Comscore Tracker

Gandeng PwC, East Ventures Pastikan Akuntabilitas Indonesia PASTI BISA

Pastikan dana yang terkumpul digunakan dengan tepat

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka mendukung usaha pemerintah untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia, East Ventures beserta beberapa mitra lainnya berinisiatif meluncurkan gerakan Indonesia PASTI BISA. Target utama dari gerakan ini adalah penggalangan dana sebesar Rp10 miliar yang akan digunakan untuk memproduksi 100.000 test-kit COVID-19.

Demi menjaga akuntabilitas dari penggalangan dana ini, East Ventures mengumumkan bahwa PricewaterhouseCoopers (PwC) Indonesia akan terlibat sebagai mitra pendukung dalam gerakan Indonesia PASTI BISA.

Baca Juga: East Ventures Luncurkan Gerakan Indonesia Pasti Bisa

1. Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu produksi 100.000 test-kit tipe qRT-PCR

Gandeng PwC, East Ventures Pastikan Akuntabilitas Indonesia PASTI BISADok. Nusantics

Latar belakang dibentuknya gerakan Indonesia PASTI BISA adalah keinginan East Ventures untuk dapat membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19 di Indonesia. Secara spesifik, gerakan ini akan mendukung kinerja Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19) yang dibentuk Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Saat ini, TFRIC19 telah selesai membuat prototipe test-kit COVID-19 tipe qRT-PCR yang diyakini memiliki tingkat akurasi lebih tinggi. Selanjutnya, dengan bantuan donasi dari Indonesia PASTI BISA, test-kit tersebut akan diproduksi sebanyak 100.000 unit.

2. Mengedepankan prinsip responsibilitas, akuntabilitas, dan transparansi

Gandeng PwC, East Ventures Pastikan Akuntabilitas Indonesia PASTI BISAPexels/Pixabay

East Ventures memastikan bahwa gerakan ini dijalankan dengan mengedepankan prinsip responsibilitas, akuntabilitas, dan transparansi. Setiap ada perkembangan terbaru dari proyek ini, mulai dari jumlah dana yang terkumpul, dana yang dicairkan, proses penelitian dan produksi, hingga distribusi test-kit, akan dipublikasikan secara berkala melalui situs www.indonesiapastibisa.com.

Baca Juga: East Ventures Salurkan Rp5 Miliar untuk Produksi 50.000 Tes-Kit Corona

3. Penggunaan dana donasi akan diaudit PwC Indonesia

Gandeng PwC, East Ventures Pastikan Akuntabilitas Indonesia PASTI BISADok. PricewaterhouseCoopers Indonesia

Tak hanya itu, pihak East Ventures juga mengumumkan bahwa gerakan ini akan melibatkan PwC Indonesia sebagai akuntan independen yang bertugas mengaudit penggunaan dana donasi. “Kami sangat berterima kasih karena PwC Indonesia mau terlibat secara pro-bono. Semangat gotong royong seperti ini akan membuat gerakan ini tidak hanya berhasil dan berguna, tapi juga menunjukkan governance yang benar,” ujar Willson Cuaca, Co-Founder & Managing Partner East Ventures.

Eddy Rintis, Assurance Leader dari PwC Indonesia, pun mengatakan "PwC Indonesia bangga dapat berkontribusi nyata kepada lingkungan bisnis nasional yang sejalan dengan visi kami untuk Build trust in society and solve important problems. Dalam kesempatan ini, kami senang bisa berkolaborasi dengan East Ventures dalam upaya memerangi COVID-19 melalui Indonesia PASTI BISA dengan berkontribusi menyediakan keahlian kami untuk melakukan audit keuangan mulai dari proses pengumpulan dana sampai saat pelaporannya."

Topic:

  • Saraya Adzani

Berita Terkini Lainnya