3 Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik di Tol Trans Jawa, Ada Ganjil Genap

Rekayasa mulai GT Kalikangkung Semarang

Jakarta, IDN Times - Puncak arus balik di jalur Tol Trans Jawa mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung KM 414 sampai ke Jakarta diprediksi mulai Jumat (6/5/2022) sampai Minggu, 8 Mei 2022. Rekayasa lalu lintas (lalin) pun mulai diterapkan pada hari ini pukul 14.00 WIB.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kakorlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi, meninjau penanganan arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, hari ini. Menko Muhadjir mengatakan, penanganan lalin pada arus balik dimulai sore ini.

“Mudah-mudahan tidak ada gangguan, semua aman dan sehat sampai tempat asal,” katanya.

Baca Juga: Ini Indikator Diterapkan One Way dan Contraflow di Arus Balik Lebaran 

1. Penerapan rekayasa ditentukan berdasarkan diskresi Kepolisian sesuai kondisi kepadatan lalu lintas di lapangan

3 Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik di Tol Trans Jawa, Ada Ganjil GenapMenhub menjelaskan bahwasannya telah disepakati untuk dilakukan rekayasa lalu lintas mulai Jumat (6/5/2022) sampai Minggu (8/5/2022). (dok. BKIP KEMENHUB)

Dalam rangka mencegah kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, Menhub menjelaskan, telah disepakati untuk rekayasa lalu lintas mulai Jumat (6/5/2022) hingga Minggu, 8 Mei 2022, dan sewaktu-waktu dapat berubah situasional.

Sementara untuk penerapan rekayasa, akan ditentukan berdasarkan diskresi dari kepolisian sesuai kondisi kepadatan lalu lintas di lapangan.

“Ini merupakan upaya kami yang telah ditugaskan untuk mengawal mudik yang aman dan sehat, serta memberikan kebahagiaan dan kegembiraan bagi masyarakat yang sudah dua tahun tidak mudik karena pandemi,” ucap Menhub.

2. Pentingnya kerja sama masyarakat dalam perjalanan arus balik Lebaran 2022

3 Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik di Tol Trans Jawa, Ada Ganjil GenapKendaraan yang melintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/tom).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengharapkan kerja sama dari masyarakat yang akan melakukan perjalanan arus balik, agar berkendara dengan tertib sehingga selamat sampai tujuan.

 “Pada arus balik, biasanya kondisi sudah capek, jadi mesti hati-hati dalam berkendara,” kata Basuki.

Sementara, Kakorlantas Firman menjelaskan, penerapan rekayasa lalin akan diterapkan sesuai dinamika kondisi lalu lintas di lapangan yang sewaktu-waktu bisa berubah. Ia mengimbau kepada masyarakat yang terkendala dampak dari rekayasa lalin dapat menggunakan jalur arteri, dan memanfaatkan waktu malam hari untuk melakukan perjalanan.

“Kami mohon juga kepada masyarakat jangan menunggu di pintu-pintu tol yang dapat mengakibatkan kemacetan. Karena bisa saja penerapan rekayasa lalin akan diterapkan sepanjang hari,” ucapnya.

Baca Juga: Volume Arus Balik di Tol Trans Jawa Mulai Meningkat 90,4 Persen 

3. Menhub bersama sejumlah Menteri mengunjungi beberapa titik arus balik di Jawa Tengah

3 Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik di Tol Trans Jawa, Ada Ganjil GenapMenhub bersama sejumlah Menteri juga mengunjungi beberapa titik arus balik di Jawa Tengah. (dok. BKIP KEMENHUB).

Pada arus balik Lebaran, akan diterapkan rekayasa lalin berupa One Way, Ganjil Genap, hingga lawan arus (Contra Flow), mulai dari GT Kalikangkung hingga GT Halim Jakarta.

Sebelum pemberlakuan sistem one way saat arus balik Lebaran 2022, jalur tol dari arah barat yang menuju ke gerbang Tol Kalikangkung Semarang, Jawa Tengah, mulai distrerilisasi pada Jumat (6/5/2022) pukul 12.30 WIB.

Dalam tinjauannya, Menhub bersama sejumlah Menteri juga mengunjungi beberapa titik arus balik di Jawa Tengah yaitu exit tol Pekalongan, Posko Pelayanan di Pekalongan, dan Stasiun Pekalongan. Pada kesempatan tersebut dibagikan sejumlah paket sembako sebagai bentuk apresiasi kepada para petugas.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya