Comscore Tracker

Arus Bawah PAN Usung Erick Thohir-Zulhas di Pilpres 2024

Erick dinilai merakyat dan dekat dengan kaum milenial

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Pesawaran, Paisaludin, mendukung Erick Thohir dan Zulkifli Hasan sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pilpres 2024.

Hal itu diungkapkan Paisal saat rapat kerja daerah (Rakerda) Partai PAN Kabupaten Pesawaran. Selain 2 nama itu, muncul nama Anies Baswedan dan Airlangga Hartarto sebagai Capres 2024 dalam Rakerda yang dihadiri pengurus DPD PAN dan DPC PAN se-Kabupaten Pesawaran.

Namun para peserta Rakerda banyak menginginkan Erick Thohir dan Zulkifli Hasan sebagai pasangan capres dan cawapres yang diusung PAN bersama koalisi di 2024 nanti.

"Meskipun banyak yang mengusulkan dua nama tersebut, tetapi ada beberapa juga ada yang mengusulkan Anies Baswedan Gubernur DKI aktif dan Airlangga Hartarto yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia," ungkap Paisal.

1. Nama yang diusulkan akan dibawa ke DPW PAN Lampung dan DPP PAN

Arus Bawah PAN Usung Erick Thohir-Zulhas di Pilpres 2024Menteri BUMN, Erick Thohir (dok. Tim Publikasi Erick Thohir)

Paisal mengatakan nama-nama Capres dan Cawapres 2024 yang diusulkan DPD PAN Pesawaran nantinya akan disampaikan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Lampung. Kemudian DPW akan menyampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN untuk dibahas lebih lanjut di tingkat nasional.

"DPP PAN minta usulan dari pengurus daerah terkait nama capres dan cawapres, sehingga kami pun mempersiapkan dan menyepakati nama yang telah disepakati sesuai dengan usulan dari akar rumput dalam menentukan capres dan cawapres 2024," kata Paisal.

Baca Juga: Erick Thohir Diminta Bersihkan BUMN Lain

2. Erick dinilai sangat merakyat dan dekat dengan kaum milenial

Arus Bawah PAN Usung Erick Thohir-Zulhas di Pilpres 2024IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Paisal menambahkan alasan lain mengapa DPP PAN Pesawaran mengusulkan nama Erick Thohir sebagai Capres 2024. Hal itu lantaran Erick dinilai sangat merakyat dan dekat dengan kaum milenial.

"Selain itu, Erick Thohir memiliki kemampuan finansial dan juga kemampuan dalam memimpin yang sangat baik. Maka dari itu alasan-alasan inilah mengapa DPD PAN Pesawaran mengusulkan Erik Tohir sebagai Capres 2024 mendatang," ujar Paisal.

3. Ganjar, Anies Baswedan, Erick Thohir, Zulkifli Hasan hingga Ridwan Kamil masuk radar PAN

Arus Bawah PAN Usung Erick Thohir-Zulhas di Pilpres 2024Ilustrasi. Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno [tengah]. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, menjelaskan sejauh ini sejumlah nama yang masuk ke dalam radar capres PAN yaitu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Sejauh ini Bang Zul (Zulkifli Hasan) selalu menjadi pilihan dari internal (PAN). Beliau dipilih di lebih dari 500 kabupaten dan kota. Tetapi, di internal juga muncul aspirasi nama Ganjar, Anies, Erick. Semisal di DKI Jakarta ada (aspirasi) Anies Baswedan, di Jatim ada (aspirasi) Khofifah," tutur Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (28/6/2022).

Baca Juga: Duet Erick Thohir dan Zulhas di 2024, PAN Kalteng Siap Usul ke DPP

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya