Tak Ada Restu dari Istri Pertama, Steffy-Irwandi Yusuf Batal Nikah

Menurut Steffy, pernikahan diatur pada 8 Oktober 2017

IDN Times, Jakarta - Model Fenny Steffy Burase ikut bersaksi di dalam sidang kasus korupsi Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) untuk terdakwa Bupati non aktif Bener Meriah, Ahmadi di Pengadilan Tipikor pada Senin (22/10). Di persidangan itu, model berusia 35 tahun tersebut mengungkap memang pernah dilamar oleh Gubernur non aktif Aceh, Irwandi Yusuf. 

Sontak pengakuan Steffy membuat pengunjung ruang sidang terkejut. Sebab, selama ini ia selalu bersikukuh membantah memiliki hubungan dekat dengan mantan petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) tersebut. 

"Benar Pak Irwandi melamar saya kepada kedua orang tua saya, rencana nikah 8 Oktober (2017). Oleh orang tua, mereka minta diajukan surat persetujuan istri (pertama). Beliau (Irwandi) bilang akan dibawa," ujar Steffy menjawab pertanyaan dari jaksa kemarin. 

Jaksa mencoba menelusuri kedekatan hubungan antara Steffy dengan Irwandi untuk mengetahui apakah memang betul ada pengaruh milik gubernur yang sengaja digunakan oleh model asal Manado tersebut. Lalu, apakah akhirnya mereka benar-benar menikah?

1. Irwandi Yusuf tidak bisa menunjukkan surat izin dari istri pertama

Tak Ada Restu dari Istri Pertama, Steffy-Irwandi Yusuf Batal Nikah(Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf) ANTARA FOTO/Reno Esnir

Sebagai pejabat publik, Irwandi diketahui sudah menikah dengan Darwati A. Gani dan memiliki dua putri. Namun, hal itu rupanya tidak menyurutkan niat Irwandi untuk melamar Steffy. 

Steffy mengaku kali pertama mengenal Irwandi di sebuah acara di Rusia pada Agustus 2017 lalu. Dari sana, kemudian hubungan kerja terjalin. Ia mengaku diminta secara langsung oleh Irwandi untuk membantu mempromosikan Aceh ke dunia internasional. Steffy mengaku memiliki jejaring yang luas dengan Duta Besar Indonesia yang ada di Benua Eropa. Itulah awal mula, Steffy kemudian mengajukan acara Aceh International Marathon sebagai acara Pemprov Aceh. 

"Karena saya bertemu Bapak di Festival Indonesia di Rusia, di sana saya ditawarkan langsung untuk mempromosikan Aceh. Jadi, saya juga sempat diminta untuk membantu mempromosikan acara Sail Sabang," ujar Steffy di ruang sidang. 

Dari urusan pekerjaan, Steffy dan Irwandi kemudian menjadi akrab. Ia pun tidak menampik hubungannya dengan Irwandi menjadi dekat. Sesuatu yang sebelumnya ia bantah bolak-balik. 

Namun, yang terjadi, Irwandi justru datang ke rumah orang tua Steffy dan meminta izin untuk melamarnya. Kedua orang tua Steffy memberikan satu syarat, Irwandi harus mampu menunjukkan surat izin baginya menikah lagi dari istri pertama, Darwati A. Gani. 

"Beliau jawab ketika itu akan bawa (di tanggal 8 Oktober 2017). Tapi, nyatanya pada 8 Oktober itu, Pak Irwandi tidak membawa surat persetujuan istri. Orang tua saya keberatan, tapi Beliau kadung malu karena sudah banyak tamu undangan," ujar Steffy. 

Baca Juga: Diperiksa KPK, Steffy Burase Jelaskan Soal Penerimaan Uang Rp1 Miliar

2. Irwandi meminta keluarga Steffy tidak membocorkan batalnya pernikahan pada 8 Oktober 2017

Tak Ada Restu dari Istri Pertama, Steffy-Irwandi Yusuf Batal NikahANTARA FOTO/Ampelsa

Steffy menjelaskan ayahnya lah yang menikahkan dengan Irwandi. Namun, tidak sesuai syariat Islam. Gara-gara itu, Steffy berangggapan ia belum menikah dengan Irwandi.

Sayangnya, para tamu undangan yang hadir di acara 8 Oktober 2017 sudah kadung menganggap pernikahan itu terealisasi. Padahal, acara pernikahan dibatalkan. Irwandi pun meminta kepada keluarga Steffy agar tidak buka mulut soal batalnya pernikahan tersebut. 

"Pak Irwandi ketika itu memohon kepada keluarga saya untuk tidak atau tidak mau diketahui oleh orang-orang," ujar Steffy yang datang dengan mengenakan sepatu sneakers bersol tinggi. 

Namun, menurut Steffy, Irwandi tidak kehabisan akal agar direstui oleh istri pertama menikah lagi. Berdasarkan klaim Steffy, Irwandi sengaja berbicara kepada orang-orang di Aceh bahwa mantan pramugari itu sudah menjadi istrinya. 

Steffy menegaskan ia tidak menikah secara siri dengan Irwandi, melainkan menikah resmi. Ia menjelaskan di hadapan majelis hakim kalau ia pernah ditunjukan aturan mengenai seorang gubernur yang dilarang menikah secara siri. Padahal, mengacu kepada aturan Peraturan Pemerintah nomor 45 tahun 1990 tentang izin perkawinan dan perceraian bagi PNS, terdapat ayat yang menyebut bagi PNS yang ingin menikah lagi maka harus mendapatkan izin dari pejabat di atasnya. Selain, tentunya izin dari istri pertama dan pengajuan ke Pengadilan Agama di wilayah tersebut.

Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di tahun 2006, meminta agar aturan mengenai poligami tidak hanya berlaku bagi PNS, tetapi juga pejabat tinggi. Artinya, Irwandi tidak luput dari persyaratan itu. 

3. Adik Steffy sempat membuat surat nikah

Tak Ada Restu dari Istri Pertama, Steffy-Irwandi Yusuf Batal Nikah(Model Fenny Steffy Burase) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Di hadapan majelis hakim, Steffy mengaku memang sempat ada surat nikah yang dibuat pada 24 Maret lalu. Tujuannya, agar Steffy dan Irwandi bisa sama-sama berangkat menunaikan umrah ke Saudi. 

"Di sana kan (kalau bersama-sama), butuh surat nikah, Surat itu dibuat oleh adik saya pada 24 Maret," kata Steffy.

Padahal, di saat Irwandi umrah, ia turut mengajak seluruh keluarga, termasuk istri pertama, Darwati A. Gani. Balik dari umrah, surat nikah yang sudah dibuat itu kemudian dibuang. 

Isu pernikahan antara Irwandi dan Steffy semakin tercium ketika mantan orang nomor satu di Aceh itu mendatangi kediaman orang tua Steffy. 

"Fotonya kemudian tersebar ke mana-mana dan semua (orang berpikir) itu foto pernikahan," katanya lagi. 

Ia pun menjelaskan alasannya dan Irwandi selama ini kompak membantah pernah ada pesta pernikahan. Salah satunya, rumor pernikahan itu justru bisa mengancam karier Irwandi. Sebab, sempat ada permintaan interpelasi dari DPRD agar Irwandi mengklarifikasi isu pernikahannya dengan Steffy. 

 

4. Steffy sempat akan mengulangi lagi prosesi pernikahan tapi Irwandi kena OTT KPK

Tak Ada Restu dari Istri Pertama, Steffy-Irwandi Yusuf Batal NikahANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Steffy menjelaskan, Irwandi sempat akan kembali menikahinya dengan proses yang benar pada 5 Juli 2018. Namun, Irwandi sudah keburu ditangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam OTT.

"Jadi, tidak ada pernikahan sama sekali," kata Steffy. 

Irwandi ditangkap oleh lembaga antirasuah karena diduga menerima uang suap dari Bupati Bener Meriah, Ahmadi senilai Rp1,5 miliar. Suap itu diberikan sebagai syarat kalau Kabupaten Bener Meriah mau mendapatkan dana infrastruktur dari Pemprov melalui Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA).

Baca Juga: KPK Ungkap Steffy Burase Jadi Istri Siri Irwandi Yusuf Sejak 2017

Topik:

Berita Terkini Lainnya