Eka Hospital Group Resmi Gandeng Cedars Sinai Hospital Los Angeles 

Upaya mendorong pelayanan rumah sakit Indonesia

Jakarta, IDN Times - Eka Hospital Group resmi menjalin kerja sama dengan Cedars Sinai Hospital, Los Angeles, California selama tiga tahun. Kerja sama ini guna meningkatkan kemampuan tenaga kesehatan Eka Hospital Group, terkait penanganan kegawatdaruratan yang dilaksanakan 22-23 Agustus 2022 lalu di Eka Hospital.

Penandatangan nota Kesepahaman (MoU) dilakukan Chief Operation Officer (COO) Eka Hospital Group, Drg. Rina Setiawati bersama Vice President and Medical Director International Cedars Sinai Hospital, Dr. Heitham Hassoun di The Westin Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Penandatanganan tersebut juga dihadiri Direksi Eka Hospital, Sinar Mas, serta Direksi Cedars Sinai Hospital.

Baca Juga: Kualitas Udara Tidak Sehat, 5 Langkah Jaga Kesehatan Pernapasanmu 

1. Jokowi beri tugas transformasi sistem kesehatan nasional ke Kemenkes

Eka Hospital Group Resmi Gandeng Cedars Sinai Hospital Los Angeles Eka Hospital Group resmi menjalin kerja sama dengan Cedars Sinai Hospital, Los Angeles, California selama 3 tahun. (Dok. Eka Hospital Group).

Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono mengatakan, transformasi sistem kesehatan nasional merupakan salah satu tugas yang diamanahkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Hal itu meliputi transformasi yang salah satu programnya berupa kerja sama dengan rumah sakit terbaik dunia.

"Kementerian Kesehatan merasa bangga atas terjalinnya hubungan baik antara Eka Hospital dengan Cedars Sinai Hospital," kata Dante melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

Dante berharap, kerja sama ini bisa mendorong pelayanan rumah sakit Indonesia baik rumah sakit swasta maupun pemerintah.

"Agar bisa setara dengan rumah sakit luar negeri. Tidak hanya untuk melayani pasien dalam negeri, tetapi juga menarik pasien luar negeri," sambung Dante.

2. Langkah awal terjalinnya kerja sama pada aspek pelayanan di rumah sakit

Eka Hospital Group Resmi Gandeng Cedars Sinai Hospital Los Angeles Rina Setiawati menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah awal terjalinnya kerja sama antara kedua institusi dalam bidang quality improvement dengan berbagai aspek pelayanan di rumah sakit. (Dok. Eka Hospital Group).

Sementara itu, Rina Setiawati menjelaskan, kegiatan ini merupakan langkah awal terjalinnya kerja sama antara kedua institusi dalam bidang quality improvement dengan berbagai aspek pelayanan di rumah sakit. Dalam hal ini terutama pada Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan penanganan pasien dalam kondisi gawat dan darurat. 

"Eka Hospital ingin memberikan yang terbaik bagi Indonesia terutama dalam bidang kesehatan. Dalam kerja sama ini nantinya akan ada transfer pengetahuan dan pengalaman dari Cedars Sinai Hospital," jelas Rina. 

Baca Juga: Gatam Institute Eka Hospital Hadirkan Robot Navigasi Teknologi Tinggi

3. Kualitas layanan Eka Hospital terus ditingkatkan

Eka Hospital Group Resmi Gandeng Cedars Sinai Hospital Los Angeles Eka Hospital Group resmi menjalin kerja sama dengan Cedars Sinai Hospital, Los Angeles, California selama 3 tahun. (Dok. Eka Hospital Group).

Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin mengungkapkan, kualitas layanan Eka Hospital terus ditingkatkan seiiring dengan kemajuan teknologi kedokteran yang ada. 

Peningkatan kemampuan tenaga kesehatan juga harus selalu ditingkatkan, sesuai dengan perkembangan teknologi yang terjadi. 

"Meskipun begitu sentuhan kemanusiaan juga tetap nomor satu. Kerja sama antara dua negara saya rasa penting untuk mempererat hubungan secara langsung di bidang kesehatan," ungkap Saleh Husin.

Cedars Sinai Hospital dikenal sebagai pusat ilmu kesehatan akademik multispesialis karena telah melatih para profesional medis lebih dari 80 residensi.  

Tak hanya itu, Cedars Sinai dinobatkan sebagai salah satu Rumah Sakit Terbaik Amerika oleh US News & World Report secara konsisten, serta menempati urutan kedua di California dan telah melayani di bidang kesehatan selama 100 tahun.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya