Comscore Tracker

Terbitkan Buku 574 Halaman, Prabowo Berbagi Pengalaman Mengabdi di TNI

Prabowo berbagi kisah 28 tahun jadi personel TNI

Jakarta, IDN Times - Masa pandemik COVID-19 tak membuat Menteri Pertahanan Prabowo Subianto berhenti berkreativitas. Pada akhir Juli 2021 lalu, Ketua Umum Partai Gerindra itu sempat menerbitkan buku setebal 574 halaman.

Bukunya diberi judul "Kepemimpinan Militer, Catatan dari Pengalaman Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto". Momen penerbitan buku tersebut diunggah Prabowo ke akun media sosialnya. 

"Terima kasih kepada saudara-saudara yang telah berkontribusi dalam penerbitan buku ini," tulis Prabowo yang dikutip dari akun Instagramnya, @prabowo, pada Selasa (3/8/2021). 

Sampul depan buku itu menggambarkan sosok Prabowo yang berkarier sebagai perwira tinggi di Komandan Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD. Di akun media sosialnya pula, Prabowo sempat menuliskan pesan khusus. 

"Pertahankan merah putih hingga titik darah yang penghabisan," katanya, lagi. 

Di mana publik bisa memperoleh buku tersebut?

1. Buku setebal 574 halaman menceritakan pengalaman pribadi Prabowo tentang militer dan politik pada Orde Baru

Terbitkan Buku 574 Halaman, Prabowo Berbagi Pengalaman Mengabdi di TNISampul depan buku yang ditulis Prabowo dengan judul "Kepemimpinan Militer" (www.instagram.com/@prabowo)

Di dalam buku yang berukuran relatif besar yakni 21 x 29,7 cm, ada cerita dari Prabowo yang bersifat personal, yang sedikit menggambarkan mengenai militer dan politik pada masa Orde Baru. Penyusunan buku itu dilakukan selama tiga bulan pada 2021. 

Poin lain yang menarik dari buku mengenai Prabowo yakni pandangan dia tentang kepemimpinan dan karakter dirinya. Ia menceritakan prajurit yang bersemangat dan berdedikasi sesungguhnya tidak memiliki banyak permintaan. Mereka hanya ingin dihormati dan waktunya tidak disia-siakan.

Berulang kali pula sejarah membuktikan bahwa kunci keberhasilan suatu bangsa adalah pada pemimpinnya. "Tidak ada prajurit yang jelek, hanya ada komandan yang jelek," tulis Prabowo di bukunya. 

Baca Juga: Prabowo Subianto Kunjungi Turki Kala COVID-19 dan Polemik Hagia Sophia

2. Prabowo bagikan buku biografinya ke sejumlah tokoh, termasuk Ridwan Kamil

Terbitkan Buku 574 Halaman, Prabowo Berbagi Pengalaman Mengabdi di TNIMenhan Prabowo Subianto ketika menyerahkan buku biografinya kepada Gubernur Ridwan Kamil 22 Juni 2021 lalu (www.instagram.com/@ridwankamil)

Buku biografinya itu kemudian diberikan Prabowo pada sejumlah tokoh. Salah satunya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada 21 Juni 2021. 

Ketika itu, Prabowo melakukan kunjungan kerja ke Bandung dan menemui pria yang akrab disapa Kang Emil itu. Ada sejumlah agenda yang dibahas, di antaranya rencana pembangunan pengembangan kampus hingga program Jawa Barat.

"Bersama Menteri Pertahanan Bapak @prabowo Subianto, membahas berbagai rencana pembangunan penguatan SDM di Jawa Barat termasuk pembangunan pengembangan kampus Unhan di Sukabumi," demikian dikutip melalui akun Instagram Ridwan Kamil pada Selasa (3/8/2021). 

Ridwan dan Prabowo juga membahas soal penyiapan balai latihan dan pendidikan pertahanan di Bogor, untuk disiapkan menjadi RS Darurat COVID-19. Ia turut mengatakan Prabowo juga akan mengarahkan Partai Gerindra Jawa Barat untuk mendukung program-program pembangunan Jawa Barat Juara, termasuk dalam penanganan pandemik COVID-19.

3. Publik bisa beli buku biografi Prabowo secara daring

Terbitkan Buku 574 Halaman, Prabowo Berbagi Pengalaman Mengabdi di TNIANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Buku biografi Prabowo ini sudah bisa dibeli publik secara daring. Buku seberat sekitar 2,9 kilogram itu dijual dengan harga Rp328 ribu. 

Kamu tertarik membeli buku Prabowo?

Baca Juga: Prabowo Akui Ada Mafia Alutsista, Mark Up Harga Hingga 600 Persen

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya