Comscore Tracker

Terbang dari Jakarta, Warga Padang Dinyatakan Positif Kena COVID-19

Dua penumpang hanya menunjukkan surat non reaktif rapid test

Jakarta, IDN Times - Manajemen PT Angkasa Pura II membantah kebobolan usai ada dua penumpang yang terpapar COVID-19 tetapi bisa terbang dari Jakarta menuju Bandara Internasional Minangkabau di Padang, Sumatera Barat. Rupanya kedua penumpang itu hanya berbekal surat keterangan sehat dengan hasil rapid test negatif. 

"Memang benar ada penumpang pesawat dari Jakarta yang dinyatakan positif COVID-19 namun itu bukan berarti pihak bandara lalai. Temuan ini menjadi bukti bahwa satgas bekerja dengan baik dan ditemukan ada yang positif," kata Eksekutif General Manajer PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau, Yos Suwagiyono di Padang Pariaman seperti dikutip kantor berita Antara pada Senin (8/6). 

Dua penumpang itu diketahui positif COVID-19 usai dilakukan tes swab ketika tiba di Bandara Internasional Minangkabau. Yos menjelaskan kedua penumpang itu berangkat pada (3/6) lalu menuju Padang. 

"Semua dokumennya lengkap dan dinyatakan layak terbang di bandara keberangkatan," tutur dia lagi. 

Lalu, apa yang dilakukan oleh gugus tugas untuk melakukan pelacakan terhadap semua penumpang dan kru di pesawat?

1. Manajemen Angkasa Pura II menyatakan tak tepat bila mereka kecolongan

Terbang dari Jakarta, Warga Padang Dinyatakan Positif Kena COVID-19Pemeriksaan dokumen penumpang di Bandara SAMS Sepinggan (IDN Times/Hilmansyah)

Yos menegaskan semua penumpang yang tiba di Bandara Internasional Minangkabau diwajibkan untuk mengikuti tes swab. Ini merupakan kebijakan Pemprov Sumatera Barat selepas Idulfitri dan tidak dikenakan biaya.

Dalam kasus dua warga asal Nagari, hasil tes swab atau pengambilan cairan saluran pernafasan diperiksa di laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Sampel keduanya dinyatakan positif pada (6/6) lalu. 

Maka, Yos justru menilai dengan adanya temuan ini, dua penumpang tadi bisa diisolasi untuk memutus rantai penyebaran virus corona. 

Baca Juga: Jokowi: Masyarakat Nekat Mudik 24 Persen, Sudah Mudik 7 Persen

2. Manajemen Angkasa Pura II menyerahkan data 80 nama penumpang dan 5 kru ke gugus tugas

Terbang dari Jakarta, Warga Padang Dinyatakan Positif Kena COVID-19Ilustrasi virus corona. Dok. IDN Times

Berdasarkan keterangan yang diperoleh maskapai, maka dalam penerbangan itu, ada 80 penumpang dan 5 kru pesawat. Daftar namanya kemudian diserahkan ke Gugus Tugas COVID-19 di Sumbar. 

Berdasarkan hasil sampel yang dikeluarkan oleh Laboratorium FK Universitas Andalas, seluruh penumpang dan kru dinyatakan negatif. Hanya ibu dari salah satu perantau Jakarta itu yang tertular. Diduga ia tertular dari putrinya yang berinisial AS. 

3. Hasil rapid test tidak akurat untuk mendeteksi COVID-19

Terbang dari Jakarta, Warga Padang Dinyatakan Positif Kena COVID-19Ilustrasi virus corona. IDN Times/Arief Rahmat

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Padang, Jalil, mengatakan di banyak negara rapid test diakui hasilnya tidak akurat. Metode terbaik untuk mendeteksi COVID-19 adalah lewat tes swab. Sementara, Kepala Kantor Otoritas Bandara wilayah IV Padang, Agus Subagyo mengatakan calon penumpang pesawat sudah harus berada di bandara tiga hingga empat jam sebelumnya. Tujuannya untuk memeriksa sederet dokumen persyaratan sebelum bisa terbang. 

Dokumen yang harus disiapkan yaitu identitas KTP, surat tugas perjalanan dinas bagi ASN, TNI, dan Polri. Lalu, harus bisa menunjukkan hasil tes uji cepat COVID-19 bagi yang dinyatakan negatif. 

Adapula persyaratan membuat surat pernyataan di atas materi dengan diketahui kepala desa atau lurah. Sebelum penumpang bisa check-in, mereka akan menjalani pemeriksaan dokumen termasuk mengisi health alert card. Lalu, dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kantor kesehatan pelabuhan dengan menerbitkan surat klirens kesehatan. 

Baca Juga: WHO: Sikap Cepat Puas Mudahkan Penularan Virus Corona

Topic:

  • Santi Dewi
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya