Daftar Tanggal Merah September 2023: Maulid Nabi Muhammad SAW

Hanya ada satu tanggal merah di bulan September

Jakarta, IDN Times — Pemerintah telah menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama untuk tahun 2023 dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, dan Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Dari surat tersebut, terhitung ada 24 tanggal merah selama tahun 2023. Kira-kira, bulan September ada gak, ya?

Untuk menemukan jawabannya, berikut IDN Times sajikan daftar tanggal merah September 2023. Langsung scroll ke bawah, yuk!

1. 28 September 2023: Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Daftar Tanggal Merah September 2023: Maulid Nabi Muhammad SAWilustrasi Nabi Muhammad SAW (IDN Times/Aditya Pratama)

Di bulan ini, hanya ada satu tanggal merah yang jatuh pada 28 September 2023. Tanggal tersebut bertepatan dengan 12 Rabiul Awal di kalender Hijriah, yakni hari lahir Nabi Muhammad SAW. Karena itu, ditetapkanlah 28 September sebagai perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2023.

Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu perayaan penting bagi umat Islam. Perayaan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk penghormatan lahirnya rasul dan nabi terakhir yang diutus Allah SWT ke muka bumi.

Peringatan hari lahir Nabi Muhammad umumnya diselenggarakan tepat pada 12 Rabiul Awal. Namun, tak jarang pula masyarakat mengadakannya hingga akhir Rabiul Awal.

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah Desember 2023: Libur Hari Raya Natal

2. Meneladani akhlak mulia Rasulullah SAW

Daftar Tanggal Merah September 2023: Maulid Nabi Muhammad SAWilustrasi Nabi Muhammad SAW (IDN Times/Aditya Pratama)

Mengenai apakah perayaan Maulid Nabi Muhammad itu ada atau tidak, terdapat perbedaan pandangan di kalangan pemuka agama. Terlepas dari itu, wajib bagi seorang muslim mengimani kerasulan Nabi Muhammad.

Bukan hanya itu, di dalam diri Rasulullah, ada suri teladan yang patut ditiru oleh kaum muslimin. Beberapa contoh akhlak mulia Rasulullah antara lain:

  • Berkata jujur,
  • Lemah lembut dalam bersikap dan berbicara,
  • Selalu sabar,
  • Bersikap toleran,
  • Dermawan dan murah hati,
  • Tidak pernah sombong, dan
  • Dapat dipercaya.

Kamu sudah baca informasi tentang daftar tanggal merah September 2023. Apa yang bakal kamu lakuin selama hari libur di bulan September 2023, Guys?

Daftar Tanggal Merah September 2023: Maulid Nabi Muhammad SAWDaftar Hari Libur Nasional 2023 (IDN Times)

Baca Juga: Daftar Tanggal Merah Juni 2023, Ada yang Bertepatan di Hari Minggu!

Topik:

  • Bella Manoban
  • Rizna Hidayah
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya