Comscore Tracker

Sri Mulyani Terpilih Lagi Jadi Menkeu Terbaik se-Asia Pasifik

Ia mengalahkan Menkeu dari Tiongkok dan Jepang

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk ketiga kalinya terpilih sebagai menteri keuangan terbaik se-Asia Pasifik. Penghargaan diberikan oleh Majalah Keuangan Finance Asia. Penghargaan yang sama pernah diraih Sri Muyani pada 2017 dan 2018. 

"Defisit anggaran berhasil dicatat terendah dalam enam tahun terakhir pada 2018 (1,76 persen dari Produk Domestik Bruto) di bawah kepemimpinan Bu Ani," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenku, Nufransa Wira Sakti, dalam keterangan tertulis, Kamis (4/4). 

Alasan lainnya, Ani, begitu Sri Mulyani disapa, juga berhasil meningkatkan kepatuhan pajak yang pada akhirnya berhasil meningkatkan penerimaan pajak. Lalu, apa lagi yang menjadi alasan Sri Mulyani kembali terpilih jadi Menkeu terbaik?

1. Indonesia jadi negara Asia pertama yang menjual green bonds

Sri Mulyani Terpilih Lagi Jadi Menkeu Terbaik se-Asia PasifikANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Alasan lain yang membuat Sri Mulyani terpilih menjadi Menkeu terbaik adalah kebijakannya membolehkan penjualan green bonds. Artinya, surat utang dijual dan digunakan secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan. 

"Saat itu melalui program Global Green Sukuk, surat utang yang terjual mencapai US$1,25 miliar. Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang melakukan itu," kata Nufransa. 

Selain itu, Indonesia dinilai berhasil menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di tengah perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok. 

Baca Juga: Sri Mulyani Kembali Raih Penghargaan Menkeu Terbaik, Ini Terobosannya

2. Majalah Finance Asia merilis penilaian kinerja Menkeu dari cara mereka mengelola keuangan selama satu tahun

Sri Mulyani Terpilih Lagi Jadi Menkeu Terbaik se-Asia PasifikIDN Times/Dini suciatiningrum

Menurut rilis dari Kemenkeu, Majalah Finance Asia merilis penilaian kinerja Menkeu dari masing-masing para Menkeu mengelola keuangan negaranya selama satu tahun. Apalagi di tengah ketidak pastian kondisi ekonomi dan geopolitik global. 

3. Sri Mulyani mengalahkan menteri keuangan dari negara Asia lain

Sri Mulyani Terpilih Lagi Jadi Menkeu Terbaik se-Asia PasifikANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Selain menobatkan Sri Mulyani sebagai menteri keuangan terbaik se-Asia Pasifik, Finance Asia juga merilis peringkat menteri keuangan dari negara lain. Peringkat kedua diberikan kepada Carlos Dominguez dari Filipina. Peringkat ketiga diraih menteri keuangan Singapura Heng Swee Keat. 

Bahkan, Sri Mulyani berhasil mengalahkan menteri-menteri keuangan dari negara dengan perekonomian raksasa, seperti menteri keuangan Tiongkok, Liu Kun dan Taro Aso dari Jepang. 

4. Bukan penghargaan menteri keuangan terbaik pertama yang diraih Sri Mulyani

Sri Mulyani Terpilih Lagi Jadi Menkeu Terbaik se-Asia PasifikDok IDN Times/Istimewa

Soal penghargaan sebagai menteri keuangan terbaik, sudah bukan kali pertama diraih Sri Mulyani. Sebelumnya, ia juga terpilih sebagai menteri keuangan terbaik di dunia pada 2018. Penghargaan bergengsi itu diberikan di ajang World Government Summit 2018 yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab. 

Seri Mulyani merupakan menteri keuangan pertama di Asia yang berhasil memboyong penghargaan tersebut. 

Baca Juga: Sri Mulyani: Kekurangan Gaji PNS Dibayar di Pertengahan April

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You