Ribuan Buruh Menggeruduk Istana, Presiden Jokowi ke Bogor

Apa agenda Jokowi di Bogor, ya?

Jakarta, IDN Times - Ribuan buruh dari area Jadebotabek turun ke jalan untuk memperingati hari buruh internasional atau yang disebut juga "May Day", Selasa (1/5). Sebagian besar dari mereka datang dari berbagai serikat buruh pekerja, termasuk media. Tujuan mereka satu: menyampaikan aspirasi di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. 

Bahkan, kalau bisa bertemu langsung dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Sayangnya, dari jadwal yang diperoleh IDN Times, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pada hari ini tidak berada di Jakarta. Lalu, di mana kah Jokowi berada? Apa saja tuntutan buruh pada MayDay 2018?

1. Jokowi ada di Istana Bogor untuk membuka kongres 50 ulama dunia

Ribuan Buruh Menggeruduk Istana, Presiden Jokowi ke BogorIDN Times/Linda Juliawanti

Dari jadwal yang dirilis oleh Biro Pers Istana pada hari ini, Jokowi dijadwalkan berada di Istana Kepresidenan Bogor. Ia dijadwalkan menerima kunjungan kehormatan Delegasi Wakil Presiden Islam Iran bidang wanita dan urusan keluarga. 

Kemudian, pukul 10:30 WIB, Jokowi akan membuka dan memberikan pidato kunci dalam pembukaan pertemuan konsultasi ulama Muslim Dunia mengenai Wasatiya Al-Islam. Salah satu ulama yang diundang ke Indonesia adalah Grand Sheikh Azhar dari Al-Azhar, Mesir. 

Menurut utusan khusus Presiden Dialog dan Kerjasama Antar Agama, Dien Syamsuddin, acara itu akan berlangsung hingga 3 Mei. Di penghujung pertemuan akan dihasilkan dokumen bernama "Bogor Message".

Baca juga: LIVE UPDATE: Warna-warni Aksi May Day 2018

2. Tiga tuntutan buruh

Ribuan Buruh Menggeruduk Istana, Presiden Jokowi ke BogorIDN Times/Margith Juita Damanik

Dalam peringatan May Day tahun ini, buruh sepakat menyuarakan tiga tuntutan terhadap pemerintah atau yang lebih dikenal Tritura Plus. 

Pertama, meminta pemerintah untuk menurunkan harga beras, BBM, dan listrik, kedua, menghapus kebijakan upah murah dan ketiga, tolak TKA kasar asal Tiongkok.

Khusus isu yang terakhir tengah hangat diperbincangkan sejak pemerintah mengesahkan Perpres mengenai TKA. Dikhawatirkan dengan adanya aturan itu, TKA asal Tiongkok yang sebagian besar ilegal masuk ke Indonesia dan mengambil alih lapangan pekerjaan. 

3. Rute lalu lintas banyak yang dialihkan

Ribuan Buruh Menggeruduk Istana, Presiden Jokowi ke BogorIDN Times/Margith Juita Damanik

Polda Metro Jaya sudah menyiapkan berbagai rute alternatif bagi kamu yang tetap ingin beraktivitas di tanggal merah ini. Perhatiin dengan seksama petunjuk dari personel polisi. Ingat, jauhi jalan-jalan protokol yang notabene akan digunakan oleh buruh sebagai rute untuk berunjuk rasa. Ini terjadi di sepanjang area Thamrin-Sudirman.

Baca juga: Ini Rekayasa Jalur Transjakarta saat May Day

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya