Gak Selamanya Sulit, 8 Cara Menghafal Asmaulhusna Secara Bertahap 

Menghafal secara bertahap dan menyenangkan

Tidak semua orang suka menghafal sesuatu untuk diamalkan. Terlebih jika materinya terlalu panjang dan sulit, belum mencoba saja terkadang sudah menyerah. Seperti halnya menghafal 99 nama-nama indah dan baik bagi Allah STW atau Asmaul Husna. Untuk bisa mengamalkan maka perlu dihafal dan dipahami.

Penasaran? Ini 8 cara menghafal Asmaul Husna secara bertahap.

1. Menghafal Asmaulhusna mesti dilatih sejak dini

Gak Selamanya Sulit, 8 Cara Menghafal Asmaulhusna Secara Bertahap google

Melatih anak sejak dini untuk mengenalkan Asmaulhusna akan mempermudah daya ingat si anak. Namun harus bertahap, seperti mengenalkan satu asma Allah dan artinya per hari. Tidak perlu terburu-buru lebih baik bertahap agar anak tidak merasa terbebani dan paham, sehingga ingatannya kuat dan berani untuk mengamalkan.

2. Metode irama

Gak Selamanya Sulit, 8 Cara Menghafal Asmaulhusna Secara Bertahap pexels/Juan Pablo Serrano Arenas

Sudah tidak asing lagi, metode menghafal Asmaulhusna dengan irama ini menyenangkan dan mudah. Pilih irama yang sesuai kesukaan, lalu dengarkan dan ikuti. Lakukan hal ini secara rutin. Jika merasa bosan dengan satu irama bisa mencoba irama lainnya.

3. Membaca secara berulang

Gak Selamanya Sulit, 8 Cara Menghafal Asmaulhusna Secara Bertahap Pexels/Craig Adderley

Tidak suka menghafal? Jangan khawatir. Baca Asmaulhusna secara rutin. Misalnya membuat jadwal membaca sehabis solat fardu atau di waktu tertentu untuk membaca 99 Asmaul Husna.

4. Mendengarkan Asmaul Husna

Gak Selamanya Sulit, 8 Cara Menghafal Asmaulhusna Secara Bertahap Pexels/Abdullah Ghatasheh

Jika kamu lebih suka audio, lebih baik pilih cara mendengarkan. Putar Asmaulhusna di gawaimu dengarkan ketika sedang santai atau sedang mengerjakan tugas secara berulang.

5. Coba dengan cara menulis

Gak Selamanya Sulit, 8 Cara Menghafal Asmaulhusna Secara Bertahap Pixabay.com/matponjot

Tidak berbeda dengan membaca dan mendengarkan, metode menulis pun bisa dipakai untuk menghafal 99 asmaulhusna. Tulis lima asma Allah di buku sebanyak-banyaknya hingga akhirnya hafal, karena lewat menulis, secara tidak langsung kita mengulang-ulang hafalan.

6. Setor hafalan

Gak Selamanya Sulit, 8 Cara Menghafal Asmaulhusna Secara Bertahap Bripka Suparno Hamzah saat memberikan pelajaran mengaji, dipendopo yang dibangun bersebelahan dengan Masjid Bambu An-Nur, IDN Times/Elias

Biasanya cara setor hafalan ini pun sangat efektif untuk menghafal Asmaulhusna. Setor hafalan bisa dilakukan dari murid kepada guru, adik kepada kakak, anak kepada orangttua, atau bisa saling setor bersama teman.

7. Membuat catatan kecil di dinding

Gak Selamanya Sulit, 8 Cara Menghafal Asmaulhusna Secara Bertahap Pexels/Breakingpic

Tulis catatan kecil menggunakan sticky note warna-warni di dinding kamar. Posisikan catatan kecil ini terbaca setiap kali sedang berkegiatan di kamar secara suka-suka. Dari sticky note ini mata akan terbiasa melihat dan otomatis catatan kecil terbaca dan hafal beberapa asma Allah SWT dalam waktu tertentu.

8. Berdoa agar dimudahkan menghafal

Gak Selamanya Sulit, 8 Cara Menghafal Asmaulhusna Secara Bertahap freepik.com

Selain menerapkan cara menghafal, perlu juga berdoa untuk dimudahkan dalam mengingat dan paham 99 Asmaulhusna. Karena dengan menghafal Asma Allah, maka ada keberanian untuk mengamalkan dan mendatangkan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengahafal akan mudah jika ada kemauan yang besar, tentunya jangan dijadikan ini sebagai beban. Lakukan secara bertahap dan konsisten, semangat ya!

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya