Temui Jokowi, Wakil PM Malaysia Sampaikan Ucapan Duka Gempa di Palu

Malaysia mengirimkan bantuan kemanusiaan dan tenaga medis

Jakarta, IDN Times - Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato Seri Wan Azizah Wan Ismail bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (9/10). Ini menjadi kunjungan bilateral pertama istri Anwar Ibrahim ke Indonesia. 

Di hadapan Jokowi, Azizah mengucapkan simpati dan belasungkawa terhadap bencana gempa bumi yang melanda Palu dan Nusa Tenggara Barat. 

"Saya mengucapkan simpati kepada para korban," ujar Azizah seperti dikutip dari Antara (9/10). 

Lalu, bantuan apa saja yang telah dikirimkan oleh Malaysia untuk membantu pemulihan kondisi di Palu, Sulawesi Tengah?

1. Malaysia menyumbang pesawat kargo Airbus berisi peralatan medis dan pasokan bahan kemanusiaan

Temui Jokowi, Wakil PM Malaysia Sampaikan Ucapan Duka Gempa di Palu(Pesawat Kargo Airbus dari Malaysia membawa truk Pertamina) Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta

Menurut data dari Kedutaan Malaysia di Jakarta, Negeri Jiran meminjamkan 1 unit pesawat Airbus jenis A400M milik Royal Malaysian Airforce. Pesawat itu sudah digunakan sejak Kamis pekan lalu untuk mengangkut logistik bantuan. 

Koordinator Kerja Sama Penanganan Bencana Sulawesi Tengah, Alicia Irzanova, pesawat itu digunakan untuk mengangkut mobil tangki milik Pertamina dengan kapasitas 5.000 liter dari Jakarta ke Palu melalui rute Balikpapan. Selain itu, pesawat juga digunakan untuk mengangkut logistik bantuan kepada korban bencana. 

Kementerian BUMN juga menggunakan pesawat yang sama untuk mengangkut eskavator milik PT Pindad ke lokasi bencana. Pesawat juga membantu membawa kebutuhan medis yang disumbangkan oleh Persatuan Bulan Sabit Merah (PBSM). 

Atas bantuan yang diberikan itu, Jokowi mengucapkan terima kasih. 

"Terima kasih atas bantuan Malaysia bagi korban gempa bumi di Lombok dan Sulawesi Tengah," ujar Jokowi seperti dikutip dari Antara

 

Baca Juga: BNPB: Bantuan Asing Digunakan untuk Rehabilitasi dan Rekonstruksi Palu

2. Wakil PM Malaysia akan berkunjung ke beberapa Kementerian di Jakarta

Temui Jokowi, Wakil PM Malaysia Sampaikan Ucapan Duka Gempa di PaluWan Azizah Wan IsmailTwitter.com/drwanazizah

Selain bertemu dengan Jokowi, Wan Azizah akan melakukan kunjungan kehormatan ke kantor Istana Wapres, Jusuf Kalla, Kementerian Pemberdayaan Anak dan Perempuan, pusat koordinasi bantuan bencana di ASEAN (AHA Center), dan bertemu dengan diaspora Malaysia di Jakarta. Ini merupakan kunjungan kerja selama satu hari. 

3. Anwar Ibrahim juga pernah bertemu Jokowi di Istana

Temui Jokowi, Wakil PM Malaysia Sampaikan Ucapan Duka Gempa di PaluANTARA via Setkab.go.id

Sebelumnya pada Agustus lalu, suami Wan Azizah, Anwar Ibrahim sudah lebih dulu bertemu dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor. Mantan pemimpin oposisi yang akhirnya dibebaskan dari penjara itu, dititipi pesan khusus oleh Jokowi. 

"Presiden menitipkan warga Indonesia yang ada di sana (Malaysia). Jadi, minta dukungan juga dari Pak Anwar Ibrahim, titip WNI di sana," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut mendampingi Jokowi bertemu Anwar pada Agustus lalu. 

Menurut Retno, tujuan dari pertemuan Anwar dengan Jokowi lebih kepada silaturahmi saja. 

"Keduanya banyak bertukar pikiran," kata Menlu perempuan pertama itu. 

Rencananya, kalau sesuai rencana, dalam waktu dua tahun ke depan dan kalau disetujui oleh rakyat Malaysia, Anwar lah yang menggantikan Mahathir Muhammad sebagai Perdana Menteri. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya