Sah! Johanis Tanak Dilantik Jokowi Jadi Wakil Ketua Baru KPK

Johanis gantikan Lili yang mundur karena tersangkut kasus

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo resmi melantik Johanis Tanak sebagai Wakil Ketua baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Istana Negara, Jumat (28/10/2022). Ia bakal menjabat posisi sebagai Wakil Ketua KPK hingga akhir 2023.

Johanis menggantikan Lili Pintauli Siregar yang mundur pada 11 Juli 2022, karena terjerat dugaan pelanggaran etik berat, menerima akomodasi hotel dan tiket menonton MotoGP 2022 di Mandalika dari salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pelantikan ditandai dengan pengucapan sumpah yang disampaikan Johanis. "Demi Tuhan saya berjanji dengan sungguh-sungguh, bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini langsung atau tidak langsung dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun, kepada siapapun juga. Saya berjanji, bahwa saya untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam tugas ini, tidak sekali-sekali menerima langsung atau tidak langsung dari siapapun juga suatu janji atau pemberian," kata Johanis di hadapan Presiden Jokowi.

Ia juga berjanji dalam melaksanakan pekerjaannya bakal bersikap jujur, objektif, berani, adil dan tidak membeda-bedakan jabatan, suku, agama, ras, gender dan golongan tertentu. Pelantikan Johanis turut dihadiri pimpinan KPK lainnya dan Dewan Pengawas Komisi Antirasuah.

Johanis terpilih menggantikan Lili usai lolos melalui uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR pada 27 September 2022. Ia berhasil menyisihkan kandidat lainnya yaitu I Nyoman Wara.

Johanis Tanak memiliki latar belakang sebagai seorang jaksa. Ia mengenyam pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Makassar pada 1983. Ia juga menyabet gelar doktor Program Studi Ilmu Hukum di Universitas Airlangga pada 2019.

Johanis diketahui berpengalaman sebagai jaksa. Ia pernah menjadi Kepala Kejaksaan di Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah pada 2014. Lalu, menduduki posisi Direktur Tata Usaha Negara pada Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara. Dia juga pernah dipercaya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi di Jambi.

Johanis memang pernah mengikuti seleksi pimpinan KPK pada 2019. Namun, ia tidak lolos lantaran tak dapat voting sama sekali dari anggota Komisi III di DPR.

Baca Juga: Profil Johanis Tanak, Wakil Ketua KPK yang Baru Dilantik Jokowi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya