Comscore Tracker

Ciri-ciri Dajjal yang Muncul Jelang Hari Kiamat

Sosok Dajal menyerupai pemuda menjelang hari kiamat

Jakarta, IDN Times - Salah satu syarat menjadi seorang muslim yang utuh adalah meyakini datangnya hari kiamat. Hari kiamat merupakan peristiwa berakhirnya alam semesta dan semua makhluk yang ada di dalamnya.

Allah SWT memastikan akan datangnya hari kiamat dalam Al-Qur'an Surat Al Hajj ayat 7, sebagai berikut:

وَأَنَّ ٱلسَّاعَةَ ءَاتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيهَا وَأَنَّ ٱللَّهَ يَبْعَثُ مَن فِى ٱلْقُبُورِ

Wa annas-sā'ata ātiyatul lā raiba fīhā wa annallāha yab'aṡu man fil-qubụr

Artinya: Dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur.

Dalam Al-Qur'an disebutkan, peristiwa kiamat kubra atau kiamat besar ditandai dengan ditiupnya sangkakala oleh Malaikat Israfil. Seperti firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surah (QS) An-Naml ayat 87 berikut:

وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرِ فَفَزِعَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِىالْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗوَكُلٌّ اَتَوْهُ دَاخِرِيْنَ

Wa yauma yunfakhu fiṣ-ṣụri fa fazi'a man fis-samāwāti wa man fil-arḍi illā man syā`allāh, wa kullun atauhu dākhirīn

Artinya: Dan (ingatlah) pada hari (ketika) sangkakala ditiup, maka terkejutlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri.

Sebagai umat muslim, sudah sepatutnya kita mengetahui ciri-ciri datangnya hari kiamat. Adapun salah satu tanda kiamat sudah dekat adalah munculnya sosok Dajal. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring disebutkan, Dajal artinya setan yang datang ke dunia apabila kiamat sudah dekat (berupa raksasa). Lantas seperti apa ciri-ciri Dajjal yang akan datang jelang hari kiamat? Simak uraiannya berikut ini.

Baca Juga: Hal-Hal yang Dilakukan Saat Hadapi Orang Sakaratul Maut dan Meninggal

1. Dajal disebut hanya memiliki mata kiri, karena mata kanannya buta

Ciri-ciri Dajjal yang Muncul Jelang Hari KiamatIlustrasi Dajal (IDn Times/Aditya Pratama)

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam dalam hadisnya menyebutkan, Dajjal hanya memiliki satu mata di sebelah kiri karena mata kanannya buta. Ciri tersebut tertuang dalam hadis yang berbunyi:

عَنْ نَافِعٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ ذُكِرَ الدَّجَّالُ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنَّ اللَّهَ لَا يَخْفَى عَلَيْكُمْ إِنَّ اللَّهَ لَيْسَ بِأَعْوَرَ وَأَشَارَ بِيَدِهِ إِلَى عَيْنِهِ وَإِنَّ الْمَسِيحَ الدَّجَّالَ أَعْوَرُ الْعَيْنِ الْيُمْنَى كَأَنَّ عَيْنَهُ عِنَبَةٌ طَافِيَةٌ

Artinya: Dari Nafi` dari `Abdullah berkata, "Dajjal disebut-sebut di sisi Nabi SAW, lantas Beliau berkata, "Allah tidak samar bagi kalian, Allah tidak buta sebelah -sambil Beliau mendemontrasikan dengan tangannya ke matanya- dan bahwasanya Al Masih Addajal buta sebelah kanan, seolah-olah matanya anggur yang menjorok." (HR. Bukhari) [No. 7407 Fathul Bari] Shahih.

2. Berbadan besar dan pendek, warnanya kemerah-merahan

Ciri-ciri Dajjal yang Muncul Jelang Hari KiamatIlustrasi Dajal (IDn Times/Aditya Pratama)

Rasulullah juga menjelaskan ciri fisik Dajjal yang memiliki postur tubuh pendek namun besar. Berikut dalil hadis yang menerangkannya:

"Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syihab dari Salim dari 'Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda, "Ketika aku tidur, aku bermimpi tawaf di Ka'bah, tak tahunya ada seseorang yang rambutnya lurus, kepalanya meneteskan atau mengalirkan air, maka saya bertanya, 'Siapakah ini? Mereka mengatakan, Ini Isa bin Maryam. Kemudian aku menoleh, tak tahunya ada seseorang yang berbadan besar, warnanya kemerah-merahan, rambutnya keriting, matanya buta sebelah kanan, seolah-olah matanya anggur yang menjorok. Mereka menjelaskan, 'sedang ini adalah Dajal, manusia yang paling mirip dengannya adalah Ibnu Qaththan, laki-laki dari Bani Khuza'ah." (HR Bukhari)

Baca Juga: 4 Sunah Rasulullah Sebelum Tidur Agar Terhindar dari Bahaya

3. Rambutnya keriting dan menyerupai pemuda

Ciri-ciri Dajjal yang Muncul Jelang Hari KiamatUnsplash/Stefano Pollio

Ciri-ciri fisik Dajjal yang perlu diketahui berikutnya adalah rambutnya keriting dan menyerupai seorang pemuda. Hal ini selaras dengan penjelasan dalam hadis Rasulullah yang berbunyi:

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ يَزِيدَ بْنِ جَابِرٍ، حَدَّثَنِي يَحْيَى بْنُ جَابِرٍ الطَّائِيُّ -قَاضِي حِمْصَ-حَدَّثَنِي عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ جُبَير بْنِ نُفَير الْحَضْرَمِيُّ، عَنِ أَبِيهِ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّوّاس بْنَ سمْعانَ الْكِلَابِيَّ قَالَ: ذَكَرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدَّجَّالَ ذَاتَ غَداة، فخَفَض فِيهِ ورَفَع، حَتَّى ظَنَنَّاهُ فِي طَائِفَةِ النَّخْلِ، [فَلَمَّا رُحْنَا إِلَيْهِ عَرَفَ ذَلِكَ فِي وُجُوهِنَا، فَسَأَلْنَاهُ فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، ذَكَرْتَ الدَّجَّالَ الْغَدَاةَ، فَخَفَّضْتَ فِيهِ وَرَفَّعْتَ حَتَّى ظَنَنَّاهُ فِي طَائِفَةِ النَّخْلِ]. فَقَالَ: "غَيْرُ الدَّجَّالِ أخْوَفُني عَلَيْكُمْ، فَإِنْ يَخْرُجْ وَأَنَا فِيكُمْ فَأَنَا حَجِيجُه دُونَكُمْ، وَإِنْ يَخْرُجْ وَلَسْتُ فِيكُمْ فَامْرُؤٌ حَجِيجُ نَفْسِهِ، وَاللَّهُ خَلِيفَتِي عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ: إنه شاب جَعْدُ قَطَط عينه طَافِيَةٌ، وَإِنَّهُ يَخْرُجُ خَلَةَ بَيْنَ الشَّامِ وَالْعِرَاقِ، فَعَاثَ يَمِينًا وَشِمَالًا يَا عِبَادَ اللَّهِ اثْبُتُوا"

Artinya: Nabi SAW bersabda, "Bukan Dajal yang aku khawatirkan akan memudaratkan kalian. Karena jika Dajal muncul, sedangkan aku masih berada di antara kalian, maka akulah yang akan menghadapinya, bukan kalian. Jika dia muncul, sedangkan aku tidak lagi berada di antara kalian, maka setiap orang muslim wajib membela dirinya, dan Allah-lah yang menjaga setiap orang muslim sepeninggalku. Sesungguhnya Dajal adalah seorang yang berusia muda, berambut keriting, dengan bola mata yang menonjol. Dan sesungguhnya pasukan berkudanya memenuhi kawasan antara Negeri Syam dan Irak, lalu menyebar ke segala penjuru. Hai hamba-hamba Allah, berpendirian teguhlah kalian." (HR Ibnu Majah)

4. Terdapat tulisan Ka Fa Ra (kafir) di dahinya

Ciri-ciri Dajjal yang Muncul Jelang Hari KiamatIlustrasi api, Kebakaran. (IDN Times/Persiana Galih)

Sosok Dajjal akan muncul pada hari kiamat dengan ciri tulisan Ka Fa Ra yang tertulis di dahinya. Ciri spesifik tersebut telah disampaikan dalam hadis Rasulullah yang berbunyi:

نَّهُ مَكْتُوبٌ بَيْنَ عَيْنَيْهِ كَافِرٌ يَقْرَؤُهُ مَنْ كَرِهَ عَمَلَهُ أَوْ يَقْرَؤُهُ كُلُّ مُؤْمِنٍ

Artinya: Di antara kedua matanya tertulis kafir yang bisa dibaca oleh orang yang membenci perbuatannya atau bisa dibaca oleh setiap orang mukmin.

Baca Juga: Mengenal Malaikat Israfil, Peniup Sangkakala di Hari Kiamat

5. Kedua kakinya bengkok

Ciri-ciri Dajjal yang Muncul Jelang Hari KiamatIlustrasi Dajjal (IDN Times/Aditya Pratama)

Dari Ubadah bin Ash Shoomit, Nabi Muhammad SAW bersabda:

إِنِّى قَدْ حَدَّثْتُكُمْ عَنِ الدَّجَّالِ حَتَّى خَشِيتُ أَنْ لاَ تَعْقِلُوا إِنَّ مَسِيحَ الدَّجَّالِ رَجُلٌ قَصِيرٌ أَفْحَجُ جَعْدٌ أَعْوَرُ مَطْمُوسُ الْعَيْنِ لَيْسَ بِنَاتِئَةٍ وَلاَ جَحْرَاءَ فَإِنْ أُلْبِسَ عَلَيْكُمْ فَاعْلَمُوا أَنَّ رَبَّكُمْ لَيْسَ بِأَعْوَرَ

Artinya: Sungguh, aku telah menceritakan perihal Dajal kepada kalian, hingga aku khawatir kalian tidak lagi mampu memahaminya. Sesungguhnya Dajal adalah seorang laki-laki yang pendek, berkaki bengkok, berambut keriting, buta sebelah, matanya tidak terlalu menonjol dan tidak pula terlalu tenggelam. Jika kalian merasa bingung, maka ketahuilah bahwa Rabb kalian tidak buta sebelah.”

Demikianlah 5 ciri-ciri Dajal yang tertuang dalam hadis Rasulullah SAW, yang dapat menambah ilmu pengetahuan kita tatkala menghadapi datangnya hari kiamat kelak. Semoga kita merupakan salah seorang hamba Allah yang dilindungi dari fitnah Dajal.

Referensi:

islam.nu.or.id/Dajjal, Ciri Ciri dan Kisah Terbunuhnya Oleh Nabi Isa

Penulis: Raisah Zakiah

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sunariyah
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya