia masih akan diguyur hujan hingga akhir Maret mendatang. 

Siang nanti pun sebagian wilayah Jakarta akan diguyur hujan lokal. Bagi kamu yang bermukim di daerah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, siapkan payungmu. Sebab BMKG memperkirakan siang nanti hujan lokal akan menguyur daerah tersebut. Selain itu, diprediksi akan ada petir dan angin kencang yang menyertai hujan. 

"Waspadai potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakut, Jakbar, dan Jakpus pada pagi hari serta di Jaksel dan Jaktim pada sore hari," demikian tulis BMKG di situs resminya.

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jaksel dan Jaktim akan Diguyur Hujan Lokal(Gambaran prakiraan cuaca 28 Februari 2020) Tangkapan layar situs resmi BMKG

Sementara, sisa wilayah DKI Jakarta lainnya dan Kepulauan Seribu berawan tebal pada siang nanti. Pada dini hari jelang Sabtu, giliran wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Pusat yang diprediksi akan diguyur hujan lokal. 

Lalu, bagaimana dengan wilayah lainnya yang bertetangga dengan DKI Jakarta?

1. Hujan ringan diprediksi mengguyur wilayah Bogor, Depok dan Tangerang

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jaksel dan Jaktim akan Diguyur Hujan LokalIlustrasi Hujan (IDN Times/Sunariyah)

Sementara, untuk wilayah Bogor, Depok dan Tangerang akan diguyur hujan ringan pada malam nanti. Sedangkan, area Bekasi diprediksi berawan. 

Pada dini hari nanti, giliran Bekasi dan Tangerang yang akan diguyur hujan. Sedangkan, Bogor dan Depok diprediksi berawan. 

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Karawang, Cianjur, pada siang hingga malam hari," kata BMKG dalam situs resminya. 

Baca Juga: Atasi Masalah Banjir di Bekasi, Menteri PUPR: Butuh Dana Rp4,4 Triliun

2. BMKG memprediksi puncak musim hujan di tahun 2020 terjadi pada Februari hingga Maret

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jaksel dan Jaktim akan Diguyur Hujan LokalIDN Times/Aldila Muharma

Sementara, menurut BMKG pada akhir Desember 2019 lalu, mereka memperkirakan puncak musim hujan pada tahun 2020 terjadi pada bulan Februari hingga Maret. Sedangkan, musim kemarau diprediksi terjadi sepanjang April hingga Oktober 2020. 

"Maka dimohon Februari-Maret ini dioptimalkan resapan-resapan air yang jatuh akibat hujan yang melimpah," kata Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati ketika memberikan keterangan pers refleksi 2019 dan kesiapan BMKG di kantornya pada 27 Desember 2019 lalu. 

Ia juga meminta agar tempat-tempat untuk meresap air hujan disiapkan. Tujuannya, agar ketika masuk musim kemarau, tidak kekurangan sumber daya air. Apalagi musim kemarau tahun 2020 diperkirakan cukup panjang yakni 9 bulan. 

3. BNPB sempat mengimbau agar Jakarta tetapkan siaga bencana

Prakiraan Cuaca Hari Ini: Jaksel dan Jaktim akan Diguyur Hujan LokalANTARA FOTO/M Ibnu Chazar

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada awal Januari lalu sudah mewanti-wanti Jakarta agar tetap siaga menghadapi bencana, khususnya banjir. Ibukota sudah menghadapi banjir besar ketika masyarakat bersuka cita menyambut pergantian tahun kemarin pada (1/1). 

Sesungguhnya, BNPB pernah mengimbau kepada Jakarta dan provinsi lainnya yang rawan bencana agar bersiap menetapkan status siaga darurat bencana.

"BNPB mengimbau agar pemerintah daerah bersiap-siap dan menentukan status siaga darurat serta melakukan persiapan yang diperlukan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi (Kapusdatinkom) BNPB Agus Wibowo pada (7/1) lalu. 

Baca Juga: 7 Bencana Banjir Terparah di Dunia, Banjir Jakarta Semoga Tidak

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya