Comscore Tracker

Rekam Jejak Futri Zulya, Putri Zulhas yang Bakal Nyaleg di Pemilu 2024

Futri ikut bagi-bagi migor curah gratis di Lampung 

Jakarta, IDN Times - Sosok Futri Zulya Savitri kini tengah menjadi sorotan publik. Ia ikut terekam kamera bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, membagikan minyak goreng curah di Lampung pada Sabtu, 9 Juli 2022 lalu.

Futri diketahui merupakan putri sulung Zulkifli. Pria yang akrab disapa Zulhas itu dinilai melakukan penyalahgunaan wewenang lantaran di saat yang bersamaan ia juga menjabat sebagai Menteri Perdagangan.

Sejumlah pihak menduga Futri bisa mendapatkan stok migor curah yang dilabeli jenama 'Minyak Kita' itu dari sang ayah yang notabene menjabat sebagai Mendag. 

Namun, juru bicara muda PAN, Dimas Prakoso Akbar, menepis anggapan stok migor curah itu diperoleh dari Kementerian Perdagangan. "Ini bukan uang Kemendag. Tapi pakai dana putrinya, Mba Futri," ungkap Dimas kepada IDN Times melalui telepon pada Senin, (11/7/2022).

Zulhas diketahui ikut terjun langsung ke Lampung dan mempromosikan Futri. Sebab, ia hendak maju menjadi calon anggota legislatif di pileg 2024. Ia bakal mengikuti jejak adiknya, Zita Anjani yang sudah lebih dulu duduk sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Lalu, apa program yang bakal diusung oleh Futri saat kampanye nanti? Mengapa ia tertarik untuk ikut terjun ke dunia politik mengikuti jejak sang ayah dan adiknya?

1. Futri lulusan sekolah bisnis dan merintis usaha sendiri

Rekam Jejak Futri Zulya, Putri Zulhas yang Bakal Nyaleg di Pemilu 2024Putri sulung Zulkifli Hasan, Futri Zulya Savitri (kiri) yang bakal nyaleg di pemilu 2024. (www.instagram.com/@putri_zulhas)

Futri diketahui lahir pada 13 Mei 1988. Ia diketahui merupakan lulusan Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (ITB) dan melanjutkan studi masternya ke Australian National University (ANU), Canberra. Meski memiliki ayah yang seorang politikus senior, tetapi Futri belum berniat terjun langsung. 

Meski pada 2011 lalu, Futri menikahi Ahmad Mumtaz Rais yang notabene putra salah satu pendiri PAN, Amien Rais. Namun, Futri memilih fokus membesarkan dua anaknya dan merintis usaha sendiri.

Futri mengelola jaringan usaha di bidang Woman & Children yang membawahi beberapa unit usaha, di antaranya Kids Republic School (Playgroup, Kindergarten & Primary), Kidz Clinic Children & Development Center, dan Zglow Aesthetics Clinic yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Ia juga aktif di berbagai forum seminar dan coaching clinic tentang anak muda dan kewirausahaan serta kegiatan-kegiatan filantropi.

Futri dan adiknya, Zita Anjani pada 24 April 2022 lalu meluncurkan novel berjudul 'Rantau.' Novel itu mengisahkan kisah hidup Zulkifli Hasan sejak ia masih kecil hingga menjadi politikus sukses di ibu kota.

Ia mengaku membutuhkan waktu enam tahun untuk menyusun novel tersebut. Futri mengaku kesulitan untuk mencari narasumber dan memverifikasi cerita sang ayah di Lampung.

"Pas kami confirmed ceritanya ke Lampung, tanya dan benar, alhamdulilah," ungkap Futri ketika menggelar jumpa pers di kawasan Jakarta Selatan pada April 2022 lalu.

Dari proses penulisan novel itu, Futri mendapatkan banyak hikmah dari perjalanan hidup sang ayah sehingga bisa sukses. "Beliau selalu mengajarkan tentang kerja keras dan usaha sungguh-sungguh untuk meraih mimpi. Sebagai anak perempuan pertama di keluarga, nilai-nilai itu pula yang menempa saya untuk tumbuh menjadi perempuan mandiri yang tak boleh menyerah pada mimpi-mimpi saya," kata dia lagi.

Baca Juga: Zulhas dan Anaknya Bagi Migor, Jubir Muda PAN: Beli dari Dana Pribadi 

2. Adik Futri sudah lebih dulu jadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta

Rekam Jejak Futri Zulya, Putri Zulhas yang Bakal Nyaleg di Pemilu 2024Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Zita Anjani (kanan) bersama sang kakak, Futri Zulya (kiri) dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tengah). (www.instagram.com/@zitanjani)

Saat Futri baru ancang-ancang terjun ke politik praktis, sang adik, Zita Anjani sudah lebih dulu terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta pada periode 2019-2024. Bahkan, Zita kini duduk sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta.

Di DKI Jakarta, PAN berhasil meraih sembilan kursi. Maka, PAN berhak mendudukan kadernya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta lantaran masuk salah satu dari empat partai dengan perolehan suara terbanyak di ibu kota.

Saat Zita terpilih sebagai anggota DPRD DKI Jakarta, sebagian publik menganggap hal itu terwujud berkat dukungan penuh dari Zulhas. Namun, Zita membantahnya. Menurutnya, justru ia mengaku lebih banyak konsultasi ke Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio. 

"Nih Bapak Ketua, Mas Eko (yang banyak bantu). Banyak banget (bantuin). Apalagi kalau sudah mulai bingung, gimana ngomong ke konstituen, gimana ya ngumpulin massa, gimana supaya ngasih sambutan bagus, Zita banyak konsultasi ke Mas Eko. Jadi, yang malah justru kontribusi paling banyak itu Ketua DPW," ungkap Zita pada Mei 2019 lalu di Sekretariat DPW PAN DKI Jakarta.

Namun, nama Zita sempat menjadi sorotan publik lantaran perkumpulan Bunda Pintar Indonesia (BPI) turut mendapat dana hibah senilai Rp900 juta dari Pemprov DKI Jakarta. Dana hibah bagi BPI bisa cair diduga lantaran peran Zita di DPRD DKI Jakarta.

Zita tak membantah memang pernah menjadi pembina di BPI sejak 2014 lalu. Namun, ia mengaku kini sudah mundur dari organisasi nonprofit tersebut.

3. Futri Zulya bakal nyaleg dari dapil Lampung I

Rekam Jejak Futri Zulya, Putri Zulhas yang Bakal Nyaleg di Pemilu 2024Putri sulung Zulkifli Hasan, Futri Zulya Savitri yang bakal nyaleg di pemilu 2024. (www.instagram.com/@putri_zulhas)

Sementara, pada pileg 2024, giliran Futri yang bakal ikut terjun ke politik praktis. Ia akan menggantikan sang ayah untuk maju ke Senayan dari dapil Lampung I. Dapil itu meliputi Lampung Selatan, Bandar Lampung, Metro, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat. 

Sedangkan, Zulhas bakal pindah dapil ke Jawa Tengah. Artinya, pada pileg 2024 mendatang baik Zulhas dan Futri bakal sama-sama mengincar kursi menjadi anggota parlemen di Senayan. Sebelumnya, empat kali pileg, Zulhas selalu maju dari dapil Lampung.

"Futri Zulkifli Hasan (Futri Zulya) akan maju sebagai caleg DPR RI dari dapil Lampung I,” ungkap Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Lampung Joko Santoso ke media pada Mei 2022 lalu.

Joko menambahkan keputusan tersebut sudah dipertimbangkan dengan matang. Futri Zulya juga telah melakukan safari dan bertemu para kader, pengurus dan masyarakat di dapilnya.

"Dengan penyegaran ini diharapkan suara PAN dapat lebih maksimal. Ketum akan memperkuat Jateng, karena kemarin kursi Jateng kosong," ujar anggota DPRD di Lampung itu.

4. Futri pernah menikah dengan putra Amien Rais namun cerai pada 2022

Rekam Jejak Futri Zulya, Putri Zulhas yang Bakal Nyaleg di Pemilu 2024Putri sulung Zulkifli Hasan, Futri Zulya Savitri yang menikah dengan anak Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais. (www.instagram.com/@mumtaz.rais)

Sementara, pergaulan Futri tak jauh dari lingkar politik. Pada 2011 lalu, Futri menikahi putra Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais. Dari pernikahan itu, keduanya dikarunia dua anak. 

Namun, pada Februari 2022 lalu, Futri mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Ia pernah hadir di pengadilan pada 6 April 2022 lalu.

Futri tak menjelaskan alasannya memilih mengakhiri rumah tangga yang sudah dijalani selama 10 tahun tersebut. Ia hanya meminta agar majelis hakim pengadilan agama menjatuhkan putusan hak asuh anak kepada dirinya.

"Kalau masalah itu, kan, anak masih di bawah umur. Jadi, insya Allah (akan jatuh) ke ibunya. Bapaknya (Ahmad Mumtaz Rais) juga sudah tahu," ungkap Futri pada April lalu.
 
Selain itu, Futri tak menuntut apapun. Ia mengaku tak mempermasalahkan nafkah anak dan harta gono-gini dalam gugatannya terhadap Mumtaz Rais. Pengadilan agama akhirnya mengambulkan gugatan Futri pada 4 Mei 2022 melalui e-court. 

Baca Juga: Mendag Bagikan Minyak Gratis Sambil Kampanye Anaknya di Lampung

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya