Raja-Raja Nusantara Ikuti Kirab Budaya HUT ke-77 RI  

Kirab Budaya Nusantara kembali digelar usai 2 tahun vakum

Jakarta, IDN Times - Selain duplikat bendera merah putih dan teks naskah proklamasi, kirab budaya nusantara pada tahun ini turut dimeriahkan dengan hadirnya para raja dan sultan dari 34 provinsi. Mereka hadir untuk menggambarkan asal muasal Indonesia yang dulu berbentuk kerajaan.

Sejumlah raja atau sultan yang hadir antara lain berasal dari Siguntur, Jambulipo, Sultan Muhammad Salahuddin, Kerajaan Molo, Kesultanan Sambas, Kutaringin Keraton Pontianak, Kesultanan Sintang, Kesultanan Gowa, Kesultanan Jambi, Keraton Kesultanan Yogyakarta, Puri Pemecutan Denpasar, hingga Kesultanan Tidore.

Saat ini bendera duplikat merah putih telah dibawa oleh personel purna paskibraka dan Duta Pancasila. Mereka menumpang kereta kencana Ki Jagarasa yang ditarik oleh enam kuda.

Di bagian depan, terdapat drum band yang memainkan lagu 'Maju Tak Gentar' yang terdiri dari 170 personel gabungan TNI dan Polri. Mereka semua berjalan dari Monas menuju masuk ke Istana Negara untuk memperingati detik-detik HUT ke-77 RI.

Setelah dua tahun acara HUT RI digelar secara virtual, maka tahun ini upacara dilakukan secara luring.

Baca Juga: Sejarah, Isi dan Perubahan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya