5 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas 100 Kali, Melunasi Utang Saat Wafat

Memiliki pahala senilai sepertiga Al Qur'an

Jakarta, IDN Times - Surat Al Ikhlas merupakan salah satu dari tiga surat terakhir dalam Al Qur’an. Memiliki makna yang sangat dalam, surat ini menjadi wirid atau amalan yang kerap ditunaikan setelah salat oleh Rasulullah SAW hingga para ulama. Sebagaimana surat Al Ikhlas sepanjang 4 ayat ini berbunyi:


قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ

Qu huwallahu ahad

اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ

Allahus samad

لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ

Lam yalid wa lam yuulad

وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ

Wa lam yakullahu kufuwan ahad

Artinya: Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Allah tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Melalui surat pendek ini, Allah SWT menunjukkan kebesaran dan sifat-sifatnya, sehingga manusia diperintahkan untuk mengamalkannya. Selain sebagai jalan mendekatkan diri kepada Allah SWT, berikut beberapa manfaat surat Al Ikhlas 100 kali. Simak sampai habis, ya.

1. Mudah didekatkan dengan hajat dan rezeki

5 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas 100 Kali, Melunasi Utang Saat Wafatilustrasi keluarga (pexels.com/William Fortunato)

Rida Allah SWT merupakan sumber ketenangan dan kedamaian hidup sejati. Begitu pula saat sedang mengupayakan hajat atau keinginan, rida Allah SWT bermain penting dalam penentuannya akan menjadi rezeki atau tidak.

Umat muslim dapat mengupayakan rida Allah SWT dengan membaca surat Al Ikhlas 100 kali secara rutin. Sebagaimana disebutkan pada ayatnya, bahwa Allah adalah Tuhan tempat bergantung untuk segala sesuatu, baik urusan dunia maupun akhirat. Dibarengi amalan-amalan lain serta kerja keras dengan rasa ikhlas, niscaya akan mudah didekatkan dengan hajat dan rezeki yang diridai Allah SWT.

Baca Juga: Surah Abasa, Teguran Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW

2. 70.000 malaikat ikut mensalatkan saat wafat

5 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas 100 Kali, Melunasi Utang Saat WafatIlustrasi salat (IDN Times/Aditya Pratama)

Allah SWT melalui surah Al Ikhlas menjanjikan keistimewaan besar bagi umat muslim yang rajin membacanya. Salah satunya yakni kedamaian saat wafat.

Diriwayatkan oleh Anas ibnu Malik, malaikat Jibril menyampaikan pada Rasulullah SAW kala menjumpai matahari yang bersinar lebih redup dari biasanya, “Sesungguhnya itu Muawiyah ibnu Muawiyah Al-Laisi, dia telah meninggal dunia pada hari ini di Madinah, maka Allah mengirimkan kepadanya 70.000 malaikat untuk mensalatinya.”

Saat Rasulullah SAW bertanya apa alasannya, malaikat Jibril menjelaskan, “Dia adalah orang yang rajin membaca Qul Huwallahu Ahad di malam dan siang harinya, begitu pula saat berdiri, berjalan, dan duduknya.”

Tiap umat muslim tentu ingin memiliki waktu meninggal yang tenang. Untuk itu, selagi masih ada waktu yuk, mulai rutin membaca surat Al Ikhlas 100 kali.

3. Kelimpahan pahala senilai sepertiga Al-Qur’an

5 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas 100 Kali, Melunasi Utang Saat WafatIlustrasi Al-Qur'an dan Buku Yasin (IDN Times/Besse Fadhilah)

Tidak ada satupun harta benda yang dibawa umat muslim ketika meninggal, yang ada hanyalah amalan-amalan semasa hidup. Banyak membaca surat Al Ikhlas 100 kali secara rutin pun dapat menjadi bekal amal untuk keselamatan di akhirat.

Sebab, Ibnu Umar meriwayatkan Rasulullah SAW pernah bersabda, “Qul huwallahu ahad setara dengan sepertiga Al Qur’an, dan Qul yaa ayyuhal kaafiruun setara dengan seperempat Al Qur’an.” (HR. Ath-Thrabani).

Hadis tersebut dimaksudkan bahwa, Allah SWT begitu mencintai umat muslim yang selalu mengingat dan memuliakan-Nya hingga memberi pahala senilai sepertiga Al-Qur’an. Tentu dalam mengamalkannya dilandasi rasa ikhlas dan syukur hanya mengharap kebaikan Allah SWT.

4. Melunasi utang saat wafat

5 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas 100 Kali, Melunasi Utang Saat WafatIlustrasi proses pemakaman dengan protokol COVID-19. (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Ada sebuah kisah menarik di antara Rasulullah SAW, malaikat Jibril, dan jenazah. Dikutip dari kitab Mawa‘izh al-‘Ushfuriyyah karya Muhammad bin Abu Bakar al-Usfhuri, Rasulullah SAW pernah menolak menshalati jenazah laki-laki yang masih memiliki hutang.

Kemudian, turunlah malaikat Jibril dan menyampaikan jika Allah SWT telah melunasi hutang dan mengampuni dosa jenazah tersebut. Saat Rasulullah SAW bertanya alasannya, malaikat Jibril menjelaskan, “Berkat membaca surat Al Ikhlas setiap hari sebanyak 100 kali. Karena, di dalam surat itu terdapat penjelasan sifat-sifat Allah dan pujian kepada-Nya.”

Namun, hal tersebut tidak lantas menjadi alasan manusia untuk bermalas-malasan. Justru sebaliknya, manfaatkanlah sebagai motivasi untuk mendapat rida dan kebaikan dari Allah SWT.

Baca Juga: Doa Nabi Adam Saat Diturunkan dari Surga

5. Pembuka pintu surga

5 Manfaat Membaca Surat Al Ikhlas 100 Kali, Melunasi Utang Saat Wafatilustrasi membaca Al Qur'an (pexels.com/Abdullah Ghatasheh)

Surga tentu menjadi tempat di akhirat yang dicita-citakan seluruh umat muslim. Untuk itu, perlu usaha mendekatkan diri kepada Allah SWT salah satunya dengan membaca surat Al Ikhlas 100 kali.

Melalui surat Al Ikhlas, Allah SWT menyerukan kepada umat muslim agar hanya mengesakan dan menyembah kepada-Nya. Diriwayatkan Imam al-Bukhari, Rasulullah SAW menyampaikan saat mengetahui sahabatnya yang menjadi imam salat tidak pernah meninggalkan surat Al Ikhlas, “Kecintaanmu pada surat itu akan membantu memasukkanmu ke dalam surga.”

Membaca surat Al Ikhlas 100 kali tidak akan terasa berat jika diniatkan sebagai beribadah dan meminta perlindungan kepada Allah SWT. Yuk, mulai amalkan dari sekarang.

Writer: Langgeng Irma Salugiasih

Topik:

  • Bella Manoban
  • Septi Riyani
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya