Resmi Berkoalisi, Prabowo-Cak Imin Terus Lobi Parpol Agar Ikut Gabung

Prabowo-Cak Imin belum tentukan siapa yang jadi capres 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra berkunjung ke Pondok Pesantren API Asri Tegalrejo, Magelang pada Jumat (23/9/2022). Di sana, ia juga bertemu dengan Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar. Ini merupakan langkah Cak Imin dan Prabowo untuk bersilaturahmi ke sejumlah ponpes. 

Kepada media, Prabowo mengaku pertemuan dengan pria yang akrab disapa Cak Imin itu di Ponpes API tak dilakukan sejak jauh-jauh hari. Ia mengatakan kebetulan tahu Cak Imin juga sedang berada di area Magelang. 

"Kebetulan Gus Imin ada di daerah sekitar sini, maka ketemu lah. Kan kita andalan," ujar Prabowo pada Jumat malam. 

Ia tak menampik dalam pertemuan dengan Cak Imin terus membahas cara untuk mendapatkan lebih banyak dukungan jelang pemilu 2024. Apalagi Gerindra dan PKB sudah resmi berkoalisi. 

"Tentunya kita ada diskusi lah (soal memperkuat koalisi) karena kita kan sudah resmi bekerja sama," tutur pria yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan itu. 

Pernyataan senada juga disampaikan oleh Cak Imin. Ia mengatakan bahwa topik untuk memperkuat koalisi PKB-Gerindra turut dibicarakan saat berkunjung ke Ponpes API Asri Tegalrejo. 

"Jadi, kami mendiskusikan banyak hal. Antara lain pengembangan pesantren, tantangan bangsa dan negara yang harus diatasi, mempererat koalisi, dan memperbanyak silaturahmi," kata Cak Imin. 

Lalu, siapa yang telah disepakati antara PKB dan Gerindra untuk menjadi capres pada pemilu 2024?

1. PKB-Gerindra terus melobi parpol lain agar ikut bergabung ke koalisi

Resmi Berkoalisi, Prabowo-Cak Imin Terus Lobi Parpol Agar Ikut GabungDeklarasi seniman dukung Cak Imin jadi Capres 2024 (dok. PKB)

Semalam, Cak Imin juga tak menampik bahwa PKB dan Gerindra berusaha mengajak parpol lain untuk ikut bergabung ke koalisi yang telah dibangun bersama Prabowo. "Kami sudah bersepakat untuk mengajak dan membuka diri ke sebanyak-banyaknya partai yang diajak bekerja sama," ungkap Cak Imin.

Ia menambahkan saat ini pendekatan dan lobi terus digalakkan ke sejumlah parpol. Namun, ia enggan membocorkan parpol mana yang sedang dilobi. 

"Sekarang yang menjadi fokus kami yaitu memperluas dukungan, terutama masyarakat dalam memperkuat barisan dan menambah jumlah partai yang bergabung (ke koalisi)," tutur dia. 

Bila merujuk kepada ketentuan yang ada dan perolehan suara di pemilu 2019, koalisi Gerindra dan PKB saja sudah cukup untuk mengajukan capres. Gerindra memiliki 12,57 persen suara nasional. Sedangkan, PKB mengantongi 9,69 persen suara nasional. 

Bila digabungkan maka mereka memiliki 22,26 persen dari suara nasional. 

Baca Juga: Arief Poyuono: Kalau Sandiaga Ingin Nyapres, Keluar dari Gerindra!

2. PKB-Gerindra belum putuskan capres yang bakal diusung dalam pemilu 2024

Resmi Berkoalisi, Prabowo-Cak Imin Terus Lobi Parpol Agar Ikut GabungKetum Partai Gerindra, Pranowo Subianto (kiri) bersama Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (kanan) di Ponpes API Asri Tegalrejo, Magelang pada 23 September 2022. (www.instagram.com/@cakiminnow)

Sementara, ketika ditanyakan soal capres yang bakal diusung oleh Gerindra-PKB, Cak Imin mengaku hal tersebut belum diputuskan. Apalagi pilpres masih jauh. Namun, yang pasti, nama capres itu bakal diumumkan ke publik.

"Tapi, dari PKB sudah jelas sesuai Muktamar kan memutuskan untuk mengusung saya sebagai capres. Namun, apakah itu akan diusung oleh koalisi, bakal kita lihat nanti. Yang jelas berdasarkan muktamar PKB, saya harus maju," kata Cak Imin. 

Ia juga membocorkan pada Minggu esok akan bertemu dengan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani. "Jadi, masih ketemuan-ketemuan. Insyaallah hari Minggu saya akan bertemu dengan Mbak Puan (Maharani), nanti hari apa, Pak Prabowo dengan siapa gitu," tutur dia. 

3. Prabowo didoakan oleh pengasuh Ponpes API Asri Tegalrejo jadi presiden di pemilu 2024

Resmi Berkoalisi, Prabowo-Cak Imin Terus Lobi Parpol Agar Ikut GabungKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ketika berkunjung ke Ponpes APi Asri Tegalrejo, Magelang pada 23 September 2022. (Dokumentasi Tim Prabowo)

Sementara, di dalam kunjungannya ke Ponpes API Asri Tegalrejo, Prabowo turut didoakan agar terpilih menjadi Presiden Indonesia pada 2024. Pengasuh ponpes, KH Muhammad Yusuf Chudlori, berharap agar Prabowo bisa bersama dengan Cak Imin menghadapi pemilu. 

"Kami berharap kehadiran Bapak Prabowo yang Gus Dur alumni Tegalrejo Presiden ke-4, Pak Prabowo ini adalah pemimpin bangsa yang ikhlas. Maka, dengan keikhlasannya itu, kami doakan bersama-sama ke depan menjadi pemimpin republik Indonesia yang kita cintai," ungkap Chudlori. 

Para santri pun, kata Chudlori turut memanjatkan doa yang sama. "Ke depan, kami doakan Pak Prabowo menjadi Presiden RI. Tapi, doanya santri ini ada permintaan Pak Prabowo, supaya lebih mustajabah didampingi oleh panglima santri. Beliau adalah Bapak Muhaimin Iskandar, allahumma salli, jadi santri bisa mujahadahnya tambah semangat lagi," kata dia. 

Menurut dia, Prabowo dan Cak Imin adalah harapan para santri agar ke depan bangsa bisa lebih maju. 

Baca Juga: Cak Imin Ungkap Hubungan dengan Prabowo: Kami Teman Tapi Mesra

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya