Usai Berlibur, 4 Hakim Ikut Menumpang Pesawat Lion Air JT 610

Satu hakim baru dimutasi hari ini

Jakarta, IDN Times - Selain pegawai Kementerian Keuangan, pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkalpinang juga mengangkut empat hakim. Tiga di antaranya merupakan hakim pengadilan tinggi dan satu hakim pengadilan negeri.

Keempat hakim tersebut adalah Hakim Tinggi PTA Bangka Belitung Rijal Mahdi, Hakim Tinggi PT Bangka Belitung Hasnawati, Hakim Tinggi PT Bangka Belitung Kartika Ayuningtyas Upiek, dan Hakim PN Koba Ikhsan Riyadi.

Menurut Juru Bicara Mahkamah Agung (MA) Suhadi, keempatnya menumpang Lion Air pada Senin (29/10) untuk menuju ke tempat mereka bekerja. 

"Segenap keluarga besar Mahkamah Agung mengucapkan duka yang mendalam atas tragedi ini, dan berdoa semoga para penumpang dapat ditemukan dalam keadaan selamat," ujar Suhadi ketika memberikan keterangan pers di gedung MA, Jakarta, hari ini. 

Sementara, menurut Kepala Biro Hukum dan Humas Abdullah, Ikhsan merupakan hakim yang baru dimutasi. "Ia ke Pangkalpinang untuk melapor dan belum bekerja di hari pertamanya loh, ya," tutur dia. 

Lalu, bagaimana ceritanya keempat hakim itu justru bisa berada di Jakarta dan kembali ke Pangkalpinang?

1. Keempat hakim ke Jakarta bukan dalam rangka perjalanan dinas

Usai Berlibur, 4 Hakim Ikut Menumpang Pesawat Lion Air JT 610Twitter/@Sutopo_PN

Menurut Suhadi, keempat hakim berada di Jakarta untuk menikmati akhir pekan bersama keluarga mereka. Oleh sebab itu, mereka menumpang maskapai Lion Air dan biaya perjalanannya ditanggung pribadi. 

"Jadi, mereka menuju ke tempat tugas untuk bertugas sehari-hari di pengadilan tinggi atau pengadilan negeri. Kalau dikatakan, apakah untuk menjalankan tugas, boleh dikatakan mereka tengah menuju ke tempatnya bertugas," kata dia.

Suhadi menjelaskan sejauh ini keempat hakim tersebut terbang seorang diri dan tidak didampingi suami atau istri.

Baca Juga: Kumpulan Foto: Puing Pesawat Lion Air JT 610 yang Ditemukan Tim SAR

2. Hakim Ikhsan baru akan bertugas di Pengadilan Negeri Koba, Bangka Tengah

Usai Berlibur, 4 Hakim Ikut Menumpang Pesawat Lion Air JT 610Twitter/@Sutopo_PN

Sementara, ada kisah pilu di antara keempat hakim itu. Ikhsan Riyadi berangkat ke Pangkalpinang untuk melapor ke pengadilan di sana. Ia baru saja dimutasi ke Pengadilan Negeri Koba, Bangke Tengah. 

"Makanya, hari Senin ini berangkat, kemungkinan akan melapor, karena baru dimutasi kemarin," ujar Kepala Biro Hukum dan Humas Abdullah.

Sayangnya, putra mantan Ketua PN Jakarta Selatan itu belum bisa menunaikan tugasnya karena menumpang pesawat Lion Air JT 610.

3. Empat hakim yang meninggal kemungkinan akan diganti Mahkamah Agung

Usai Berlibur, 4 Hakim Ikut Menumpang Pesawat Lion Air JT 610Twitter/@Sutopo_PN

Menurut Suhadi, keempat hakim jika ditemukan meninggal, tentu akan diganti agar tidak ada kekosongan hakim di sana. 

"Tapi, mengganti hakim yang lama dengan hakim baru tentu harus melalui prosedur penerimaan," kata dia. 

Turut berduka cita bagi keluarga Mahkamah Agung. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya