Daftar Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Gaungkan Politik Kebersamaan

KIB tunjukan kebersamaan dan soliditas menuju Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menggaungkan pentingnya politik kebersamaan dan persatuan. Hal tersebut dinilainya sangat dibutuhkan karena saat ini dunia sedang menghadapi ketidakpastian.

"Kita berharap isu-isu premordial bisa ditinggalkan karena yang lebih penting lagi sekarang adalah politik kebersamaan, politik persatuan dalam hal dunia sedang menghadapi ketidakpastian," kata Airlangga di KPU, Rabu (10/8/2022).

Menurut dia, di tengah ketidakpastian tersebut, hal yang bisa dilakukan saat ini oleh pihaknya adalah kepastian dalam berpolitik.

"Satu hal yang kita bisa buat sendiri, yaitu kepastian dalam berpolitik," ujarnya. 

1. Sepakat Pileg dan Pilpres 2024 didorong berdasarkan filosofi

Daftar Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Gaungkan Politik KebersamaanIDN Times/Siti Nurhaliza

Airlangga mengatakan, Partai Golkar bersama partai lainnya di dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yaitu PAN dan PPP, sepakat mendukung dan mendorong Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 berdasarkan filosofi.

Filosofi yang dimaksud adalah jujur, adil, dan demokratis, sebagaimana yang disampaikan Ketum PAN, Zulkifli Hasan.

"Kami bersepakat Pileg dan Pilpres ke depan tentunya perlu didukung dan didorong berdasarkan filosofi yang tadi disampaikan Ketum PAN, jujur, adil, demokratis," kata Airlangga.

Baca Juga: Kompak! KIB Daftar Jadi Peserta Pemilu 2024 ke KPU

2. Golkar, PAN, PPP tunjukan kebersamaan dan soliditas menuju Pemilu 2024

Daftar Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Gaungkan Politik KebersamaanIDN Times/Siti Nurhaliza

Airlangga mengucapkan rasa syukur dan mengapresiasi KPU karena pendaftaran yang dilakukannya berjalan lancar.

Menurutnya, sistem yang diperkenalkan KPU, yakni Sistem Informasi Parati Politik (Sipol) merupakan terobosan baru. Dengan demikian, seluruh proses pendaftaran pun bisa dilakukan secara digital. 

Ia mengatakan, pendaftaran tiga partai yang tergabung dalam KIB juga menunjukkan kebersamaan menuju Pemilu 2024.

"Hari ini secara resmi Rabu tanggal 10, tiga partai, PAN, Golkar, dan PPP masuk dalam KIB mendaftar bersama-sama. Ini juga memperlihatkan bahwa koalisi ini adalah koalisi yang berbasis kepentingan bersama dan menunjukkan kebersamaan dan soliditas menuju Pemilu 2024," kata Airlangga. 

Baca Juga: Daftar ke KPU Bareng KIB, PSI: Sepertinya Ada Tanda Alam Koalisi

3. KIB bocorkan rencana pertemuan di Surabaya bahas capres-cawapres 2024

Daftar Pemilu 2024, Airlangga Hartarto Gaungkan Politik KebersamaanKetua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio, Ketua DPD Partai Golkar DKI Ahmad Zaki, dan Ketua DPW PPP DKI Farhan Hasan saat pertemuan pertama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tingkat provinsi DKI Jakarta di Kantor Komando PAN, Cipinang, Jatinegara, Senin, (30/5/2022). (IDN Times/ Melani Putri)

Airlangga juga mengungkapkan bahwa KIB bakal melakukan pertemuan pada Minggu, 14 Agustus 2022 nanti di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam pertemuan itu, KIB akan membahas ide dan gagasan yang dibangun dalam Pemilu 2024. Tak menutup kemungkinan, KIB bakal mulai mendiskusikan kandidat calon Presiden dan calon Wakil Presiden (capres-cawapres) 2024.

“Tunggu nanti tanggal 14 ada agenda lanjutan di Surabaya terkait dengan apa dari isi yang akan dibawa oleh KIB,” ucap dia.

Baca Juga: KIB Bocorkan Rencana Pertemuan di Surabaya Bahas Capres-Cawapres 2024

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya