Evaluasi Amirul Hajj, Menag: Siapkan Haji Tahun Mendatang Sejak Awal

Menag sudah catat sejumlah perbaikan untuk haji mendatang

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dan delegasi Amirul Hajj menggelar Rapat Evaluasi penyelenggaraan puncak haji Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna) di Kantor Daerah Kerja Makkah.

Yaqut mengucapkan rasa syukurnya lantaran proses penyelenggaraan ibadah haji hingga fase Armuzna berjalan lancar. Ia juga mengapresiasi kinerja petugas dan meminta hal itu dipertahankan sampai akhir penyelenggaraan ibadah haji.

Selain itu, Yaqut meminta agar persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun mendatang bisa dilakukan sejak dini.

”Siapkan penyelenggaraan haji 1444 H sejak awal,” kata Yaqut di Makkah, Senin (11/7/2022) malam.

1. Menag catat perbaikan untuk ibadah haji tahun depan

Evaluasi Amirul Hajj, Menag: Siapkan Haji Tahun Mendatang Sejak AwalMenteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Dok. ANTARA News)

Yaqut mengaku sudah mencatat sejumlah perbaikan yang perlu dilakukan pada masa pelaksanaan ibadah haji yang akan datang. Sejumlah masukan perbaikan juga sudah disampaikan saat bertemu Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq F Al-Rabiah. 

“Kami berdua sepakat untuk meningkatkan kualitas layanan haji yang tahun ini sudah berjalan baik dan akan terus memperbaiki sejumlah kekurangan yang ada,” kata Yaqut.

“Menteri Haji Arab Saudi komitmen untuk merespons masukan kita dan karenanya perlu pembicaraan lebih awal terkait dengan ibadah haji tahun depan,” sambungnya.

Baca Juga: Jelang Ibadah Berakhir, Jemaah Haji Terserang Batuk Pilek

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Tiba di Indonesia Usai Ibadah Haji di Tanah Suci

2. Pentingnya upayakan pemenuhan semua fasilitas

Evaluasi Amirul Hajj, Menag: Siapkan Haji Tahun Mendatang Sejak AwalSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Yaqut juga menekankan pentingnya mengupayakan pemenuhan seluruh fasilitas yang sudah tertera dalam kontrak. Dia meminta hal itu dapat diimplementasikan secara optimal. 

Menurutnya, mitigasi setiap potensi persoalan, terutama di Arafah dan Mina, perlu dirumuskan secara lebih detail pada tahun mendatang.

“Saya berharap, simbol-simbol kenegaraan bisa muncul di petugas dan jemaah haji pada penyelenggaraan tahun mendatang. Para pembimbing ibadah juga harus benar-benar dari pembimbing ibadah yang menguasai ilmu fikih dan ibadah,” tutur Yaqut. 

“Mari bersama berusaha membuat nyaman jemaah. Jika nyaman, jemaah juga merasa aman,” tambahnya.

3. Ini layanan umum yang menjadi fokus untuk jemaah haji

Evaluasi Amirul Hajj, Menag: Siapkan Haji Tahun Mendatang Sejak AwalIlustrasi jemaah haji (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Sebelumnya, penanggung jawab Hilman Latief melaporkan, secara umum layanan terhadap jemaah haji sudah diberikan dengan baik. 

Layanan tersebut mencakup layanan ibadah yang menjadi fokus utama serta proses pendampingan kepada jemaah yang sudah dilakukan. 

Selain itu, ada juga layanan umum yang mencakup akomodasi, transportasi, dan konsumsi di Masyair (Armuzna), Makkah, dan Madinah. 

“Layanan kesehatan juga berperan strategis dalam mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji,” jelas Yaqut.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Potong Rambut KSAL Yudo Margono Saat Ibadah Haji

Baca Juga: Satu Juta Muslim Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya