Comscore Tracker

Rayakan Ultah Istri, SBY Berziarah ke Makam Ani Yudhoyono

"Ini pertama kali rayakan ultah Bu Ani tanpa Beliau"

Jakarta, IDN Times - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono kembali menitikan air mata di hadapan pusara sang istri, Ani Yudhoyono pada Sabtu (6/7). Sebab, hari ini merupakan hari ulang tahun ke-67 sang istri tercinta. Namun, ia tak bisa merayakannya bersama Ani seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Pada (1/6) lalu, Ani wafat di RS Universitas Nasional Singapura akibat penyakit kanker darah. Mantan ibu negara itu memang telah dimakamkan satu bulan lalu. Namun, rasa duka seolah belum beranjak dari keluarga Yudhoyono. Terlebih hari ini menjadi momen kali pertama keluarga merayakan ulang tahun Ani tanpa kehadirannya. 

Alhasil, SBY dan keluarga memperingat hari lahir putri jenderal itu di TPU Kalibata pada sore tadi. Ekspresi sedih jelas tergambar di raut muka SBY. 

"Hari ini adalah tanggal 6 Juli. Bagi saya ini dan keluarga ini adalah hari yang sangat penting. 6 Juli adalah hari ulang tahun almarhumah dan ini adalah pertama kali saya merayakan ulang tahun almarhumah tanpa dihadiri istri tercinta sejak 43 tahun lalu," ujar SBY di hadapan makam Ani pada sore tadi yang disiarkan melalui tayangan live streaming di akun Instagram @kibcentre.

Lalu, apa kenangan terindah yang diingat SBY ketika sang istri masih hidup?

1. SBY dan keluarga berdoa di depan makam Ani Yudhoyono

Rayakan Ultah Istri, SBY Berziarah ke Makam Ani Yudhoyonoinstagram.com/ibasyudhoyono

SBY tidak sendiri berziarah ke makam istri tercinta. Ia didampingi keluarga, sahabat dan warga masyarakat. Di hadapan makam sang istri, SBY mengucapkan terima kasih kepada publik yang ikut mendampingi melalui rasa duka. Ia turut meminta agar publik mulai merelakan kepergian Ani Yudhoyono. 

"Semoga almarhumah diterima oleh Allah SWT bisa hidup tenang, bahagia di sana dan diterima amal baktinya selama almarhumah hidup di dunia," kata SBY dengan suara parau. 

Ia pun turut mendoakan bagi keluarganya agar bisa melanjutkan hidup dengan tabah usai ditinggal selama-lamanya oleh istri tercinta. 

Baca Juga: SBY Ungkap Detik-detik Terakhir Jelang Ani Yudhoyono Wafat

2. SBY sudah menyiapkan lagu romantis di ultah Ani Yudhoyono tahun ini

Rayakan Ultah Istri, SBY Berziarah ke Makam Ani Yudhoyonoinstagram/susilobambangyudhoyonofans

Usia dan jodoh memang bukan jadi kewenangan manusia. SBY terlihat terpukul dan tak menyangka sang istri akan dipanggil sang pencipta usai dirawat di Singapura.

Bahkan, ia berpikir masih bisa merayakan ultah Ani sama seperti perayaan di tahun-tahun sebelumnya. Oleh sebab itu, SBY telah menyiapkan lagu romantis untuk merayakan ultah Ani pada hari ini, 6 Juli. 

SBY menyiapkan lagu milik Ebiet G. Ade berjudul Elegi Esok Pagi yang akan ia nyanyikan ketika Ani merayakan hari lahirnya. Hal itu terungkap dari video yang diunggah oleh Coreta Putut Bayu Seno, istri dari Komjen (Purn) Putut Eko Bayu Seno. Sang suami pernah menjadi ajudan SBY. 

“Lagu Ebiet G Ade yg berjudul Elegi esok pagi begini syairnya : "ijinkanlah ku kecup keningmu , bukan hanya ada di dalam angan. Esok pagi kau buka jendela, kan kau dapati seikat kembang merah.”, demikian tulis Coreta di akun media sosialnya. 

Dalam perbincangan di ruang perpustakaan di kediamannya di area Cikeas, SBY mengatakan lagu yang hendak ia nyanyikan tanpa disadari telah menjadi isyarat kepergian sang istri. Apalagi liriknya kemudian menjadi kenyataan. 

3. Di hari ultah Ani Yudhoyono, Aliya Rajasa teringat lagu milik Daniel Sahuleka

Rayakan Ultah Istri, SBY Berziarah ke Makam Ani YudhoyonoInstagram/ruby_26

Sementara, di hari ulang tahun mendiang mertuanya, Aliya Rajasa mengunggah sebuah video berisi kompilasi fotonya dengan Ani Yudhoyono. Ia menulis lagu latar video yang dibawakan oleh penyanyi asal Ambon, Daniel Sahuleka memiliki makna khusus.

Sebab, lagu tersebut pernah digunakan oleh Ani sebagai lagu latar untuk video ucapan ultah Aliya ke-32 tahun 2018 lalu. Video tersebut dibuat khusus oleh Ani bagi sang menantu tercinta. 

"Masih ingat betul di hari ulang tahunku satu tahun lalu Memo dengan wajah bahagia mengucapkan selamat ulang tahun dan kasih lihat aku video yang Memo buat untukku dengan latar belakang lagu ini.

Saat aku mendengar lagu dan videonya yang sudah Memo posting di IG Memo, aku langsung peluk Memo sambil bilang terima kasih dan aku terharu. Sampai hari ini pelukan itu masih membekas di raga dan hatiku," demikian yang ditulis oleh Aliya di akun media sosialnya. 

4. Keluarga Yudhoyono masih perlu menata hati

Rayakan Ultah Istri, SBY Berziarah ke Makam Ani Yudhoyono(Makam almarhumah Ani Yudhoyono yang dikunjungi keluarga di perayaan hari ulang tahunnya) www.instagram.com/@ruby_26

Selain merayakan ulang tahun, keluarga Yudhoyono juga merayakan Idul Fitri pada bulan Juni lalu tanpa kehadiran Ani. Apalagi Lebaran tahun ini jatuh empat hari usai Ani wafat di Singapura. 

Putera sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono atau yang akrab disapa AHY mengatakan keluarganya masih perlu menata hati. Ia berharap bisa melalui pemulihan dengan baik sehingga bisa tegar menatap masa depan.

AHY lantas mengingat pesan mendiang ibundanya agar tegar menjalani semua tantangan dan ujian hidup.

"Ibu Ani almarhumah juga senantiasa berpesan: melalui semua tantangan, ujian, cobaan dengan tegar, dengan baik dan InsyaAllah semua itu ada hikmah dan berkahnya untuk kami," kata AHY di hari pertama Idul Fitri (5/6) di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat. 

Baca Juga: Lebaran Perdana Keluarga Yudhoyono Tanpa Bu Ani yang Terasa Berbeda

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You