Warga Desa Genteng Wetan, Banyuwangi Semangat Kawal Pemilu di TPS 06

#1000MillennialsKawalPemilu Antrean mencoblos sejak pagi!

17 April 2019 merupakan momentum besar bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya pada hari ini, masyarakat Indonesia yang telah memiliki KTP memberikan suaranya untuk menentukan calon legislatif dan eksekutif untuk Indonesia 5 tahun kedepan di tempat pemungutan suara di daerah masing-masing.

Tak mau ketinggalan, Kabupaten Banyuwangi turut berperan aktif untuk menyukseskan pemilu 2019. Salah satu daerah yang diberi amanah untuk menyalurkan suara masyarakat ini adalah TPS 06 Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi.

1. TPS 06 Desa Genteng Wetan memanfaatkan halaman rumah warga

Warga Desa Genteng Wetan, Banyuwangi Semangat Kawal Pemilu di TPS 06Dok. IDN Times

Salah satu desa tempat pemungutan suara di Banyuwangi adalah di Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Halaman rumah warga pun menjadi lokasi TPS dengan nomor urut 06.

Kegiatan pencoblosan di TPS 06 ini dimulai pada pukul 07.30 hingga pukul 13.00 WIB. Sedangkan proses penghitungan suara dilaksanakan pukul 14.30 WIB. Pada TPS ini terbagi menjadi dua ruangan terpisah, yaitu ruangan pendaftaran dan tunggu di bagian luar tenda. Sedangkan ruangan pemungutan dan penghitungan suara berada di dalam tenda.

2. Millennials gak mau kalah unjuk jari kelingking dong!

Warga Desa Genteng Wetan, Banyuwangi Semangat Kawal Pemilu di TPS 06Dok. IDN Times

TPS 06 ini sangat sederhana, karena hanya terdapat 4 bilik suara yang siap digunakan para pemilih untuk menentukan pilihannya. Namun meskipun sederhana, antusiasme warga patut diacungi jempol. Mereka sadar dengan menyalurkan hak pilihnya akan tercipta Negara Indonesia yang lebih baik.

“Masyarakat sangat antusias dalam pemilu ini, bahkan antrean panjang sudah ada mulai pukul 06.30 padahal panitia baru diambil sumpahnya pukul 07.00. Namun, selama proses pemungutan suara  masyarakat sangat tertib dan kondusif, alhamdulillah saya sangat bersyukur akan hal itu” Kata Abdizar selaku ketua TPS 06 Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng.

“Merasa sangat senang bisa ikut pemilu ini, meskipun di tengah kesibukan kuliah harus disempatkan untuk mencoblos. Millennials harus nggak mau kalah dong! Harapanku pada legislatif dan eksekutif yang terpilih bisa amanah dapat menyalurkan aspirasi masyarakat  sehingga menjadikan daerah-daerah lebih baik dan maju. Harapan untuk Indonesia ke depannya adalah menjadikan Indonesia yang siap bersaing dengan negara lain dan lebih demokratis.” kata Yulita Maulidina sebagai warga setempat.

Baca Juga: Usung Tema Cafe, TPS 15 Tulusrejo Malang Berhasil Pikat Pemilih

3. Panitia TPS 06 yang kekinian dan ramah banget membuat warga sangat puas terhadap pelayanannya

Warga Desa Genteng Wetan, Banyuwangi Semangat Kawal Pemilu di TPS 06Dok. IDN Times/Sarofatul Nafa

Panitia TPS  kebanyakan adalah golongan millenials. Mereka selalu menyambut pemilih dengan semburat senyum yang manis dan selalu menjunjung profesionalitas dalam bekerja. Selain itu, panitia juga selalu mensosialisasikan tentang tata cara pemilihan kepada pemilih setiap setengah jam sekali untuk meminimalisir terjadinya ketidaksahan surat suara. Hal ini membuat para pemilih sangat  puas terhadap pelayanan panitia.

Untuk menjaga kinerja panitia, panitia akan menyeleksi juga saksi yang hadir dalam TPS. “Saksi yang bisa hadir harus punya surat mandat dari partainya” Kata Abdizar.

Kinerja terbaik para panitia didukung dengan pembagian kerja yang jelas. Panitia dikelompokkan berdasarkan tugasnya yaitu  ada 7 orang KPPS, 2 orang linmas dan 5 orang saksi dari utusan partai.

4. Hasil perolehan hasil sementara TPS 06 desa Genteng Wetan, Banyuwangi

Warga Desa Genteng Wetan, Banyuwangi Semangat Kawal Pemilu di TPS 06Dok. IDN Times

Penghitungan suara adalah saat yang ditunggu-tunggu oleh setiap Masyarakat. Euphoria masyarakat terlihat saat penghitungan suara dimulai. Proses penghitungan suara ini disaksikan oleh panitia, saksi dan beberapa masyarakat. Hal ini bertujuan agar proses penghitungan suara benar-benar asli dan transparansi.

Berdasarkan data pemilih tetap (DPT) terdapat 270 pemilih, namun masyarakat yang menyalurkan suaranya hanya 192 pemilih. Berdasarkan hasil penghitungan hasil suara pukul 18.00 WIB pada pemilihan presiden dan wakil presiden menunjukkan pasangan 01 memperoleh suara lebih unggul, yaitu sebanyak 122 suara dari pada pasangan no urut 02 sebanyak 68 suara.

Perbedaan pilihan bukan berarti harus berselisih. Selalu menjunjung tinggi solidaritas adalah kunci utama terwujudnya kedamaian bersama. Ini hasil pemilu daerahku, bagaimana daerahmu? Jangan lupa terus kawal hasil pemilu ya!

Baca Juga: Suasana Damai Pencoblosan di Lingkungan Universitas Negeri Malang

Sarofatul Nafa Photo Writer Sarofatul Nafa

Mahasiswa Biologi Universitas Airlangga

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya