Wahyu Setiawan Dijadwalkan Tugas di Belitung Saat Kena OTT KPK

Ketua KPU kesulitan hubungi Wahyu sejak Rabu sore

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengaku sudah kesulitan menghubungi koleganya Wahyu Setiawan sejak Rabu sore (8/1). Saat itu, informasi mengenai Wahyu yang dicokok oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah mulai ramai diberitakan. 

"Pada Rabu sore saya coba hubungi sudah tidak bisa," kata Arief di kantor KPU, Menteng Jakarta Pusat pada Rabu kemarin dan dikutip dari kantor berita Antara

Lantaran kesulitan menghubungi Wahyu dan santer pemberitaan ia dicokok komisi antirasuah, Arief lalu menghubungi staf humas KPU. 

"Pak Wahyu di mana posisinya, saya tanya. (Staf humas menjawab), kami juga gak melihat, Pak. Memang masuk pesawatnya bersamaan," tutur dia menirukan pernyataan staf humas KPU. 

Ia menjelaskan Wahyu semula dijadwalkan bertugas di Bangka Belitung untuk sosialisasi. Namun, menurut staf humas KPU, ia tidak pernah keluar dari pesawat begitu tiba di sana. 

"Kabarnya, Pak Wahyu sudah masuk infonya. Tapi, apakah gak jadi terbang atau dikeluarkan dari pesawat saya gak tahu informasi detailnya seperti apa," kata dia lagi. 

Lalu, apa respons KPU menanggapi ada salah satu komisioner yang diduga tertangkap tangan menerima suap?

1. Ketua KPU mengaku terkejut saat tahu ada komisionernya kena cokok KPK

Wahyu Setiawan Dijadwalkan Tugas di Belitung Saat Kena OTT KPK(Ketua KPU Arief Budiman) IDN Times/Santi Dewi

Ketua KPU Arief Budiman dan tiga anggota akhirnya memutuskan ke gedung Merah Putih KPK untuk mengklarifikasi soal penangkapan Wahyu. Mereka tiba di kantor KPK pada Rabu malam (8/1) sekitar pukul 19:00 WIB. Satu jam kemudian, Arief dan tiga anggota KPU keluar usai diberi kepastian Wahyu memang tengah diperiksa secara intensif oleh penyidik komisi antirasuah. 

"Saat ini sedang dilakukan pemeriksaan, dikonfirmasi untuk perkara apa, bersama siapa dan seterusnya. Pak Alex (Wakil Ketua KPK) hanya mendapatkan mendapatkan informasi hari ini yang diperiksa empat orang, sementara pemeriksaan terhadap Pak WS terkait apa, Beliau juga belum tahu," ujar Arief. 

Ia pun mengaku terkejut saat tahu Wahyu bisa diamankan oleh penyidik komisi antirasuah. Apalagi ia diamankan terkait perkara penerimaan suap. 

"Ya, kagetlah. Ya, saya cukup prihatin atas peristiwa ini," tutur dia lagi. 

Baca Juga: [BREAKING] Kena OTT KPK, Status Komisioner KPU Masih Terperiksa

2. Wahyu Setiawan semula dijadwalkan bertugas di Belitung

Wahyu Setiawan Dijadwalkan Tugas di Belitung Saat Kena OTT KPKDok. IDN Times

Arief menjelaskan pada Rabu kemarin Wahyu dijadwalkan bertugas di Belitung. Namun, hingga saat ini wajahnya tidak terlihat ketika mendarat di daerah tersebut. 

"Saya gak hafal jam berapa (harusnya tiba di Belitung). Tapi pesawatnya (tiba) siang. Begitu pesawat landing dan penumpang turun, lho yang turun kok hanya staf humasnya. Akan tetapi kok Pak Wahyu gak ada di rombongan," tutur Arief menceritakan kembali kisah staf humas yang seharusnya mendampingi Wahyu bertugas di Belitung. 

Ketika ditanyakan ke staf humas, ia mengaku tak tahu di mana Wahyu duduk. Namun, yang jelas ketika pesawatnya mendarat, Wahyu dan seorang stafnya tidak terlihat. 

3. Status hukum Wahyu Setiawan baru akan diumumkan hari Kamis oleh KPK

Wahyu Setiawan Dijadwalkan Tugas di Belitung Saat Kena OTT KPKANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sementara, Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan baru tahu perkara yang menjerat Wahyu lebih detail usai dilakukan pemeriksaan 1X24 jam yakni pada Kamis (9/1). Rencananya, KPK akan mengundang KPU untuk memberikan keterangan pers bersama. 

Status Wahyu pun baru akan ketahuan melalui pemberian keterangan pers hari ini. Sedangkan, saat ini, Wahyu masih diperiksa secara intensif bersama empat orang lainnya di gedung KPK. 

"Sampai saat ini masih ada pemeriksaan di atas. KPK punya waktu 1X24 jam untuk mengklarifikasi kegiatan tangkap tangan tersebut, termasuk juga penerimaan uang," kata Alex dalam pemberian keterangan pers pada Rabu malam kemarin. 

https://www.youtube.com/embed/pmxyTFJgO5M

Baca Juga: [BREAKING] Komisioner KPU Terjerat OTT KPK, Ini Kata Ketua KPU

Topik:

Berita Terkini Lainnya