Comscore Tracker

[BREAKING] 2 WNI Turut Meninggal Dunia di Luar RI Akibat COVID-19 

Total ada 3 WNI yang meninggal di luar RI karena COVID-19

Jakarta, IDN Times - Dua WNI lainnya turut meninggal dunia di luar Indonesia akibat terjangkit COVID-19. Satu WNI diketahui menghembuskan nafas terakhir di Inggris. Sedangkan, satu WNI lainnya meninggal di Spanyol. 

Informasi mengenai adanya WNI yang meninggal di Inggris dikonfirmasi oleh plt juru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah menyatakan pasien asal Indonesia yang meninggal merupakan perempuan. 

"Informasi di luar dari itu tidak bisa dikomunikasi ke publik karena bersifat pribadi," kata Faiza melalui pesan pendek kepada IDN Times pada Senin (30/3).

Sementara, kematian WNI di Spanyol tengah dicek oleh pria yang sempat menjadi Dubes Indonesia di Kanada itu. Namun, melalui media sosialnya, Kemenlu sudah menyebut ada satu WNI yang meninggal di Spanyol. Informasi itu diunggah oleh Kemenlu pukul 08:30 WIB. 

[BREAKING] 2 WNI Turut Meninggal Dunia di Luar RI Akibat COVID-19 (Tangkapan layar data WNI terpapar virus corona per 30 Maret 2020) www.twitter.com/@Kemlu_RI

Selain itu, empat WNI yang merupakan ABK Costa Luminosa di Italia juga terpapar virus corona. Kemenlu menyatakan kondisi mereka kini dalam keadaan stabil. 

Dengan bertambahnya dua WNI ini, maka total warga Indonesia yang berada di luar negeri dan meninggal akibat COVID-19 menjadi tiga orang. Selain di Spanyol dan Inggris, satu WNI lainnya meninggal di Singapura pada (21/3) lalu. 

Sedangkan, jumlah WNI yang masih terpapar virus corona di luar negeri terus bertambah menjadi 122 orang. Dari angka itu, yang berhasil sembuh 12 orang. Sementara, 109 WNI lainnya masih dirawat di 19 negara berbeda. Dua WNI lainnya yang tengah dirawat di Singapura dalam kondisi kritis di ruang ICU. 

Berikut penyebaran WNI di luar Indonesia yang terpapar COVID-19: 

  1. Jepang: 9 WNI (semua sembuh)
  2. Taiwan: 3 WNI (stabil)
  3. Australia: 2 WNI (stabil)
  4. Malaysia: 24 WNI (stabil)
  5. Arab Saudi: 6 WNI (stabil)
  6. Makau (Tiongkok): 1 WNI (stabil)
  7. India: 14 WNI (stabil)
  8. Filipina: 1 WNI (stabil)
  9. Inggris: 1 WNI (meninggal)
  10. Kamboja: 2 WNI (stabil)
  11. Belanda: 3 WNI (1 sembuh, 2 stabil)
  12. Qatar: 2 WNI (stabil)
  13. Spanyol: 3 WNI (1 meninggal, 2 stabil)
  14. Brunei Darussalam: 3 WNI (stabil)
  15. Vatikan: 5 WNI (stabil)
  16. Jerman: 2 WNI (stabil)
  17. UEA: 2 WNI (stabil)
  18. Irlandia: 1 WNI (stabil)
  19. Singapura: 34 WNI (1 meninggal, 3 sembuh, 2 di ruang ICU, dan 28 stabil)
  20. Italia: 4 WNI (ABK Costa Luminosa, stabil)

Bila dilihat dari penyebarannya, WNI paling banyak terpapar COVID-19 dirawat di Singapura. Pemerintah Negeri Singa sebelumnya telah menyampaikan mereka tidak akan menanggung biaya perawatan pendatang asing, termasuk WNI akibat COVID-19. 

Ikuti terus ya perkembangan penyebaran WNI yang terpapar COVID-19 hanya di IDN Times

https://www.youtube.com/embed/Bg4nZkBuZzQ

Baca Juga: Singapura Tak Lagi Tanggung Biaya Perawatan COVID-19 untuk Pendatang 

Topic:

  • Santi Dewi
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya