Tip Jitu Dua WNI di Kamboja Agar Bisa Sembuh dari COVID-19

Dua WNI itu sembuh usai dirawat selama 22 hari

Jakarta, IDN Times - Dua WNI yang bermukim di Kamboja berhasil sembuh dari penyakit COVID-19. Keduanya diketahui terpapar COVID-19 pada (26/3) lalu berdasarkan hasil tes Siem Reap Provincial Referral Hospital. Usai dinyatakan positif, dua WNI itu langsung ditempatkan di ruang karantina dan dipisahkan dari pasien lainnya. 

"Saat itu ada lima pasien positif COVID-19 yang sedang menjalani perawatan di salah satu rumah sakit rujukan COVID-19 di Kamboja," kata perwakilan KBRI Kamboja melalui keterangan tertulis pada Selasa (21/4). 

Mereka dirawat di Siem Reap Provincial Referral Hospital selama 22 hari dimulai pada (23/3) lalu hingga (13/4). Menurut perwakilan KBRI di Phnom Penh, selama dirawat, mereka mengonsumsi beragam obat-obatan, seperti anti malaria, obat tidur, pelancar BAB, vitamin A, C, D, dan E. Mereka juga mengonsumsi minyak ikan dan vitamin untuk mendorong stamina tubuh. 

Namun, kedua WNI itu juga punya tip jitu untuk bisa pulih dari virus yang menyasar organ paru-paru itu. Apa rahasia mereka bisa pulih?

1. WNI turut mengonsumsi minuman herbal seperti jahe dan daun sereh

Tip Jitu Dua WNI di Kamboja Agar Bisa Sembuh dari COVID-19yummy.co.id

Berdasarkan keterangan dari KBRI di Phnom Penh, dua WNI itu turut mengonsumsi minuman herbal yakni campuran jahet hangat dicampur madu dan daun sereh. Mereka juga mengonsumsi makanan bergizi seperti steak, ikan salmon kukus dan sayur-sayuran hijau seperti brokoli dan buah-buahan seperti pepaya, kiwi dan pisang. 

"Kami juga mencuci hidung dengan air garam setiap 2 hari sekali," ungkap WNI yang identitasnya sengaja tak diungkap oleh pihak KBRI. 

Keduanya juga rutin melakukan olah raga. Mereka melakukan lari dan jalan. Dua WNI konsisten melakukan dua aktivitas itu selama 10 menit untuk melihat kekuatan pernafasan paru-paru. 

"Kami melakukan setiap pagi hari sekitar pukul 09.00 – 10.00 dan sore hari sekitar pukul 16.00 – 17.00," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Tidak Dikarantina, Penumpang MS Westerdam di Kamboja Dibiarkan Bebas

2. Kedua WNI juga tak boleh dibiarkan dalam kondisi stres

Tip Jitu Dua WNI di Kamboja Agar Bisa Sembuh dari COVID-19Daya tahan virus corona (IDN Times/Sukma Shakti)

Sementara, Duta Besar Indonesia untuk Kamboja, Sudirman Haseng mengatakan kunci utama kedua WNI itu bisa pulih yakni menjaga kondisi pikiran agar tidak stres, tak panik dan memiliki ketakutan yang berlebihan. 

"Mereka juga berusaha menguatkan diri dan bahagia. Mereka menyerahkan sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa dan tim medis di rumah sakit," kata Dubes Sudirman melalui keterangan tertulis. 

KBRI terus memantau perkembangan kesehatan dua WNI itu sejak mereka dinyatakan positif COVID-19. KBRI, kata Dubes Sudirman juga tak bosan-bosannya mengingatkan agar menjaga kebersihan diri dan kesehatan masing-masing. 

Sementara, usai dibolehkan meninggalkan rumah sakit, kedua WNI mengucapkan terima kasih kepada para petugas medis dan KBRI. 

"Pertama-tama, atas kesembuhan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada Tuhan YME, dan pihak Tim Medis Siem Reap Referral Hospital, Pemerintah RI dan Kamboja, KBRI Phnom Penh serta masyarakat Indonesia dan Kamboja atas perhatian dan doanya," kata salah satu WNI. 

3. Hingga saat ini belum ada kematian akibat COVID-19 di Kamboja

Tip Jitu Dua WNI di Kamboja Agar Bisa Sembuh dari COVID-19Ilustrasi Corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara, berdasarkan data yang dikutip dari situs World O Meter, per (21/4) sudah ada 122 kasus positif COVID-19. Hingga saat ini belum ada satu pun pasien yang meninggal akibat penyakit itu. Sementara, pasien yang sembuh mencapai 110 orang. 

https://www.youtube.com/embed/Bg4nZkBuZzQ

Baca Juga: Ciri-ciri Hidden Carrier Virus Corona, Tampak Sehat tapi Membawa Virus

Topik:

Berita Terkini Lainnya