Harus Pakai Jas, Wakil Ketua KPK Ogah Hadiri Pembukaan Asian Games 

Tidak ada satu pun pimpinan yang diberikan tiket

Jakarta, IDN Times - Di saat orang antre agar bisa mendapatkan tiket menyaksikan upacara pembukaan pesta olah raga terbesar se-Asia yakni Asian Games, Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang justru emoh menghadiri acara tersebut. Mengapa? Ia keberatan karena diwajibkan mengenakan jas di dalam Stadion Gelora Bung Karno.

Sementara, untuk tamu undangan perempuan diwajibkan mengenakan kebaya lengkap. Acara pembukaan pada Sabtu (18/8) dijadwalkan dimulai pukul 19:00 WIB. Namun, seluruh tamu diharapkan telah siap di sebuah hotel di area Jakarta Selatan sejak pukul 15:00 WIB.

Lalu, apakah pimpinan KPK juga mendapatkan tiket agar bisa menyaksikan pertandingan tertentu di Asian Games?

1. Pimpinan KPK lebih memilih untuk membeli tiket sendiri

Harus Pakai Jas, Wakil Ketua KPK Ogah Hadiri Pembukaan Asian Games ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan tidak ada satu pun pimpinan lembaga anti rasuah yang diberikan tiket pertandingan secara gratis. Yang diberikan hanya undangan biasa.

"Undangan resmi untuk pimpinan hadir di pembukaan memang ada. Saya kira ini sama seperti undangan untuk pimpinan institusi lainnya," ujar Febri melalui keterangan tertulis pada Kamis (16/8).

Sementara, untuk tiket pertandingan, tidak ada satu pun yang menerima. Pimpinan KPK yang akan ikut menonton, kata Febri, membeli sendiri tiket tersebut sesuai dengan harga yang berlaku umum. Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang menjelaskan, dalam kode etik yang berlaku di KPK, para pegawainya tidak boleh menerima pemberian tiket atau yang telah diberi diskon.

"Kalau memang benar kan ada (pemberian) tiket, berarti kan tiket memang dibayar, artinya KPK menerima discount. Itu tidak boleh," kata Saut kepada IDN Times pada Kamis kemarin.

Baca Juga: Mau Nonton Asian Games? Pengunjung Wajib Tahu Peraturan Ini

2. Ogah menghadiri upacara pembukaan karena diharuskan mengenakan jas

Harus Pakai Jas, Wakil Ketua KPK Ogah Hadiri Pembukaan Asian Games www.asiangames2018.id

Kepada IDN Times, Saut mengonfirmasi ia tidak akan hadir dalam upacara pembukaan Asian Games yang berlangsung Sabtu (18/8) malam. Alasannya, terlalu ribet harus mengenakan jas di dalam area stadion dengan cuaca panas.

"Masak pesta olah raga tetapi undangannya diharuskan kyak pelatih sepak bola Piala Dunia? Pelatihnya pakai jas seperti event Piala Dunia itu. Ada juga yang pakai kaos sambil lari-lari dan marahin pemain yang lambat," tutur Saut lagi.

3. Upacara pembukaan Asian Games akan berlangsung megah

Harus Pakai Jas, Wakil Ketua KPK Ogah Hadiri Pembukaan Asian Games IDN Times/Uni Lubis

Acara pembukaan Asian Games diprediksi akan berlangsung megah. Acara pembukaan ditangani langsung oleh Creative Director dan CEO NET TV, Whisnutama.

Ada begitu banyak aktris dan penyanyi ternama yang hadir di Stadion Gelora Bung Karno, antara lain Raisa, Ariel Noah, Edo Kondologit, Tulus, GAC, Putri Ayu, Fatin, Anggun, Rian D’Masiv, Cakra Khan, Rossa, Joey Alexander, Wizzy, Maruli Tampubolon, Rinni Wulandari, Sheryl Sheinafia, Kamasean, dan Via Vallen.

Selain itu akan ada 5.000 penari tradisional dari berbagai daerah akan ikut tampil meramaikan upcara pembukaan Asian Games. Durasi kegiatan mencapai 2 jam dan 30 menit. Di dalam area stadion sendiri sudah ada panggung bernuansa pemandangan gunung, sawah, laut serta jenis tanaman khas Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Klaim Asian Games 2018 Jadi Ajang Terbesar dalam Sejarah

Topik:

Berita Terkini Lainnya