Comscore Tracker

Benny BPIP: Hari Kesaktian Pancasila Saatnya Aktualisasi Nilai Bangsa 

Generasi muda harus kreatif dalam menggunakan teknologi

Jakarta, IDN Times - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo atau Romo Benny mengungkapkan, Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober harus menjadi momentum aktualisasi nilai-nilai Pancasila. 

Menurutnya, di tengah zaman yang serba digital dan banyak tantangan, Pancasila sudah seharusnya menjadi keutamanaan hidup berbangsa dan bernegara. 

Hal itu disampaikan Benny saat memberikan keterangan pada acara siaran langsung TVRI “Klik Indonesia Pagi” secara online, Jumat (30/9/2022). 

"Era digitaliasasi mau tidak mau memunculkan adanya paham-paham yang merusak persatuan, adanya kebohongan seperti hoaks, munculnya politik identitas, persoalan digital ini semua karena rendahnya literasi digital," kata Benny dalam keterangan tertulis yang dikutip, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober

1. Benny sebut generasi muda harus kreatif dalam menggunakan teknologi

Benny BPIP: Hari Kesaktian Pancasila Saatnya Aktualisasi Nilai Bangsa ilustrasi Garuda Pancasila (IDN Times/Abraham Herdyanto)

Di sisi lain, Benny optimistis bahwa persatuan dan perdamaian dalam kebinekaan akan terwujud. Hal itu bisa dengan peningkatan literasi digital dan membanjiri ruang-ruang digital dengan hal-hal positif. 

"Indonesia punya modal keluar dari krisis Covid, modal ekonomi, modal sosial dan simbolik yang harus digunakan dan dimanfaatkan anak-anak muda yang kreatif dalam menggunakan teknologi tepat guna untuk mencapai tujuan kita, Indonesia menjadi bangsa yang maju, dan senantiasa memelihara perdamaian dunia," jelas Benny.

2. Generasi muda Indonesia harus mampu bertarung di dunia global

Benny BPIP: Hari Kesaktian Pancasila Saatnya Aktualisasi Nilai Bangsa Ilustrasi teknologi (IDN Times/Galih Persiana)

Benny menjelaskan, generasi muda sudah seharusnya menyadari betul seperti apa bangsa Indonesia. Seperti menjadi insan yang berilmu dan menguasai teknologi informasi dan komunikasi, Indonesia mampu bertarung di dunia global. 

"Berpikir global, bertindak lokal dan lihat betapa Pancasila itu mampu menyatukan kita, mampu menyatukan kesadaran bersama dengan gotong royong," ujar Benny.

3. Jokowi pimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Benny BPIP: Hari Kesaktian Pancasila Saatnya Aktualisasi Nilai Bangsa Presiden Joko Widodo pimpin upacara Kesaktian Pancasila (Youtube Sekretariat Presiden)

Hari ini, Presiden Joko"Jokowi" Widodo memimpin upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Dipantau dari YouTube Sekretariat Presiden, upacara dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan istri, Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju beserta pejabat tinggi lainnya. 

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Makna dan Butir-butir Pengamalan Pancasila

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya