Comscore Tracker

[BREAKING] Syarifuddin Terpilih Jadi Ketua Baru MA Gantikan Hatta Ali

Syarifuddin meraih 32 suara sah ketika voting

Jakarta, IDN Times - Mahkamah Agung pada Senin (6/4) akhirnya memiliki ketua baru untuk menggantikan Hatta Ali yang akan memasuki masa pensiun. Berdasarkan proses pemungutan suara yang disiarkan secara langsung di media sosial YouTube, hakim yang terpilih adalah Syarifuddin yang kini duduk sebagai Wakil Ketua MA bidang yudisial. 

Syarifuddin terpilih usai voting dilakukan sebanyak dua putaran. Pada putaran pertama, ia memperoleh 22 dari 44 suara yang sah. Suara terbanyak kedua adalah Ketua Muda MA bidang pengawasan sekaligus jubir, Andi Samsan Nganro dengan 14 suara. Di posisi ketiga, Wakil Ketua MA bidang non yudisial, Sunarto meraih 5 suara. 

Voting akhirnya berlanjut ke putaran kedua, karena peroleh suara tak memenuhi syarat 50 persen plus satu. Tetapi, di putaran kedua, yang lolos hanya Syarifuddin dan Andi. 

Di putaran kedua, Syarifuddin memperoleh 32 suara, sedangkan Andi mendapat 14 suara. Adapun Hakim Agung Hatta Ali memilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya dengan alasan untuk tetap menjaga objektivitas. 

"Pada kesempatan ini, saya tidak menggunakan hak pilih saya, mengingat terhitung 1 Mei 2020, saya sudah memasuki masa pensiun. Oleh karena kurang dari 3 minggu, di samping untuk menunjukkan objektivitas, saya mendukung seluruh calon terpilih dan kualitasnya sama baiknya di mata saya," ungkap Hatta di siaran live streaming siang tadi yang disambut dengan tepuk tangan para hakim. 

Dengan demikian Syarifuddin akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo usai Hatta meninggalkan posisinya. MA memilih tetap melakukan pemilihan ketua di tengah pandemi virus corona. Oleh sebab itu, mereka membuat beberapa penyesuaian antara lain kegiatan pemilihan Ketua MA tidak disaksikan oleh semua pejabat pengadilan di Indonesia. 

Semua tamu yang hadir, termasuk para hakim agung terlihat mengenakan masker dan sarung tangan. Posisi duduk pun diatur dengan jarak 1,5 meter. 

Ikuti terus pemberitaan mengenai terpilihnya Syarifuddin sebagai Ketua baru MA hanya di IDN Times ya. 

Baca Juga: MA Gelar Pemilihan Ketua Baru Hari Ini dan Disiarkan Live Streaming

Topic:

  • Santi Dewi
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya