TNI AL Siapkan KRI Banjarmasin untuk Angkut Pemudik Secara Gratis

Catat tanggal keberangkatan dan tujuannya!

Jakarta, IDN Times - TNI Angkatan Laut (AL) mengerahkan satu Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) untuk membantu pemudik motor kembali ke kampung halaman jelang Idul Fitri 2023. KRI yang bakal digunakan adalah KRI Banjarmasin-592. 

Kepala Dinas Penerangan Kolinlamil Kolonel Laut (P) M. Yunianto mengatakan KRI Banjarmasin-592 dapat mengangkut 750 pemudik dan 300 kendaraan roda dua. "Maksimal 750 orang dan maksimal sebanyak 300 unit kendaraan roda dua," ungkap Yunianto kepada media di Jakarta pada Kamis (13/4/2023). 

Ia mengatakan layanan mudik dengan kapal perang tersebut disediakan oleh TNI AL secara gratis. KRI Banjarmasin-592 melayani keberangkatan dari Jakarta, Semarang dan Surabaya. Ia pun mempersilakan warga untuk mendaftarkan diri di tiga lokasi yang telah disediakan. 

"Pertama, di Jakarta, Mako Kolinlamil Jalan Raya Pelabuhan Pos 9, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kedua, di Semarang, Mako Lanal Semarang, Jalan R.E Martadinata nomor 12, Tawangsari, Kota Semarang," kata dia. 

Kemudian, lokasi ketiga di Surabaya, Mako Satlinlamil 2, Jalan Raya Hang Tuah nomor 1, Ujung Kecamatan, Semampir. Pendaftaran juga bisa dilakukan secara daring dengan menghubungi nomor telepon 0895 22442 995 dan 0812 367 96955

Apa saja persyaratan yang harus disiapkan untuk bisa merasakan pengalaman mudik naik kapal perang TNI AL?

1. Siapkan salinan KTP pemudik dan STNK kendaraan roda dua

TNI AL Siapkan KRI Banjarmasin untuk Angkut Pemudik Secara GratisRute kapal perang milik TNI Angkatan Laut (AL) bisa digunakan untuk mudik tahun 2023 oleh pemudik motor. (www.instagram.com/@kolinlamil_tni_al)

Sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemudik yaitu menyerahkan fotokopi KTP pemudik dan fotokopi STNK serta Bukti Tanda Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) sepeda motor. Selain itu, pemudik kendaraan roda dua juga harus bersedia meneken surat berisi pernyataan kesediaan untuk mematuhi peraturan selama berada di dalam KRI. 

Baca Juga: Pemerintah Prediksi 123 Juta Orang Bakal Mudik Lebaran 2023

2. Deretan tanggal keberangkatan KRI Banjarmasin-592

TNI AL Siapkan KRI Banjarmasin untuk Angkut Pemudik Secara GratisANTARA FOTO/Zabur Karuru

Lebih lanjut, kalian catat tanggal keberangkatan KRI Banjarmasin-592 usai resmi mendaftarkan diri. Berikut tanggal-tanggalnya:

A. Rute Berangkat

18 April 2023

Jakarta, berangkat pukul 09:00 WIB

19 April 2023

Semarang, berangkat pukul 15:00 WIB

20 April 2023

Surabaya, tiba pukul 11:00 WIB

B. Rute Kembali

25 April 2023 

Surabaya, berangkat pukul 12:00 WIB

26 April 2023

Semarang, berangkat pukul 12:00 WIB

27 April 2023 

Jakarta, tiba pukul 16:00 WIB

3. KSAL berharap kecelakaan roda dua berkurang karena mereka numpang naik KRI

TNI AL Siapkan KRI Banjarmasin untuk Angkut Pemudik Secara GratisPanglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono (kiri) didampingi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali (kanan) usai upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) KSAL di Mabes TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (29/12/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sementara, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Muhammad Ali mengatakan ini merupakan salah satu inisiatif dari TNI AL untuk menghadapi lonjakan pemudik sepeda motor. "Kami akan menyiapkan satu KRI untuk mudik juga gratis terutama untuk motor, pengemudi motor," ungkap Ali di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara pada hari ini. 

Ia berharap dengan difasilitasi mudik gratis menggunakan KRI dapat meminimalisasi kecelakaan yang dialami oleh pengemudi motor karena harus melakukan perjalanan jauh. "Dan apabila pemudik motor itu di jalan sangat berbahaya, mereka jalan jauh dengan membawa beban yang cukup berat untuk di kampung halaman dengan menggunakan motor, kan itu sangat berbahaya," tutur dia.

Baca Juga: Jokowi Minta Pemudik Lewat Pelabuhan Merak Punya e-Tiket

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya