Waspada Banjir! Jakarta Hari Ini akan Diguyur Hujan Hingga Malam 

Hujan berpotensi disertai kilat dan angin kencang

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi pada Sabtu (8/2), seluruh area di DKI Jakarta akan diguyur hujan hingga malam hari. Bahkan, hujan diprediksi akan disertai kilat atau petir dan angin kencang. 

"Waspadai potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkar di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pada siang dan sore hari," demikian peringatan dini yang dikutip dari laman BMKG pada pagi ini. 

Jakarta Utara dan Jakarta Pusat diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas sedang sejak siang hingga malam hari. Suhu udara diperkirakan berkisar 25 hingga 31 derajat celcius dan kelembaban udara 85 hingga 95 persen. 

Lalu, apakah ini bermakna Jakarta akan dilanda banjir lagi?

1. Genangan air dan banjir sudah mulai terjadi di Jakarta

Waspada Banjir! Jakarta Hari Ini akan Diguyur Hujan Hingga Malam (Ilustrasi banjir di Jalan Letjen Suprapto) www.twitter.com/@TMCPoldaMetro

Beberapa titik di sepanjang DKI Jakarta sudah mulai tergenang air banjir. Alhasil aktivitas warga pun terganggu. 

Berdasarkan laporan warga di aplikasi peta bencana, dalam kurun waktu satu jam terakhir sudah ada 19 laporan yang masuk. Laporan paling banyak masuk dari area Jakarta Utara, sebanyak 8 titik. Area Jakut memang menjadi langganan banjir bila hujan deras mengguyur ibukota. 

Salah satu yang terendam genangan air tinggi berlokasi di depan pusat perbelanjaan Mall Kelapa Gading (MKG). 

Bagi kalian yang berencana untuk berekreasi ke Ancol dan Dunia Fantasi, hati-hati ketika melintasi Jalan RE Martadinata, sebab dua arah jalurnya sudah direndam air banjir. Jalur itu hanya bisa dilintasi kendaraan besar. 

Banjir bahkan turut merendam SPBU di daerah Sunter, akibatnya kendaraan tidak bisa mengisi bahan bakar di sana. 

Baca Juga: Hujan Deras Sejak Semalam, Ini Titik-Titik Banjir di Seputar Jakarta

2. Hujan yang turun di Jakarta akan disertai petir

Waspada Banjir! Jakarta Hari Ini akan Diguyur Hujan Hingga Malam Kondsi jalan Mayjend Sungkono Surabaya saat hujan, Sabtu (1/2). IDN Times/Fitria Madia

Sementara, hujan yang diprediksi turun di Jakarta seharian ini akan disertai petir dan kilat. Daerah Kepulauan Seribu diperkirakan berawan di siang hari dan hujan lokal akan mengguyur di malam hari. Suhu udara diperkirakan 26-31 derajat celcius dengan kelembaban udara 85 hingga 95 persen. 

3. Daftar hotline yang bisa dihubungi ketika banjir

Waspada Banjir! Jakarta Hari Ini akan Diguyur Hujan Hingga Malam Anak-anak digendong petugas polisi untuk dievakuasi dari banjir ke tempat yang lebih aman. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Apabila kalian menemukan titik banjir maka kalian dapat melaporkan melalui aplikasi petabanjir.id. Atau bisa juga menghubungi call centre Jakarta siaga dari BPBD DKI di nomor 112. 

Kalian juga bisa menghubungi call centre dari TMC Polda Metro Jaya yakni di nomor (021) 52960770. Atau bisa mengirimkan SMS ke nomor 1717. 

Baca Juga: Kerugian Akibat Banjir di Tangerang Capai Rp1,3 Triliun

Topik:

Berita Terkini Lainnya