Sidang Tahunan MPR 2022: Jokowi Klaim Tak Lagi Impor Beras Sejak 2019

Jokowi terima penghargaan dari IRRI pada Minggu kemarin

Jakarta, IDN Times - Di dalam pidato Sidang Tahunan MPR RI 2022, Presiden Joko "Jokowi" Widodo turut membanggakan bahwa Indonesia sejak 2019 tak lagi mengimpor beras. Indonesia, kata Jokowi, sudah berhasil melakukan swasembada beras.

"Alhamdulillah, kita baru saja memperoleh penghargaan dari International Rice Research Institute (IRRI) karena kita dinilai mampu mencapai sistem ketahanan pangan dan swasembada beras sejak tahun 2019," ungkap Jokowi ketika berpidato jelang HUT ke-77 RI di Gedung DPR Senayan, Selasa, (16/8/2022).

Klaim ini memang dibenarkan oleh Biro Pusat Statistik (BPS). Impor beras yang dimaksud Jokowi sudah disetop, yakni impor beras untuk konsumsi masyarakat atau beras medium. Selain beras itu, Indonesia tercatat masih mengimpor beras dari sejumlah negara pada 2021 lalu.

Lebih lanjut, Jokowi merasa optimistis di usia ke-77, Indonesia bakal memanfaatkan energi bersih lebih banyak. Baik itu dari panas matahari, panas bumi, angin, ombak laut dan energi bio. Dengan begitu, kata dia, akan menarik industrialisasi penghasil produk-produk rendah emisi.

"Kawasan industri hijau di Kalimantan Utara akan menjadi Green Industrial Park terbesar di dunia. Saya optimistis, kita akan menjadi penghasil produk hijau yang kompetitif di perdagangan internasional," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Di sisi lain, ia mengatakan rakyat tidak akan kekurangan produk pangan, farmasi, dan energi, karena Indonesia memiliki kekayaan hayati laut yang berlimpah. Bila dimanfaatkan dengan bijak, maka dapat menjadi kekuatan besar.

Sementara, dalam pidato tahunan 2022, Jokowi mengenakan pakaian adat Paksian dari Bangka Belitung. Baju adat itu diperoleh dari perajin lokal.

Baca Juga: Jokowi: 553 Juta Jiwa di Dunia Terancam Miskin Ekstrem

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya