Comscore Tracker

Bundaran HI Kini Dilarang Putar Balik, Wagub DKI: Ini Solusi Terbaik

Pengguna jalan diminta patuhi pengalihan arus

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan, uji coba lalu lintas berupa larangan putar balik di Kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) merupakan salah satu solusi terbaik dalam pengendalian lalu lintas di Jakarta.

"Ya kan namanya Dinas Perhubungan (Dishub) bersama polda selalu bekerjasama, selalu mencari solusi-solusi terbaik dalam rangka pengendalian lalu lintas (lalin) di kota Jakarta," ungkap Riza, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (4/7/2022). 

1. Riza sebut adanya peningkatan mobilitas

Bundaran HI Kini Dilarang Putar Balik, Wagub DKI: Ini Solusi TerbaikIlustrasi lalu lintas. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Menurut Riza, kondisi yang sudah mulai normal membuat mobilitas kembali meningkat. Sehingga, perlu dilakukan upaya terbaik demi kelancaran lalu lintas. 

"Apalagi karena pelonggaran, sudah kembali seperti normal kembali tentu ada peningkatan mobilitas," kata Riza.

"Apalagi sekarang libur juga ada peningkatan tentu Dishub selalu mengupayakan berbagai rekayasa lalin termasuk di HI bersama Polda Metro," tambahnya.

2. Pengendara tidak bisa langsung berputar dan belok

Bundaran HI Kini Dilarang Putar Balik, Wagub DKI: Ini Solusi TerbaikFoto aerial suasana kendaraan melintas di Bundaran HI, Jakarta, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Diketahui, berdasarkan informasi yang disampaikan, nampak para pengendara dari arah selatan Jalan Sudirman ke arah timur tidak diperbolehkan melakukan putar balik di kawasan Bundaran HI.

"Pengalihan arus lalu lintas dari arah selatan ke timur (Jalan MH Thamrin-Jalan Imam Bonjol) dilakukan secara terbatas dengan prioritas untuk bus transjakarta dan rombongan VVIP," sebut Dishub DKI dalam keterangannya.

Kemudian, lalu lintas dari selatan yang akan menuju ke timur, akan dialihkan melalui Jalan MH Thamrin, lalu putar balik di Bundaran Patung Kuda atau di depan Gedung Kementerian Perhubungan.

Lalu, untuk lalu lintas dari arah timur yang akan menuju ke barat atau utara akan dialihkan belok kiri melalui Jalan Jendral Sudirman, lalu putar balik di landmark kolong Sudirman-Jalan Galunggung-Kupingan BNI-Jalan Jenderal Sudirman-dan seterusnya.

3. Pengguna jalan diminta patuhi pengalihan arus

Bundaran HI Kini Dilarang Putar Balik, Wagub DKI: Ini Solusi TerbaikIlustrasi. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pada kesempatan itu, Dishub DKI juga mengimbau agar para pengguna jalan mematuhi pengalihan arus tersebut.

Dishub juga meminta, masyarakat mematuhi petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan.

"(Masyarakat) menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan," lanjutnya.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya