Tjahjo Kumolo Sakit, Mahfud MD Jabat Menpan RB Ad-Interim

Kemenpan-RB bantah kondisi Tjahjo Kumolo koma

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD kini menjabat dua jabatan menteri sekaligus, sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Ad-Interim.

Keputusan itu diambil Presiden Joko "Jokowi" Widodo lantaran Menpan RB definitif, Tjahjo Kumolo, sedang sakit. Bahkan, sudah sejak tiga hari terakhir Tjahjo dirawat secara intensif di rumah sakit. 

Maka, Mahfud pada Jumat (24/6/2022), langsung memberikan pengarahan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pegawai Kemenpan-RB. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu memberikan pengarahan kepada pegawai non aparatur sipil negara (ASN), tenaga honorer dan outsourcing.

"Betul. Tadi saya sebagai Menko dan Menpan-RB Ad Interim memberikan pengarahan saat rakornas tentang pegawai non-ASN, tenaga honorer dan outsourcing," ungkap Mahfud ketika dikonfirmasi hari ini.

Menurut Mahfud, tidak ada permasalahan yang berarti di Kemenpan-RB meski Tjahjo sedang sakit. Semua tugas di Kemenpan-RB bisa dikendalikan dengan baik karena politikus PDI Perjuangan itu sudah menata sejak lama instrumen hukum dan kelembagaannya.

"Pejabat-pejabat eselon satu di Kemenpan RB sudah punya tupoksi masing-masing," tutur dia.

Lalu, bagaimana kondisi Tjahjo saat ini?

1. Tjahjo Kumolo sedang dirawat intensif di rumah sakit

Tjahjo Kumolo Sakit, Mahfud MD Jabat Menpan RB Ad-InterimMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo (pakai kacamata). ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Mahfud mengonfirmasi Tjahjo sedang menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Ia mengatakan kondisinya saat ini sudah mulai membaik, tetapi Tjahjo masih membutuhkan waktu untuk pemulihan. 

"Mari kita doakan Pak Tjahjo agar (kondisinya) terus membaik," kata dia.

Doa yang sama juga disampaikan politikus PDIP lainnya, Hendrawan Supratikno. Ia enggan menjelaskan kondisi Tjahjo secara detail. 

"Kita doakan yang terbaik ya," kata Hendrawan kepada IDN Times melalui pesan pendek hari ini. 

Baca Juga: Tanggapi Kondisi Tjahjo Kumolo, Politisi PDIP: Doakan yang Terbaik 

2. Kemenpan-RB bantah Tjahjo Kumolo dalam keadaan koma

Tjahjo Kumolo Sakit, Mahfud MD Jabat Menpan RB Ad-InterimMenteri PAN-RB Tjahjo Kumolo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sementara, Sekretaris Kemenpan-RB, Rini Widyantini, membantah kabar yang menyebut Tjahjo sedang mengalami koma. Ia hanya menyebut Tjahjo sedang dirawat secara intensif di rumah sakit. 

"Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," ujar Rini di Jakarta, hari ini.

Keberadaan Tjahjo menjadi tanda tanya publik lantaran ia terlihat absen dalam acara rakernas PDIP di Sekolah Partai, Lenteng Agung pada 21-23 Juni 2022.

3. Presiden Jokowi sudah jenguk Tjahjo Kumolo di rumah sakit

Tjahjo Kumolo Sakit, Mahfud MD Jabat Menpan RB Ad-InterimPresiden Jokowi tiba di acara rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Sementara, menurut Ketua DPP PDIP, Djarot Hidayat, Presiden Joko "Jokowi" Widodo sudah menjenguk Tjahjo di rumah sakit usai menghadiri rakernas PDIP. Namun, ia tak bisa menyampaikan informasi detail soal penyakit dan lokasi di mana Tjahjo dirawat. 

"Benar Pak Tjahjo sedang dirawat dan Pak Presiden sudah menjenguk di rumah sakit," ujar Djarot ketika dikonfirmasi pada 21 Juni 2022.

Baca Juga: Rekam Jejak Tjahjo Kumolo yang Sempat Rasakan Tiga Kursi Menteri

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya