Tokoh dan Pendiri PAN Ramai-ramai Dukung Anies Jadi Capres 2024

Kader PAN bakal jadi 'Duta Anies' untuk sosialisasikan Anies

Jakarta, IDN Times - Sejumlah kader dan mantan pengurus di DPP Partai Amanat Nasional (PAN) pada Rabu (23/11/2022) mendeklarasikan dukungan bagi Anies Baswedan sebagai capres pada Pemilu 2024. Dukungan itu disampaikan dengan membentuk ANIES (Amanat Indonesia). Kelompok relawan itu resmi dibentuk pada 17 November 2022 lalu. 

"Amanat Indonesia adalah organisasi kerelawanan atau komunitas gerakan yang memperjuangkan Anies sebagai Presiden RI 2024. Karena kami yakin dan percaya terhadap konsepsi kepemimpinan Anies seperti yang telah ditunaikan dalam 1 periode pemerintahan sebagai Gubernur DKI Jakarta," ungkap Koordinator Amanat Indonesia yang merupakan deklarator PAN di Jawa Barat, Sahrin Hamid ketika menggelar jumpa pers di daerah Kemang, Jakarta Selatan, pada hari ini. 

Ia mengatakan telah bertemu dengan menyampaikan niat deklarasi dukungan tersebut kepada Anies. Dalam pertemuan tersebut, pihak relawan telah menyampaikan ketiga hal. 

"Pertama, amanat nilai-nilai Pancasila yang harus dijalankan secara konsekuen. Kedua, amanat cita-cita kemerdekaan RI sebagai misi yang terus hidup sebagai bangsa dan negara. Ketiga, amanat agenda reformasi yang harus dituntaskan," kata dia. 

Ia menambahkan lantaran ANIES merupakan bagian dari gerakan yang sifatnya relawan maka untuk memenangkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu di Pemilu 2024, mereka akan bersinergi dengan elemen pemenangan Anies lainnya. "Amanat Indonesia akan berkontribusi pada bidang komunikasi strategis sebagai corong pikiran atau Duta Anies di tengah-tengah masyarakat," tutur dia lagi. 

Lalu, apakah gerakan ini Amanat Indonesia tersebut mencerminkan sikap resmi dari DPP PAN? Apalagi nama Anies memang masuk ke dalam daftar bakal capres yang dapat diusung ke mitra koalisi di KIB.

1. Anies sambut baik dukungan dari Amanat Indonesia

Tokoh dan Pendiri PAN Ramai-ramai Dukung Anies Jadi Capres 2024Mantan pengurus DPP PAN & eks anggota DPR dari PAN deklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan di Jaksel, 23 November 2022. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, Ketua Mahkamah Partai PAN, Yasin Kara mengatakan sebelum mendeklarasikan dukungan bagi Anies, pihaknya telah bertemu dengan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Ia menyebut sebagian konstituen PAN di akar rumput banyak yang menginginkan agar Anies menjadi capres di Pemilu 2024. 

"PAN dalam rapat kerja nasional memang menempatkan Anies sebagai salah seorang bakal calon yang diumumkan oleh ketua umum. Dengan demikian, kami ingin menegaskan bahwa di tengah-tengah konstituen PAN ada pengurus-pengurus sangat perhatian dan mempercepat gerakan agar kekuatan bisa terhimpun," ungkap pria yang juga pernah menjabat sebagai anggota DPR periode 2004 hingga 2009 itu. 

Sementara, Yasin tak menjelaskan dengan gamblang apakah dukungan ini merupakan bagian dari sikap resmi DPP PAN. Tetapi, pihaknya menyambut baik bahwa nama Anies ikut diumumkan oleh Ketua Umum, Zulkifli Hasan sebagai salah satu daftar bakal capres di Pemilu 2024. 

"Kami menyambutnya itu sebagai bagian yang perlu diteruskan kepada konstituen," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Zulhas, Ganjar, Anies Hingga Ridwan Kamil Masuk Radar Capres PAN

2. DPP PAN diharapkan ikut mendeklarasikan dukungan bagi Anies Baswedan di pemilu 2024

Tokoh dan Pendiri PAN Ramai-ramai Dukung Anies Jadi Capres 2024Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Sementara, salah satu pendiri PAN, Putra Jaya Husin, menjelaskan bahwa ia dan rekan-rekan yang lain ikut hadir dalam rapat kerja nasional yang digelar di Hotel Ritz Carlton dan Istora Senayan. Putra dan rekan-rekannya itu menyampaikan aspirasi di rakernas agar capres PAN adalah Anies. 

"Kami adalah pendukung dari salah satu bakal capres itu. Jadi, aksi ini untuk menguatkan dan melanjutkan keputusan rakernas. Bahwa kami di PAN mendukung Anies, mendeklarasikan Amanat Indonesia supaya nantinya DPP PAN memutuskan apa yang menjadi aspirasi kami," ungkap Putra menjawab pertanyaan IDN Times

"Jadi, ini seperti mempengaruhi keputusan DPP PAN agar mendukung Anies di Pemilu 2024," tutur dia lagi. 

3. Daftar bakal capres yang diumumkan oleh Ketum PAN saat rakernas

Tokoh dan Pendiri PAN Ramai-ramai Dukung Anies Jadi Capres 2024Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan ketika menyampaikan pidato politik di puncak rakernas PAN di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu, 27 Agustus 2022. (IDN Times/Santi Dewi).

Berikut 9 nama yang direkomendasikan oleh kader PAN di daerah sebagai bakal capres 2024:

A. Klaster politik
- Ketua Umum PAN (Zulkifli Hasan)
- Ketua Umum PPP (Suharso Monoarfa)
- Ketua Umum Golkar (Airlangga Hartarto)
- Ketua DPP PDI Perjuangan (Puan Maharani)

B. Klaster teknokrat/menteri
- Menteri BUMN (Erick Thohir)

C. Klaster kepala daerah
- Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo)
- Gubernur DKI Jakarta (Anies R. Baswedan)
- Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil)
- Gubernur Jawa Timur (Khofifah Indar Parawansa)

Baca Juga: Nama Puan Disoraki saat Muncul Jadi Bakal Capres PAN, Ini Kata Zulhas

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya