Comscore Tracker

WNI yang Kena Virus Corona di Diamond Princess Bertambah Jadi 4 Orang

4 WNI kini dirawat di rumah sakit di Tokyo dan Chiba

Jakarta, IDN Times - Di saat masa karantina di kapal pesiar Diamond Princess resmi berakhir hari ini, Rabu (19/2), jumlah WNI yang terinfeksi virus corona justru bertambah menjadi empat orang. Hal itu disampaikan oleh Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha pada hari ini di Jakarta Selatan. 

"Hingg hari ini 19 Februari 2020, kami mendapatkan informasi ada empat WNI yang terinfeksi virus corona di kapal Diamond Princess," ungkapnya. 

Dua WNI dirawat di rumah sakit yang ada di Chiba. Sisanya dirawat di Kota Tokyo. Menurut Judha, perwakilan dari KBRI Tokyo sudah mengunjungi kedua rumah sakit itu untuk memastikan bahwa penanganan medis yang diberikan adalah yang terbaik. 

"Pihak keluarga juga telah dihubungi untuk menyampaikan perkembangan kondisi mereka," tutur dia lagi. 

Lalu, bagaimana nasib dari 74 WNI asal Indonesia yang masih berada di kapal pesiar itu? Apakah mereka diizinkan untuk turun dari kapal?

1. Seluruh kru kapal pesiar Diamond Princess akan dilakukan tes kesehatan

WNI yang Kena Virus Corona di Diamond Princess Bertambah Jadi 4 OrangSebuah bus tiba dekat kapal pesiar Diamond Princess di mana ratusan penumpang dinyatakan postitif terjangkit virus corona, di Terminal Dermaga Pesiar Daikoku di Yokohama, Tokyo bagian selatan, Jepang, pada 16 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha

Menurut perwakilan dari KBRI Tokyo, Eko Junor, semua kru kapal pesiar akan dites kondisi kesehatannya. Diprediksi proses pemeriksaan kesehatan itu akan rampung pada Jumat (21/2). Proses pengetesan kesehatan dilakukan dengan mengacu kepada standar badan kesehatan dunia (WHO). 

Sementara, menurut Direktur Perlindungan WNI Kemlu, Judha Nugraha, seluruh kru kapal asal Indonesia baru diizinkan untuk meninggalkan Diamond Princess apabila hasil tesnya negatif. Namun, berdasarkan pemberitaan media lokal, otoritas Jepang meminta proses karantina akan dilakukan dari awal bila hasil tes kesehatan menunjukkan ada yang positif terjangkit virus corona. 

Judha menjelaskan penanganan WNI di kapal Diamond Princess masih terus dibicarakan dengan kementerian terkait di dalam negeri, termasuk Kemenkes. 

Baca Juga: Kemenkes akan Evakuasi 78 WNI dari Kapal Pesiar Diamond Princess

2. Ratusan penumpang yang tidak terjangkit virus corona boleh meninggalkan Kapal Diamond Princess

WNI yang Kena Virus Corona di Diamond Princess Bertambah Jadi 4 OrangPenumpang melihat ke luar dari dek kapal pesiar Diamond Princess di Daikoku Pier Cruise Terminal di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, pada 12 Februari 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon

Laman Japan Times edisi Rabu (19/2) melaporkan ratusan penumpang Diamond Princess yang tidak terjangkit virus corona boleh meninggalkan kapal. Sebab, masa karantina sudah berakhir. 

Dari laporan media setempat, ada sekitar 500 penumpang yang telah turun. Sebagian besar dari mereka adalah orang lansia. Banyak di antara mereka yang menumpang bus yang disediakan oleh Pemda Yokohama. Sebagian ada yang meminta diantarkan dengan menggunakan taksi, tetapi ada pula yang dijemput oleh pihak keluarga. 

"Saya lega akhirnya turun dari kapal. Saya mau pulang ke rumah dan beristirahat," ujar seorang pria berusia 70 tahun kepada media. 

Kapal yang mengangkut 3.700 penumpang dan kru itu berangkat dari Yokohama untuk berlayar selama 16 hari. Lalu, kapal berhenti di Hong Kong, Vietnam, Jepang, dan Taiwan. Tetapi, kehebohan terjadi ketika seorang penumpang pria berusia 80 tahun turun di Hong Kong. Ia kemudian didiagnosa positif terkena virus mematikan corona.

Kapal akhirnya berlabuh di Pelabuhan Yokohama dan dikarantina selama 14 hari. Para penumpang yang memiliki kamar dengan jendela atau balkon diminta untuk tetap berada di sana. Sementara, kru kapal justru diminta tetap bekerja dan melayani permintaan untuk mengantarkan makanan ke dalam kamar penumpang. 

3. Total penumpang dan kru Kapal Diamond Princess yang sudah terjangkit virus corona mencapai 542 orang

WNI yang Kena Virus Corona di Diamond Princess Bertambah Jadi 4 OrangKapal pesiar Diamond Princess berlabuh di pelabuhan Yokohama, setelah sepuluh orang dalam perjalanan pesiar teruji positif atas virus korona di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang, (5/2). ANTARA FOTO/REUTERS/Kim Kyung-Hoon/wsj/djo

Dari semula hanya satu orang yang diketahui terjangkit virus corona, lama kelamaan jumlahnya meningkat menjadi ratusan. Data dari otoritas setempat per Selasa kemarin, total penumpang dan kru kapal Diamond Princess yang terinfeksi mencapai 542 orang. 

Angka ini merupakan yang tertinggi yang berlokasi di luar Tiongkok. Walaupun pejabat berwenang Jepang mengatakan jumlah pasien yang dirawat semakin menurun, tetapi kasus baru terus bertambah setiap harinya. Oleh sebab itu tak heran bila kapal pesiar, disebut sebagai inkubator sempurna untuk virus. 

https://www.youtube.com/embed/11Z_De-8EJY

Baca Juga: Masa Karantina Usai di Diamond Princess, Menlu Kontak Dubes Jepang

Topic:

  • Santi Dewi

Berita Terkini Lainnya