Begini Sepak Terjang Bahtiar, Calon Pj Pengganti Anies Baswedan 

Bahtiar dinilai cukup tepat menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bahtiar, masuk menjadi salah satu calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta.

DPRD DKI Jakarta telah memilih tiga nama yang diusulkan untuk menjadi Penjabat Gubernur, memimpin sementara Ibu Kota hingga 2024. Tiga nama ini merupakan usulan dari sembilan fraksi yang ada di DPRD DKI Jakarta.

"Jadi nama yang tersaring untuk diserahkan ke Menteri Dalam Negeri, gak ada urutan ya ini, pertama Heru Budi Hartono, kedua Marullah Matali, ketiga Bahtiar," ujar Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi di ruang rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/9/2022) dikutip IDN Times.

Lantas, siapa sebenarnya sosok Bahtiar? Berikut sepak terjang Bahtiar dilansir ANTARA.

Baca Juga: Masuk Calon Pj Pengganti Anies Baswedan, Bahtiar: Mohon Doa

1. Mampu mengharmonisasikan kebijakan pemerintah pusat dan daerah

Begini Sepak Terjang Bahtiar, Calon Pj Pengganti Anies Baswedan Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro. (Dok. ANTARA).

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro, menyebutkan, Bahtiar memiliki kemampuan mengharmonisasikan kebijakan pemerintah pusat dan daerah.

"Beliau ini juga sangat fasih mengurus daerah, 'networking' yang luas dengan akademisi, dengan intelektual, LSM, media, cukup baik hubungannya," kata Siti Zuhro, Jumat (16/9/2022).

2. Paham alur pemerintahan dan berpengalaman di dunia pemerintahan

Begini Sepak Terjang Bahtiar, Calon Pj Pengganti Anies Baswedan Kemendagri menggelar Seminar Kesehatan bertajuk "Sosialisasi Bahaya dan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Lingkup Kemendagri". Kegiatan ini digelar secara luring di Gedung F Kantor Kemendagri, dan daring melalui sambungan virtual, Selasa (22/6/2021). (Dok Kemendagri)

Siti mengatakan, DKI Jakarta yang akan meninggalkan status sebagai Ibu Kota Negara membutuhkan sosok pemimpin dengan kompetensi memadai, paham alur pemerintahan, dan memiliki rekam jejak baik, serta berpengalaman di dunia pemerintahan.

Karena itu, Siti menilai, sosok Bahtiar cukup tepat menjadi Pj Gubernur DKI karena dapat menjalin komunikasi dengan berbagai pihak secara vertikal maupun horizontal.

"Pak Bahtiar adalah sekarang Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, sudah malang melintang di Kemendagri dan mengurus tentang pemilu," ujar Siti.

Baca Juga: Profil Marullah Matali, Sekda DKI Calon Pengganti Anies

3. Berstatus aparatur sipil negara (ASN) dan paham urusan pemerintah daerah

Begini Sepak Terjang Bahtiar, Calon Pj Pengganti Anies Baswedan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar

Selain itu, Siti mengungkapkan kecakapan Bahtiar menjalin hubungan dan jaringan juga ditunjang dengan posisi yang netral. Hal itu karena berstatus aparatur sipil negara (ASN) dengan golongan pejabat tinggi madya atau eselon I di lingkungan Kemendagri.

"Posisi strategis itu, akan mudah dimanfaatkan untuk melaksanakan kebijakan sesuai dengan kewenangannya sebagai penjabat kepala daerah," ucap Siti.

Siti menjelaskan, Pj Gubernur diberikan kewenangan, namun harus dengan seizin Kemendagri.

"Sedangkan Bahtiar berasal dari Kemendagri yang telah paham aturan, tata krama, dampak, serta memahami urusan pemerintah daerah," tambahnya. 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya