Comscore Tracker

[VIDEO] Bantah Arteria Dahlan, KPK Buat Laporan Kerja Tiap Tahun Lho!

KPK sebut informasi dari Arteria palsu

Jakarta, IDN Times - "Mana, Prof? Saya di DPR, Prof! Gak boleh begitu, Prof! Saya yang ada di DPR, saya tahu! Mana (ada laporan tahunan KPK)?"  Demikian pernyataan yang disampaikan anggota DPR yang kembali terpilih dari fraksi PDI Perjuangan, Arteria Dahlan dalam program "Mata Najwa" yang tayang pada Rabu (9/10) kemarin di stasiun Trans 7

Dengan nada tinggi, Arteria mencoba merespons Guru Besar Universitas Indonesia dan mantan Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Kependudukan, Emil Salim yang menyebut komisi antirasuah adalah lembaga yang tertib dalam membuat laporan kerja. Bahkan, laporan kinerja mereka bisa diakses di situs resmi setiap tahun. Namun, menurut klaim sepihak dari Arteria, laporan kinerja itu tak pernah diterimanya yang notabene dulu duduk di Komisi III. 

Bahkan, dengan nada emosi, Arteria menunjuk-nunjuk Emil untuk menyebut apa yang disampaikan oleh komisi antirasuah bohong. Namun, benar kah klaim Arteria itu?

Pernyataan itu dibantah secara tegas oleh juru bicara KPK, Febri Diansyah. Melalui keterangan tertulis pada Kamis (10/10), mantan aktivis antikorupsi itu menyebut komisi antirasuah setiap tahun membuat laporan kinerja sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada publik. 

"Laporan tahunan merupakan salah satu produk rutin yang wajib kami susun dan sampaikan kepada DPR, Presiden, BPK dan publik. Publik juga bisa mengaksesnya melalui situs resmi KPK," kata Febri kemarin. 

Bahkan, sejak 2018 lalu, laporan tahunan komisi antirasuah dibuat lebih menarik karena disajikan secara multimedia visual. Di bagian akhir, KPK mengimbau publik agar tidak mudah termakan informasi palsu. 

"Informasi palsu merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menyerang KPK. Caranya disebarkan oleh orang-orang tertentu atau menggunakan teknologi di media sosial," kata dia lagi. 

KPK juga mewanti-wanti kepada para penyelenggara negara termasuk para politisi agar tidak memberikan informasi yang keliru. Sebab, informasi palsu adalah hama bagi demokrasi. Bagi kalian yang penasaran dengan video laporan tahunan KPK, bisa dicek di sini ya: 

https://www.youtube.com/embed/akaMHgU0Yn4

Baca Juga: KPK Klarifikasi Misinformasi yang Disebut Arteria Dahlan di Mata Najwa

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You