8 Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Berbagai Daerah

Setiap daerah memiliki tradisi unik tersendiri

Jakarta, IDN Times - Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini jatuh pada 8 Oktober 2022. Biasanya saat perayaan lahirnya Nabi Muhammad itu, umat Muslim di berbagai daerah menggelar tradisi atau peringatan, mulai dari membaca salawat, membaca sejarah Nabi, hingga kegiatan budaya lainnya.

Masing-masing daerah pun memiliki cara dan tradisi berbeda untuk memperingati Maulid Nabi. Berikut potret perayaan Maulid Nabi SAW 1444 H di berbagai daerah, yang dilansir dari ANTARA FOTO.

Baca Juga: Melihat Ayat Al-Qur'an Tentang Maulid Nabi Muhammad dan Manfaatnya

1. Umat Islam di Kampung Islam Kepaon, Denpasar, Bali, menampilkan Tari Rodat saat pawai

8 Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Berbagai DaerahUmat Islam menampilkan Tari Rodat saat pawai di Kampung Islam Kepaon, Denpasar, Bali. (ANTARA FOTO).

2. Umat Muslim di Kampung Islam Kepaon Bali juga membawa telur yang dihias

8 Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Berbagai DaerahUmat Islam membawa telur yang dihias saat pawai di Kampung Islam Kepaon, Denpasar, Bali. (ANTARA Foto).

3. Umat Muslim Bali juga membentuk "Bale Suji" atau bale suci berbentuk gunungan, yang terdiri dari batang pohon pisang dan telur

8 Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Berbagai DaerahWarga mengamati "bale suji" atau bale suci berbentuk gunungan yang terdiri dari batang pohon pisang dan telur. (ANTARA Foto).

4. Warga Muslim di Tibawa, Kabupaten Gorontalo berebut aneka kudapan yang digantung di Tolangga atau wadah besar

8 Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Berbagai DaerahSejumlah warga berebut aneka kudapan yang digantung di Tolangga atau wadah besar di Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. (ANTARA Foto).

5. Di Desa Banua Halat Kiri, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, umat Muslim melakukan tradisi Baayun di halaman Masjid Al Mukaramah

8 Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Berbagai DaerahTradisi Baayun di Halaman Masjid Al Mukaramah Desa Banua Halat Kiri, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. (ANTARA Foto).

6. Warga dan abdi dalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berebut gunungan dalam perayaan Grebeg Sekaten di Masjid Agung Solo, Jawa Tengah

8 Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Berbagai DaerahWarga dan abdi dalem Kraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berebut gunungan dalam perayaan Grebeg Sekaten di Masjid Agung Solo, Jawa Tengah. (ANTARA Foto).

7. Umat Muslim di Jawat Tengah juga mengarak gunungan sebelum diperebutkan saat perayaan Grebeg Sekaten di Masjid Agung Solo

8 Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Berbagai DaerahMengarak gunungan sebelum diperebutkan dalam perayaan Grebeg Sekaten di Masjid Agung Solo, Jawa Tengah. (ANTARA Foto).

8. Grebeg digelar sebagai wujud syukur keraton untuk melestarikan tradisi Maulid Nabi pada kalender Jawa

8 Potret Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H di Berbagai DaerahGrebeg digelar sebagai wujud syukur pihak keraton setempat untuk melestarikan tradisi Bulan Maulud pada penanggalan Jawa. (ANTARA Foto).

Itulah potret tradisi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, saat menyambut perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Baca Juga: Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 2022 Hari Ini, Begini Sejarahnya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya