Comscore Tracker

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 16, Lengkap dengan Keutamaan

Memuat tentang Yakjuj dan Makjuj hingga kisah Maryam

Jakarta, IDN Times - Al-Qur’an merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW, sekaligus kabar gembira bagi umat muslim akan datangnya kitab berisi petunjuk hidup yang hakiki. Al-Qur’an memuat 114 surah yang terbagi dalam 30 juz.

Sebagai umat muslim, meneladani isi kandungan Al-Qur’an sudah menjadi kewajiban yang harus selalu dijunjung tinggi. Tidak terkecuali dengan mempelajari surat dalam juz 16 ini. Terdiri dari tiga surah Makkiyah, berikut urutan surah dalam Al-Qur’an juz 16, lengkap dengan kandungan dan keutamaannya.

1. Surah Al-Kahf ayat 75–110

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 16, Lengkap dengan Keutamaanilustrasi Al-Qur'an surat Al-Kahfi (IDN Times/Langgeng Irma)

Juz 16 dibuka dengan surah Al-Kahfi ayat 75 sampai ayat terakhir 110. Al-Kahfi memiliki arti “Gua”, di mana penamaan tersebut merujuk pada kisah Ashabul Kahfi yaitu para pemuda dengan keimanan tinggi yang tidur di gua selama bertahun-tahun atas izin Allah SWT. Mereka melakukannya untuk menghindarkan diri dari kezaliman.

Selain itu, diterangkan pula dalam surat ini tentang ciri-ciri orang sombong, serta pertemuan Nabi Musa a.s dan Nabi Haidir a.s. Surah ini merupakan bacaan sunah yang amat baik di malam Jumat.

Baca Juga: Urutan Surah dalam Al Qur’an Juz 14, Lengkap dengan Kandungannya

2. Surah Maryam ayat 1–98

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 16, Lengkap dengan Keutamaanilustrasi Al-Qur'an surat Maryam (IDN Times/Langgeng Irma)

Urutan surah dalam Al-Qur’an juz 16 selanjutnya yakni surah Maryam hingga ayat terakhirnya. Termasuk golongan surah Makkiyah, penamaan surah ini merujuk pada Maryam yakni ibunda Nabi Isa a.s lantaran di dalamnya termaktub kisah tentang keponakan Nabi Zakariyya a.s tersebut.

Maryam yang mengandung bayi yang kemudian lahir dan tumbuh seorang Nabi Isa a.s atas seizin Allah SWT, padahal dirinya adalah seorang wanita mandul. Melalui surah Maryam, Allah SWT menunjukkan kekuasaan-Nya dalam mewujudkan hal yang dianggap mustahil. Sekaligus mengabulkan doa Nabi Zakariyya a.s yang menginginkan keturunan saleh agar dapat meneruskan dakwah agama Islam.

3. Surah Thaha ayat 1–135

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 16, Lengkap dengan Keutamaanilustrasi Al-Qur'an surat Thaha (IDN Times/Langgeng Irma)

Juz 16 ditutup dengan surat Thaha sepanjang 135 ayat. Sama seperti surah Maryam, surah yang berada di urutan ke-20 ini juga termasuk golongan surah Makkiyah.

Adapun nama Thaha diambil dari lafaz ayat pertamanya. Selain itu, Thaha memiliki arti sebuah panggilan untuk laki-laki, yang menurut riwayat Ibnu Abbas menjadi panggilan dari Nabi Muhammad SAW.

Tidak hanya menerangkan tentang keesaaan Allah SWT, surah Thaha juga memuat kisah Nabi Musa a.s yang menerima wahyu dari-Nya langsung tanpa perantara malaikat Jibril. Perjuangan Nabi Harun a.s dalam menghadapi Raja Fir’aun dan kaum Bani Israil pun diabadikan dalam surah ini.

Baca Juga: Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 15, Lengkap dengan Kandungannya

4. Keutamaan surah Al-Kahf ayat 75–110

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 16, Lengkap dengan KeutamaanIlustrasi Membaca Al-Qur'an(IDN Times/Besse Fadhilah)

Dari kisah Ashabul Kahfi, kita dapat mengambil pelajaran bahwa perlu upaya dan tekad untuk menahan diri dari godaan setan. Namun, jika berhasil dilakukan, ada pahala melimpah yang siap menanti. Tidak hanya itu, ada beberapa keutamaan surah Al-Kahfi yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Lebih mengenal Nabi Zulkarnain a.s dalam perjalanannya menegakkan ketauhidan, termasuk usahanya membangun tembok besi untuk menghalangi Yakjuj dan Makjuj.

قَالَ هٰذَا رَحْمَةٌ مِّنْ رَّبِّيْۚ فَاِذَا جَاۤءَ وَعْدُ رَبِّيْ جَعَلَهٗ دَكَّاۤءَۚ وَكَانَ وَعْدُ رَبِّيْ حَقًّا

Qāla hāżā rahmatum mir rabbī, fa iżā jā'a wa'du rabbī ja'alahụ dakkā', wa kāna wa'du rabbī haqqā.

Artinya: “Dia (Zulkarnain) berkata, “(Dinding) ini adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila janji Tuhanku sudah datang, Dia akan menghancurluluhkannya; dan janji Tuhanku itu benar.” (QS. Al-Kahfi: 98).

  • Janji pahala terbaik bagi orang yang gemar mengerjakan kebajikan.

وَاَمَّا مَنْ اٰمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَلَهٗ جَزَاۤءً ۨالْحُسْنٰىۚ وَسَنَقُوْلُ لَهٗ مِنْ اَمْرِنَا يُسْرًا

Wa ammā man āmana wa 'amila sālihan fa lahụ jazā'anil-husnā, wa sanaqụlu lahụ min amrinā yusrā.

Artinya: “Adapun orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, maka dia mendapat (pahala) yang terbaik sebagai balasan, dan akan kami sampaikan kepadanya perintah kami yang mudah-mudah.” (QS. Al-Kahfi: 88).

  • Terhindar dari godaan Yakjuj dan Makjuj bila bertemu di kemudian hari.
  • Menjadi lebih mawas diri dan menghindari perbuatan merugi di dunia seperti berjudi, menyebar fitnah, berlaku sombong, dan pelit.

5. Keutamaan surah Maryam ayat 1–98

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 16, Lengkap dengan Keutamaanilustrasi membaca Al Qur'an (IDN Times/Rochmanudin)

Surah Maryam menjadi surah yang dianjurkan rutin dibaca oleh ibu hamil, selain surah Yusuf. Hal tersebut lantaran surah ini memuat hikmah dan pelajaran yang amat baik dari kisah Maryam selama mengandung Nabi ‘Isa a.s. Beberapa keutamaan yang akan didapat bila mengamalkan surah Maryam, yaitu:

  • Sebagai bentuk doa untuk buah hati agar menjadi anak yang saleh dan saleha.

وَّبَرًّاۢ بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا

Wa barram biwālidaihi wa lam yakun jabbāran 'asiyyā.

Artinya: “Dan sangat berbakti kepada kedua orang tuanya, dan dia bukan orang yang sombong (bukan pula) orang yang durhaka.” (QS. Maryam: 14).

  • Ibu hamil senantiasa dimudahkan dan diberkati Allah SWT hingga persalinan.
  • Menangkan hati yang gundah dan risau.
  • Memuat doa baik untuk diri sendiri yang dapat dipanjatkan saat hari ulang tahun.

وَالسَّلٰمُ عَلَيَّ يَوْمَ وُلِدْتُّ وَيَوْمَ اَمُوْتُ وَيَوْمَ اُبْعَثُ حَيًّا

Was-salāmu 'alayya yauma wulittu wa yauma amụtu wa yauma ub'asu hayyā.

Artinya: “Dan kesejahteraan semoga dilimpahkan kepadaku, pada hari kelahiranku, pada hari wafatku, dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali.” (QS. Maryam: 33).

  • Terhindar dari sifat sombong dan didekatkan pada sifat baik yang gemar beribadah.

Baca Juga: Doa untuk Ibu Hamil, Termasuk Doa Syukuran Tujuh Bulan

6. Keutamaan surah Thaha ayat 1–135

Urutan Surah dalam Al-Qur’an Juz 16, Lengkap dengan KeutamaanIlustrasi salat (IDN Times/Prayugo Utomo)

Sebagaimana Allah SWT yang memuliakan Nabi Musa a.s sehingga menurunkan wahyu-Nya tanpa perantara, umat muslim pun akan dimuliakan Allah SWT bila mengimani ajaran dalam Al-Qur’an. Salah satunya dengan memaknai surah Thaha ini yang memiliki beberapa keutamaan, yaitu:

  • Menjadi wasilah untuk melembutkan hati seseorang. Kamu bisa membacakan ayat 1–5 sembari memohon kepada Allah SWT agar dihilangkan sifat keras hatinya.
  • Mendapat ketenangan hati dan kemudahan dalam menjalani kehidupan.
  • Sebagai pengingat kepada Allah SWT, serta para Nabi dan Rasul-Nya, yang dapat mempertebal keimanan.
  • Dinaikkan derajatnya bagi orang-orang yang mempertahankan keimanan dan kebajikan.

وَمَنْ يَّأْتِهٖ مُؤْمِنًا قَدْ عَمِلَ الصّٰلِحٰتِ فَاُولٰۤىِٕكَ لَهُمُ الدَّرَجٰتُ الْعُلٰى

Wa may ya'tihī mu'minang qad 'amilas-sālihāti fa ulā'ika lahumud-darajātul-'ulā.

Artinya: “Tetapi barang siapa datang kepada-Nya dalam keadaan beriman, dan telah mengerjakan kebajikan, maka mereka itulah orang yang memperoleh derajat yang tinggi (mulia).” (QS. Thaha: 75).

Demikian urutan surah dalam Al-Qur'an juz 16 yang terdiri dari tiga surah Makkiyah. Semoga kita senantiasa selalu menjadi bagian dari orang-orang yang dirahmati Allah SWT, ya. 

Penulis: Langgeng Irma Salugiasih

Baca Juga: Kumpulan Ayat Al-Quran tentang Kematian dan Penjelasannya

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya