Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Juni 2023 ada Long Weekend

Hari Waisak jatuh pada hari Minggu 4 Juni 2023

Jakarta, IDN Times - Walaupun ada tiga tanggal merah di bulan Juni 2023, nyatanya libur tetap dua hari saja, lho. Biarpun begitu, tetap semangat menyambut hari libur, kan?

Penetapan hari libur nasional sendiri diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 3 Tahun 2022. Kalau begitu, langsung cek daftar tanggal merah bulan Juni 2023 ini, yuk!

Tanggal Merah Juni 2023

Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Juni 2023 ada Long Weekendilustrasi kalender (IDN Times/Arief Rahmat)

Tanggal merah pertama pada bulan Juni 2023 jatuh pada Kamis, 1 Juni 2023 dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Lalu pada Minggu, 4 Juni 2023 merupakan Hari Waisak. Terakhir Jumat, 29 Juni yang adalah Hari Raya Idul Adha. Selain itu, terdapat hari cuti bersama bersamaan dengan momen perayaan Hari Raya Idul Adha yaitu pada tanggal 28, 29, dan 30 Juni 2023. 

Walaupun ada yang bertepatan dengan hari minggu, tidak melunturkan kehangatan merayakan dan menghormati Hari Waisak. Selain itu, peringatan Hari Lahir Pancasila dan perayaan Hari Raya Idul Adha juga menjadi momen untuk bersilaturahmi bersama orang terdekat. 

Penentuan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama

Daftar Tanggal Merah dan Cuti Bersama Bulan Juni 2023 ada Long Weekendilustrasi hari libur tahun 2023 (IDNTimes)

Keputusan mengenai tanggal merah ini ditentukan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2023 yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, dan Menteri PAN RB Abdullah Azwar Anas, di Kantor Kemenko PMK, Selasa (11/10/2022).

Dalam rapat koordinasi Menko PMK, Muhadjir Effendy, berpendapat bahwa dalam penetapan libur nasional dan cuti bersama, pemerintah Indonesia memperhatikan perkembangan pandemi Covid-19 di Indonesia. Lalu, penetapan juga berdasarkan hasil evaluasi selama dua tahun terakhir sejak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah Januari 2023: Tahun Baru Masehi dan Imlek

Itu dia daftar tanggal merah bulan Juni 2023. Catat tanggalnya dan rencanakan hari libur kamu dengan matang, ya!

Topik:

  • Seo Intern IDN Times
  • Cynthia Nanda Irawan
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya