Tepis Bakal Hengkang ke PPP, Sandi: Ini Pakai Baju Gerindra

Sandi berdalih hadir di acara PPP sebagai Menteri Pariwisata

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno terlihat hadir di acara peresmian rumah Sekretariat Bersama Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Senin, (23/1/2023). Kehadiran Sandi ini sempat membuat kader Gerindra riuh. Hal tersebut lantaran ia akhirnya bersalaman dengan Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di rumah sekber. 

Kepada media, Sandi mengatakan hadir di acara peresmian rumah sekber Gerindra dan PKB karena diundang oleh Prabowo Subianto. "Saya tadi diundang dan diberikan pesan khusus kepada Pak Prabowo untuk hadir dan tentunya senang karena bisa melihat tahapan untuk pemilu sudah kira-kira satu tahun lagi dari sekarang," ungkap Sandi di Jakarta pada siang tadi. 

Ia pun berharap kerja bersama PKB dan Gerindra dapat membawa berkah bagi kedua parpol dan masyarakat. Apalagi, menurut Sandi, sudah terbangun chemistry antara Prabowo dan Muhaimin Iskandar. 

"Tadi di dalam ruangan banyak (melempar) jokes. Lalu, Pak Prabowo juga terlihat sangat rileks saat ngobrol dengan Gus Imin. Jadi, ini memang terlihat sebuah orkestrasi yang baik. Kan ini sejuk untuk demokrasi kita ke depan, mudah-mudahan diberi kelancaran ke depan," tutur dia lagi. 

Sandi pun menepis ada pesan khusus yang disampaikan oleh Prabowo kepada dirinya paska berkembang isu ia bakal hengkang dari Gerindra. "Gak ada (pesan dari Prabowo). Semua sudah clear," ujarnya. 

Apakah ini menandakan Sandi batal hendak hengkang ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP)?

Baca Juga: Arsul Sani: PPP Buka Jalan Sandiaga Uno dan Erick Thohir PDKT 

1. Sandi kenakan kemeja putih sebagai bentuk loyalitas kepada Gerindra

Tepis Bakal Hengkang ke PPP, Sandi: Ini Pakai Baju GerindraTwitter/@sandiuno

Sementara, saat ditanya bentuk loyalitas Sandi terhadap Partai Gerindra, ia langsung menunjuk ke kemeja putih yang dikenakannya siang tadi. "Ini pakai baju (kemeja) Gerindra. Jadi, sudah clear," kata Sandi. 

Ia pun juga menyebut kehadirannya merupakan bentuk dukungan karena Gerindra dan PKB meresmikan sekretariat bersama. Sementara, terkait posisi cawapres, Sandi menyerahkan sepenuhnya kepada pemimpin Partai Gerindra. 

"Dalam koalisi yang sudah diumumkan pada Agustus 2022 lalu, Kebangkitan Indonesia Raya dan menuju Indonesia sejahtera, nanti akan diputuskan tentunya oleh mekanisme pimpinan partai," ujarnya. 

Baca Juga: Sandiaga Hadir Peresmian Sekber Gerindra-PKB, Tepis Isu Pindah Partai?

2. Sandi berdalih hadir di acara PPP dalam kapasitas sebagai Menteri Pariwisata

Tepis Bakal Hengkang ke PPP, Sandi: Ini Pakai Baju GerindraKader Partai Gerindra Sandiaga Uno ketika ikut silaturahmi akbar PPP di Yogyakarta pada Minggu, 8 Januari 2023. (www.instagram.com/@sandiuno)

Lebih lanjut, Sandi berdalih ketika itu hadir di acara PPP dalam kapasitasnya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Tujuannya untuk berjuang bersama dengan masyarakat dan membangkitkan lagi ekonomi. 

Sementara, bila menunggu konstelasi politik yang selalu terjadi di menit terakhir, Sandi mengaku khawatir terlambat membantu masyarakat. "Apalagi Pak Prabowo selalu menyampaikan bahwa itu wajib hukumnya seandainya diundang oleh siapapun untuk hadir. Apalagi itu berkaitan dengan tugas dan fungsi kami," kata pria yang pernah menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta itu. 

Namun, dalam kehadirannya yang terakhir di silaturahmi akbar PPP di Yogyakarta pada 8 Januari 2023 lalu, Sandi terlihat mengenakan peci hitam dan sarung berwarna hijau. Warna itu sesuai dengan ciri khas PPP. Belum lagi kader dan simpatisan PPP turut menerikan capres saat Sandi berbicara. 

Lantaran manuver Sandi itu, ia sempat disentil oleh Dasco. Kepada media, orang kepercayaan Prabowo itu menyebut Sandi sudah sering hadir di acara parpol lain dan menyosialisasikan diri sebagai capres. 

"Yang bersangkutan (Sandi) kan lebih banyak hadir di acara-acara partai lain untuk melakukan sosialisasi (sebagai) capres," ujar Dasco di Kompleks Parlemen Senayan pada 3 Januari 2023 lalu. 

3. Sandi temui Prabowo dan nyatakan tetap loyal kepada Gerindra

Tepis Bakal Hengkang ke PPP, Sandi: Ini Pakai Baju GerindraMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (kanan) ketika bertemu dengan Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. (www.instagram.com/@sandiuno)

Sementara, pada 10 Januari 2023 lalu, Sandi telah menemui Prabowo untuk melakukan diskusi dan tabayyun. Pertemuan itu terjadi usai Sandi dipersilakan Prabowo untuk hengkang dari Gerindra seandainya memiliki ambisi menjadi capres di pemilu 2024. 

Di dalam pertemuan itu, Sandi menegaskan bahwa ia akan patuh dan loyal terhadap keputusan Gerindra. Salah satunya tentang capres tunggal dari Partai Gerindra, yakni Prabowo. Sandi juga disebut bakal mendukung pencapresan Prabowo dalam pemilu 2024. 

"Dalam pertemuan tersebut, Sandiaga menegaskan loyal dan patuh pada keputusan partai dan mendukung pencalonan Pak Prabowo Subianto sebagai capres pada Pemilu 2024," ungkap Ketua Majelis Kehormatan Partai Gerindra, Habiburokhman kepada media di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (12/1/2023). 

Ia juga menegaskan keputusan terkait pencapresan Prabowo sudah final. Sebab, hal itu diputuskan dalam rapimnas 2022. 

"Rapimnas 2022 telah menyerap aspirasi seluruh kader mulai tingkat DPP, DPD, DPC, PAC hingga ranting berikut seluruh badan dan sayap partai," tutur dia. 

Baca Juga: Dasco: Sandiaga Sering Bersama Parpol Lain, Sosialisasi untuk Nyapres

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya