Comscore Tracker

Makna Surah Al Hujurat Ayat 12 yang Berisi Perintah Larangan Ghibah

Ghibah merupakan dosa besar yang patut dijauhi

Jakarta, IDN Times - Di era kemajuan teknologi ini kemudahan dalam berinteraksi dan berkomunikasi antar individu menjadi sangat mudah. Setiap orang dapat menyebarkan informasi secara cepat, namun tidak jarang menimbulkan pertengkaran karena kesalahan informasi dan prasangka buruk yang muncul.

Sebagai umat Islam, tentunya kita telah berkiblat pada sejumlah perintah dan larangan mengenai cara berkomunikasi, berbicara dan juga berprasangka yang telah tertuang dalam Al-Qur'an dan hadis. 

Adapun berikut isi kandungan yang terdapat pada Surah Al Hujurat Ayat 12 agar tidak timbul permusuhan antar sesama manusia.

1. Bunyi Surah Al Hujurat ayat 12

Makna Surah Al Hujurat Ayat 12 yang Berisi Perintah Larangan GhibahIlustrasi Al Quran (IDN Times/Hana Adi Perdana)

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ

Yā ayyuhallażīna āmanujtanibụ kaṡīram minaẓ-ẓanni inna ba'ḍaẓ-ẓanni iṡmuw wa lā tajassasụ wa lā yagtab ba'ḍukum ba'ḍā, a yuḥibbu aḥadukum ay ya`kula laḥma akhīhi maitan fa karihtumụh, wattaqullāh, innallāha tawwābur raḥīm

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."

Baca Juga: Doa-Doa Penenang Hati agar Kamu Selalu Dilindungi Allah SWT

2. Larangan kepada sesama manusia untuk berprasangka buruk

Makna Surah Al Hujurat Ayat 12 yang Berisi Perintah Larangan GhibahIlustrasi Sekelompok Perempuan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Rentetan perintah untuk mencegah timbulnya permusuhan yang pertama adalah larangan agar tidak berprasangka buruk. Kita semua tahu, umumnya kebencian adalah dampak dari prasangka buruk yang mengakar di dalam hati seseorang.

Oleh karena itu, Surah Al Hujurat ayat 12 memerintahkan setiap manusia untuk menjauhi prasangka buruk terhadap sesama saudaranya agar terhindar dari permusuhan.

3. Jangan mencari keburukan orang lain

Makna Surah Al Hujurat Ayat 12 yang Berisi Perintah Larangan GhibahANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Makna kandungan kedua yang tertuang dalam surah Al Hujurat adalah jangan sibuk mengulik kesalahan orang lain. Mengapa demikian? Karena biasanya permusuhan juga dipicu akibat aib yang disingkap secara sadar oleh antar sesama manusia.

Islam melarang keras perbuatan mencari-cari aib orang lain hanya semata-mata demi memuaskan orang lain atau diri sendiri. 

4. Perintah menghindari ghibah karena sangat dibenci Allah SWT

Makna Surah Al Hujurat Ayat 12 yang Berisi Perintah Larangan Ghibahilustrasi teman-teman (Pexels/Elina Fairytale)

Ghibah merupakan aktivitas membicarakan keburukan orang lain saat orang yang dibicarakan tidak mendengar atau tidak ada. Yang apabila orang tersebut mendengar maka ia tidak memperkenankannya. Termasuk di dalamnya gosip, gunjing, atau istilah terkait lainnya. Perbuatan ghibah juga sangat dibenci oleh Allah Subhana Wa ta'ala karena dapat menimbulkan fitnah serta perpecahan antar manusia.

Lebih dari itu, Surah Al Hujurat juga tidak segan-segan mengumpamakan seseorang yang mengghibah sama seperti orang yang memakan bangkai saudaranya sendiri. 

Demikianlah serentetan kandungan makna dalam surah Al Hujurat ayat 12 yang dapat menjaga hati dan lisan kita agar lebih bijak dalam bersosialisasi di kehidupan sehari-hari. Semoga perintah dan larangan yang tertuang dalam surah ini dapat menjadi hikmah positif bagi kita semua. 

Penulis: Raisah Zakiah

Baca Juga: 5 Cara Menahan Diri Ghibah Ngomongin Orang Saat Puasa

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya